7 Musisi yang Pernah Mencoba Bunuh Diri, Dari Michael Jackson Hingga Eminem

Senin, 10 September 2018 | 16:00
Kompas Entertainment

Michael Jackson

HAI-ONLINE.COM - Sejak tahun 2003, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menetapkan tanggal 10 September adalah Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi tingkat kematian dengan cara bunuh diri yang semakin mengkhawatirkan.

Apalagi, banyak banget berita tentang orang-orang terkenal yang mengakhiri hidupnya sendiri dengan cara bunuh diri.

Baca Juga : Setiap 40 Detik, Satu Orang Bunuh Diri, Ini Cara Mencegahnya

Banyak alasan yang membuat mereka bunuh diri, salah satunya depresi.

Maka dari itu, jangan pernah menganggap remeh "pertempuran" yang sedang dirasakan oleh orang-orang disekitarmu. Ajak ngobrol mereka, temani mereka, pastikan kalau mereka baik-baik saja.

Berikut ini adalah 7 musisi yang pernah mencoba bunuh diri:

1. Eminem

instagram.com/eminem
instagram.com/eminem

Eminem

Rapper Eminem yang memiliki nama asli Marshall Bruce Mathers III, pernah mencoba membunuh dirinya sendiri pada tahun 1996. Kala itu, hubungannya dengan sang kekasih, Kim, harus kandas. Kim pun mencegah Eminem untuk tidak bertemu anak kandung mereka.

Sebagaimana yang diberitakan Fox News, Eminem akhirnya mencoba bunuh diri dengan menenggak obat bernama Tylenol. Dosisnya pun sangat banyak.

Untungnya, percobaan bunuh diri itu gagal, dan Eminem serta Kim baikan. Keduanya menikah pada tahun 1999.

2. Ozzy Osbourne

Wikimedia Commons
Wikimedia Commons

Ozzy Osbourne

Penyanyi sangar yang dikenal sebagai vokalis Black Sabbath, Ozzy Osbourne, beberapa kali pernah mencoba mengakhiri hidupnya sendiri.

Percaya nggak percaya, sejak usia 14 tahun, Ozzy sempat ingin membunuh dirinya sendiri dengan cara mengikat tali di kepalanya dan lompat dari kursi. Untung saja, ada ayahnya di sana yang menyelamatkannya.

3. Britney Spears

Wikipedia Commons
Wikipedia Commons

Britney Spears

Pada tahun 2006, sebagaimana yang diutarakan oleh jurnalis yang pernah menulis biografi Kurt Cobain, Britney Spears mencoba membunuh dirinya sebanyak dua kali.

"Aku berbicara kepadanya sering banget, bahkan aku juga ke rumahnya. Aku akan mengatakan kalau percobaan bunuh diri itu benar adanya, dan aku tahu detail tentang kedua percobaan bunuh diri itu," ujar Ian Halperin.

4. Michael Jackson

Kompas Entertainment
Kompas Entertainment

Michael Jackson

Menurut The Telegraph, Michael Jackson sempat menyimpan "pesan bunuh diri" beberapa bulan sebelum dirinya meninggal dunia.

Beberapa teman dekat MJ mengatakan kalau sang raja musik pop itu sering overdosis dan bahkan mencoba bunuh diri.

"Kami saja kaget si Michael Jackson bisa hidup sampai usia 50 tahun," papar seorang teman yang dikutip The Telegraph.

The Daily Star mengabarkan bahwa ada orang-orang yang mengatakan bahwa MJ "nggak bisa menghadapi masalahnya" dan menginginkan jalan keluar.

5. Sinead O'Connor

Wikimedia Commons
Wikimedia Commons

Sinead O'Connor

Pada tahun 2012, penyanyi yang dikenal dengan lagunya "Nothing Compares 2 U", Sinead O'Connor, pernah mencoba bunuh diri dengan cara menenggak banyak obat-obatan.

Pada tahun 2017 silam, penyanyi cewek yang berambut pendek itu juga mengunggah video di Facebook dan orang-orang mengira kalau dirinya ingin bunuh diri.

Namun, seorang teman dekat dari Sinead langsung memastikan kalau Sinead tidak berusaha mencoba bunuh diri.

6. Johnny Cash

Wikimedia Commons
Wikimedia Commons

Johnny Cash

Johnny Cash, pada tahun 1969, mencoba membunuh dirinya sendiri. Kala itu, ia langsung mengonsumsi obat-obatan terlarang dan langsung menuju ke Gua Nickajack, berharap dirinya tersesat dan meninggal di sana.

Namun, sebagaimana yang diberitakan Thought Catalog, Johnny mengaku mendengar suara Tuhan yang memintanya untuk bertahan.

Ketika ia keluar gua, ia sudah ditunggu oleh istri dan ibunya.

7. Elton John

Wikimedia Commons
Wikimedia Commons

Skagerak Arena June 2009

Apakah kamu tau lagu Elton John yang berjudul "Somebody Saved My Life Tonight"? Yap, lagu itu ternyata terinspirasi dari percobaan bunuh dirinya yang ia lakukan dengan cara memasukkan kepalanya ke dalam kaca berisikan gas beracun.

Kalau ada orang disekelilingmu yang terlihat sedih atau depresi, langsung ajak mereka ngobrol, jangan jauhi mereka, dekati mereka, berikan rasa tenang untuk hati mereka.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya