Ini 7 Band Indie Bandung yang Harus Kamu Dengar, Ada The SIGIT

Rabu, 28 Juni 2023 | 14:10
instagram.com/healsmusic

HEALS

HAI-ONLINE.COM - Bandung memang menjadi salah satu kota di Indonesia yang selalu berhasil memproduksi banyak band-band independen yang keren dan banyak penggemarnya.

Salah satunya The SIGIT, yang digawangi Rektivianto Yoewono, Farri Icksan Wibisana, Aditya Bagja Mulyana, dan Donar Armando Ekana.

Baca Juga : 5 Toko Kaos Band Original yang Kamu Bisa Kunjungi di Jakarta

Nggak hanya di dalam negeri. The SIGIT yang sudah memiliki beberapa album dan EP tersohor ini juga terkenal di luar negeri lantaran pernah manggung di festival musik mancanegara seperti SXSW.

Nah, selain The SIGIT, kini Bandung juga masih terus memiliki band-band dan musisi independen "generasi baru" yang nggak kalah kerennya.

Mulai dari rock, shoegaze, hardcore, surf rock, hingga hip hop. Semuanya ada di Kota Kembang!

Siapa saja mereka? Langsung cek informasi dan lagu-lagunya di bawah ini:

1. Heals

Terbentuk sejak tahun 2013, Heals menjadi salah satu band shoegaze yang paling dilihat dan selalu dinantikan penampilannya.

Pada tahun 2017, mereka merilis album pertamanya yang bertajuk SPECTRUM.

Sebelumnya, mereka juga sudah merilis beberapa single yang berhasil membuat nama Heals semakin besar di skena indie Tanah Air.

2. Collapse

Selain nge-band bareng band cadas bernama Alice, Andika Surya memiliki proyek sampingannya yang bernama Collapse.

Collapse sudah memiliki segudang lagu yang membuatnya dilirik banyak para penikmat musik indie nggak hanya di Bandung, namun di Indonesia secara keseluruhan.

Coba kamu dengerin lagu doi yang berjudul Cold November ini:

3. The Panturas

Kalau ngomongin band surf rock di Indonesia, belum banyak "pelakunya". Sebut saja The Sailors, The Mentawais, hingga Southern Beach Terror.

Namun kini, ada nama band surf rock yang lagi diperhatiin banget sama para penikmatnya, yakni The Panturas dari Jatinangor, Bandung.

Belum lama ini, mereka merilis album terbaru mereka berjudul Mabuk Laut.

4. Soft Blood

Soft Blood kini lagi sering tampil di berbagai gigs indie di kota-kota besar di Indonesia. Belum lama ini, mereka juga bertolak ke Bekasi untuk manggung di acara kedua dari kolektif Subn0ise.

Soft Blood baru saja merilis EP mereka yang berjudul Labyrinth pada tahun ini.

EP itu berisikan enam lagu yang sangat dreamy dengan gitar-gitar khas indie-pop ngawang.

5. Ikkubaru

Terbentuk pada tahun 2011, ikkubaru adalah band yang erinspirasi dari lagu-lagu pop Jepang di era '80-an alias city pop.

Kalau kamu suka sama musisi-musisi Jepang seperti Tatsuro Yamashita, Toshiki Kadomatsu, hingga Mariya Takeuchi, pasti kamu bakal suka dengan lagu-lagu Ikkubaru ini.

6. Kidsway

Kidsway adalah band hardcore yang berisikan Vicky, Amet, Idan, dan Febby. Mereka merilis album pertamanya di bawah label Grimloc Records pada tahun 2017 silam.

Kalau kamu suka sama lagu-lagu dari band kayak Sick of It All, Rage Against The Machine, hingga Strife, kamu harus cek Kidsway!

7. Krowbar

Kalau kamu suka musik hip hop, kamu harus coba dengerin lagu dari rapper bernama Krowbar ini. Ia memiliki lagu berjudul Swagton Nirojim, unik banget, kan?!

Ia juga sudah memiliki album dengan nama yang sama. Dirilis oleh Grimloc Records pada Maret 2018 silam.

Yuk kita selalu dukung band-band lokal dengan membeli merch mereka yang asli dan tonton gigs-gigs mereka!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya