Resmi Dibuka Hari Ini, Begini Tata Cara Pendaftaran Beasiswa OSC 2018

Kamis, 30 Agustus 2018 | 15:13
HAI

Beasiswa Online Scholarship Competition

HAI-Online.com - Kabar baik buat kalian yang lagi duduk di kelas 12 SMA dan mau melanjutkan kuliah tapi nggak tahu nih mau kemana. Sekarang, beasiswa Online Scholarship Competition atau OSC 2018, baru aja resmi buka pendaftaran.

Beasiswa yang dinisiasi sama Medcom.id ini udah memasuki tahun ke-4 pelaksanaannya. Tahun ini, ada 18 perguruan tinggi swasta yang tersebar di Jawa dan Sulawesi yang bisa dijadikan destinasi melanjutkan pendidikan kalian, sob.

Beasiswa ini berisikan 360 kuota beasiswa dan terbuka buat lulusan SMA/SMK sederajat di tahun 2018 dan 2019. Yap, buat lo yang udah lulus tahun ini dan belum berkesempatan buat kuliah, bisa banget kok buat ikutan.

BACA JUGA:Kejar Yuk, Beasiswa Kekinian Dunia Digital dari Kemnaker & Lingkaran!

Beasiswa OSC ini nantinya bakal melingkupi segala kebutuhan dari sisi akademis lo selama 4 tahun berkuliah. Jadi, dari awal uang pendaftaran, uang pangkal, uang gedung, sampai uang kuliah tunggal (UKT) selama 8 semester sampai lulus S1, bakal di-cover sama OSC!

Untuk syarat pendaftarannya sendiri, ada tahapan yang harus lo lalui:

  • Pendaftaran online di website osc.medcom.id (30 Agustus - 2 November)
  • Tes online dengan 50 soal pilihan ganda selama 120 menit (4 November)
  • Pengumuman tes online yang akan menyaring 150 peserta terbaik (9 November)
  • Tes seleksi berkas (20 November)
  • Pengumuman tes seleksi berkas (7 Desember)
  • Tes offline dan awarding night yang dilaksanakan di Jakarta (19 Desember)
Dalam proses pendaftaran, setiap peserta hanya diperbolehkan untuk memilih 1 PTS pilihan, dan 2 program studi pilihan dari PTS yang udah dipilih sebelumnya. Setelahnya lo bakal ikut tes online. Kalau dinyatakan lolos, lo harus menyiapkan beberapa berkas berupa form pendaftaran OSC, raport kelas 10 dan 11, surat pengantar dari sekolah, surat keterangan kelakuan baik, dan surat keterangan bebas narkoba.

Dalam seleksi berkas ini, pihak kampus yang bakal menilai apakah lo punya prestasi yang cukup stabil atau nggak. Misalnya, dari nilai minimal raport, apakah nilai lo mencukupi dan cukup stabil.

Setelah itu, kalau lo lolos, baru deh lo ikut tes offline yang bakal dilaksanakan di Jakarta. Nantinya bakal diambil 20 penerima beasiswa untuk setiap PTS, dengan total 360 penerima beasiswa OSC.

Buat proses pendaftarannya sendiri nggak ribet sama sekali sob. Sesuai namanya, pendaftaran hampir semuanya dilakukan via online. Alhasil lo nggak harus repot-repot datang ke kampus tertentu atau bahkan ke Jakarta. Pasti ribet banget kan, apalagi kalau rumah lo jauh.

Nantinya, setelah lo diterima di program OSC ini, lo juga bakal dapet banyak banget keuntungan. Selain dibayarin kuliah, lo juga bakal dapet banyak banget workshop yang sering diadakan sama Medcom. Selain itu, lo juga bisa dapet kesempatan magang di grup Medcom.

Tertarik sama program beasiswa OSC ini? Langsung aja daftarin diri lo di website osc.medcom.id. Semoga beruntung! (*)

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya