Biar Makin Empuk, Ini Solusi Murah Buat Sokbreker Belakang Matic

Kamis, 20 September 2018 | 12:45
Otomotif

Ini Cara Bikin Sokbreker Matic Tambah Empuk

HAI-Online.com - Nggak bisa dipungkiri, motor matic banyak jadi andalan di kota-kota besar. Pengoperasiannya yang tinggal 'gas-rem' aja ini emang jadi primadona buat transportasi di kota-kota rawan kemacetan.

Nah, yang jadi masalah, banyak banget shockbreaker matic keluaran terbaru akhir-akhir ini punya sokbreker yang cukup keras.

Nah, dilansir dari Gridoto.com, HAI mau ngasih tips gampang biar motor sokbreker motor matic lo makin nyaman.

"Banyak yang mengeluhkan kalau shockbreaker Yamaha NMAX dan Yamaha Aerox 155 dan New PCX itu keras saat sendiri bisa mentok (bottoming) saat boncengan," buka Ali, pemilik Prima Sokbreker, bengkel spesialis sokbrekermotor.

"Masalahnya ada di per terlalu keras saat sendiri tapi jadi empuk saat dibebani boncenger," tambahnya di Cibubur, Jakarta Timur.

Makanya Ali mengganti per sokbreker dengan per bawaan motor bebek satu ini.

Gridoto

Perbandingan Sokbreker Nmax dan Supra X 125

"Saya cuma ganti per sokbreker Yamaha NMAX, Yamaha Aerox 155 pakai per sokbreker Honda Supra X 125," paparnya.

Hmmmm, kalau dibandingin dengan per kepunyaan NMAX Yamaha, per sokbreker Honda Supra X 125 punya dimensi lebih besar.

"Lebih besar dan lebih panjang dari kepunyaan Yamaha NMAX atau Yamaha Aerox 155," jelas Ali.

"Sehingga berpengaruh terhadap kemampuan membawa beban. Saat boncengan jadi nggak mentok lagi dan buat sendiri juga masih oke reboundnya," ujar pria yang hobi adventure pakai motor trail ini.

Baca Juga : Tata Cara dan Sistem Tilang Elektronik yang Bakal Mulai Oktober. Kamu Wajib Tahu

Sebenarnya, sob, selain pakai per Honda Supra X 125, sokbreker NMAX masih bisa pakai motor bebek lainya.

"Pakai Honda Kharisma bisa, Suzuki Shogun 125 juga bisa, tapi Suzuki Shogun saya sudah enggak punya karena barangnya langka," tutur Ali.

Sekadar ngasih tahu,per sokbreker Yamaha NMAX, Yamaha Aerox 155 dan Honda Supra X 125 masih pakai tipe dual rate.

Artinya per sokbreker terdiri dari per dengan ulir rapat dan per dengan ulir renggang.

Sedangkan Honda PCX sudah pakai triple rate yang pernya terdiri dari ulir rapat, renggang kemudian rapat.

"Fungsinya per rapat untuk meredam kejut dari jalanan, sedangkan per dengan ulir renggang untuk jarak main atau meredam kejutan yang ekstrim," tambahnya.

Buat kamu yang malas untuk bongkar sendiri, Prima Sokbrekerjuga nyediain jasa pergantian per pakai kepunyaan Honda Supra X 125.

"Biayanya Rp 130 ribu sudah sama per Honda Supra X 125 dan pemasangan plus dapat garansi dua bulan kalau enggak cocok sama rebound entah terlalu keras atau terlalu empuk," pungkasnya.

Tag

Editor : Rizki Ramadan