Ini Dia 4 Motor Terkuat di MotoGP, 2 di antaranya Pernah Dipake Rossi!

Senin, 03 September 2018 | 10:25

Rossi dan Yamaha

HAI-Online.com -Sepanjang sejarahnya, ada beberapa motoryang pernah benar-benar jadi raja di ajang balap Grand Prix (sekarang disebut MotoGP).

Bukan sekali atau dua kali,motor-motor ini pernah sangat mendominasi kejuaraan Grand Prix ini.

Kompetitor seakan nggak punya kesempatan buat ngalahin mereka. Dilansir dari Gridoto.com dan Redbull.com, nihempat mtoor yang terkuat dalam sejarah MotoGP.

1.MV Agusta 500 Three

MV Agusta 500 Three

Kalo ngelihat motor ini kesan kuno dan klasik emang nampak dari penampilannya. Hehehe, maklum, nih, motor hits di era 1950-an.

Sebelum serangan pabrikan Jepangyang memulai debutnya di tahun 1960-an dan sukses mulai 1970-an, MV Agusta adalah pabrikan paling dominan di ajang balap Grand Prix.

MV Agusta masih memegang rekor nggak terkalahkan sebagai pabrikan yang paling banyak jadi juara dunia berturut-turut sejak 1958 sampai 1974. Adatiga pembalap bintang di era itu yang mengendarai MV Agusta, yakni John Surtees dan Mike Hailwood. Keduanya berwargakenegaraan dari Britania Raya.

Sedangkan paling fenomenal adalah pemegang gelar juara dunia balap Grand Prix terbanyak, Giacomo Agostini yang menang tujuh tahun beruntun dengan MV Agusta.

Motor yang digunakan legenda hidup itu adalah MV Agusta 500 Three.

2.Honda NSR500

Honda NSR500

Selama periode 1985 sampaiberakhirnya era 2-tak di 2001, Honda NSR500 menang 10 gelar kelas utama MotoGP. Gaul nggak, tuh?

Beberapa pembalap top pernah juara pake mesin legendaris ini. Sebut saja Freddie Spencer, Wayne Gardner, Eddie Lawson, Mick Doohan, Alex Criville, dan terakhir adalah Valentino Rossi.

Jelas ini bukti bahwa Honda NSR500 pernah jadi raja 2-tak di pagelaran balap motor kasta tertinggi di dunia ini

Raungan mesin NSR500 ini masih jadi kenangan nggak terlupakan bagi beberapa pembalap yang pernah pakai, termasuk Valentino Rossi.

BACA JUGA:Nggak Banyak yang Tahu, Ini Kepanjangan dari KTM. Ribet Abis!

3.Yamaha YZR-M1

Yamaha YZR-M1

YZR-M1 emang bukan motor pertama Yamaha yang bisa juara dunia di MotoGP. Sebelumnya ada YZR500 yang pernah menang beberapa kali di era 70 sampai90-an.

Tapi YZR-M1 adalah motoryang membawa Yamaha menjadi raja di MotoGP sejak lahir di 2004.

Yamaha dan Valentino Rossi berhasil ngerancang salah satu mesin terbaik di MotoGP yakni YZR-M1. Keistimewaan YZR-M1 bukan karenapowerdantop speedyang luar biasa seperti halnya milik Honda maupun Ducati.

Tapi M1 adalah motor yang halus dan nyaman di mana banyak pembalap bisa tampil bagus di atasnya. Selain kecepatan, kenyamanan jadi hal penting buat para pembalap. Hehehe..

Pantes Rossi susah banget adaptasi sama mesinnya Ducati.

Selain Rossi, YZR-M1 juga pernah ngebawa Jorge Lorenzo ngerengkuh tiga titel kelas premier.

Sayangnya, YZR-M1 ngalamin masalah besar dalam dua musim terakhir ini. Bahkan, Yamaha udah setahun lebih nggak menang balapan, terakhir di Assen 2017.

4.Honda RC213V

Honda RC213V

Honda RC213V bisa dibilang mesin V4 terbaik Honda setelah RC211V dan RC212V.

Setelah kalah bertahun-tahun dari Yamaha, Honda mulai jor-joran buat ngembangin mesin motor V4-nya.

Puncaknyaadalah Honda RC213V. Dengan RC213V, Honda berhasil mendominasi MotoGPdalam enam musim terakhir.

Proyek jor-joran Honda ini dibarengi dengan hadirnya pembalap fenomenal, Marc Marquez. Bisa dibilang pengembangan mesin ini sesuai banget sama karakter The Baby Alien. Macem gayung bersambut gitulah.

Nggak dipungkiri, selain RC213V, peran Marc Marquez penting banget bikin Honda buat kembali mendominasi MotoGP.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya