Ini 6 Perbedaan Film dan Novel Crazy Rich Asians, Spoiler Alert!

Sabtu, 15 September 2018 | 09:11
Warner Bros.

Poster film Crazy Rich Asians

HAI-Online.com - Setelah sukses jadi bestseller, akhirnya novel pertama dari trilogi Crazy Rich Asians karya Kevin Kwang diangkat juga jadi film.

Dengan mendapuk John M Chu sebagai sutradara dan diproduksi sama Warner Bros.,film ini udah berhasil dapet berbagai kritik positif baik dari kritikus maupun penonton, sob.

Film Crazy Rich Asians sendiri bercerita soal seorang profesor NYU asal Amerika keturunan Cina yang ketemu sama keluarga pacarnya yang super kaya. Pacarnya ini asal Singapura.

Dibintangi sejumlah aktor Asia seperti Constance Wu, Henry Golding, Michelle Yeoh dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Coldplay Sempat Tolak Lagunya jadi OST Crazy Rich Asians, Sutradara Nekat Lakukan Ini!

Biasanya dalam mengubah karya tulisan ke layar lebar, pasti aja ada perubahan yang dibuat. Garis besarnya sih, dalam novelnya, Crazy Rich Asians menampilkan banyak kisah rinci dari banyak karakaternya. Sementara film karya Chu lebih fokus ke masalah romansa antara Rachel Wu (Constance Wu) dan Nick Young (Henry Golding).

Untuk itu, HAI udah kurasi nih beberapa perbedaan signifikan yang ada antara film dan novel Crazy Rich Asians, yang dikurasi dari Entertainment Weekly.

BTW, bakal banyak spoiler dari buku dan filmnya, buat lo yang belom nonton, pokoknya HAI udah ngasih tahu ya, hehehe.

Rachel

Dalam buku, cuman disebutin aja kalo Rachel itu profesor ekonomi di NYU. Tapi nggak pernah ada adegan yang jelasin Rachel saat ngajar. Sementara di awal film, kita udah dikasih adegan Rachel yang ngajar kelas teori game gitu.

Kunjungan ke Singapura

Dalam buku, Nick ngundang Rachel ke Asia buat liburan musim panas. Dan pernikahan Colin cuman jadi acara tambahan aja di acara yang berminggu-minggu lamanya.

Sementara di dalam film, tujuan kedatangan Nick dan Rachel utamanya adalah menghadiri pernikahan Colin dan Araminta. Dan durasi kunjungannya juga cukup singkat, nggak selama di buku.

Kekayaan keluarga Young

Dalam novel dan di film, diceritakan kalo keluarga Nick itu udah kayak tujuh turunan. Sebagai old money, dalam novel diceritakan kalo kehidupankeluarga Young itu penuh dengan rahasia. Mereka bener-bener ngejaga privasi mereka.

Sementara kalo di film, keluarga Young ditunjukan sebagai keluarga yang super terkenal. Bahkan seantero Singapura pasti tahu siapa itu keluarga Young.

Astrid dan Michael

Astrid sepupunya Nick, jadi salah satu karakter yang dikesampingkan dalam film. Kita bisa liat banyak banget soal kehidupan dia dalam novel. Misalnya hubungan doi sama Michael. Dalam novel diceritakan kalo doi tuh udah tahu di awal kalo Michael selingkuh.

Dan di sepanjang novel, Astrid terus ngejar-ngejar Michael buat balik lagi sama dia. Padahal aslinya Michael tuh nggak selingkuh, cuman bohong aja biar bisa cerai sama Astrid karena nggak kuat sama tekanan menikah sama orang sekaya Astrid.

Sementara dalam film, Michael kayaknya sih beneran selingkuh. Dan Astrid ditunjukan jadi orang yang lebih kuat dan tegar. Dia ngelawan Michael dan beneran cabut dari pernikahannya ini. Astrid nggak menye-menye deh dalam film.

Baca Juga : Lebarin Sayap Film Indonesia, Joko Anwar Digandeng Produser ‘Crazy Rich Asians’!

Eleanor dan Rachel

Dalam buku, Eleanor Young digambarkan sebagai seorang yang kuat banget. Dan bakal melakukan segala macam cara supaya misahin Nick sama Rachel. Eleanor sama Rachel juga belom ketemu di 3/4 bagian awal buku.Selain itu kita juga nggak dikasih pendalaman karakter yang lebih enak soal Eleanor dalam buku.

Sementara dalam film, Eleanor diceritakan udah ketemu sama Rachel dari awal. Terus juga lebih banyak kisah hidup Eleanor yang dikasih tahu ke penonton. Misalnya, pengorbanan yang dilakukan sama Eleanor, dan kenapa sih dia segitu nggak setujunya sama hubungan Nick dan Rachel.

Lamaran

Dalam film, Nick melakukan 2 kali lamaran. Pertama pas Rachel sama Nick ketemu di pelabuhan, dan lamarannya ditolak.

Kedua, pas Rachel mau pulang dan Nick nyusul ke pesawat terus langsung ngelamar pake cincin punya Eleanor. Itu juga jadi redemption gitu buat Eleanor yang nggak ada di buku.

Sementara di buku, Nick mau ngelamar Rachel pas mereka lagi liburan gitu di rumah keluarga, di Cameron Highlands, Malaysia. Tapi gagal karena diganggu sama Eleanor dan Ah Ma yang ngebuka rahasia soal ayahnya Rachel.

Nah, itu dia sob 6 perbedaan antara film dan novel Crazy Rich Asians. Walaupun cukup banyak perbedaan, menurut HAI sih perubahan-perubahan tersebut nggak mengurangi kekerenan film ini.

Kalo menurut lo, gimana? (*)

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa/HAI

Editor : Al Sobry

Sumber : Entertainment Weekly