Udah Tahu Belom? Ini Bedanya Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Jumat, 31 Agustus 2018 | 18:15

Ini Dia perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

HAI-Online.com -Istilah sun roofatau panoramic roofmungkin udah sering terdengar pada barisan fitur mobil-mobil baru kelas mevvah.

Tapi pada kenyataanya, fitur moonroof malah sering tersemat. Nah, dilansir dari Gridoto.com, ini dia perbedaan sunroof, moonroof dan panoramic roof yang sering disalahartikan.

1. Sunroof

Sunroof adalah istilah yang paling umum dipakai oleh para produsen mobil buat namain fitur panel kaca yang tersemat pada mobil mereka.

Kenyataannya, sunroof adalah sebuah panel atap yang bisa dibuka biar udara dan sinar matahari bisa masuk ke dalam mobil.

Panel tersebut menggunakan bahan yang sama dengan bodi mobil, bukan pakai kaca. Kalo yang pakai kaca namanya moonroof. Seiring dengan perkembangannya sunroof pakai sistem kelistrikan mobil.

BACA JUGA:DARI SOAL TAWURAN SAMPE BULLYING, INI JAWABAN SENIOR TENTANG SEGALA HAL YANG DITAKUTI JUNIOR DI SEKOLAH

2. Moonroof

Moonroof lebih sering dikenal sunroof

Nah, kalo panel atapnya pakai kaca, namanya moonroof.

Tapi secara spesifik, panel atap dengan bahan kaca dengan kemampuan buat bergeser keluar-masuk serta tilt adalah sebuah moonroof.

Moonroof adalah jenis yang paling umum tersemat pada mobil-mobil modern yang memiliki fitur sunroof.

Selain moonroof, nama lain dari jenis ini adalah solar sunroof.

Secara teori, panel sunroof jenis ini bisa biarin cahaya matahari atau bulan masuk ke dalam kabin mobil meskipun panel tersebut tertutup. Jadi biar ada penerangan alami gitulah, sob.

3. Panoramic Roof

Panoramic Roof

Panoramic roof juga termasuk pengembangan dari sunroof, tapi pakai kaca.

Bedanya dengan moonroof yang juga pakai kaca, panoramic roof punya penampang yang lebih luas. Jadi nggak cuma sekadar biarin cahaya masuk, panel jenis ini juga punya tujuan biar penumpang di dalamnya bisa nikmatin juga panorama langit di atasnya.

Panoramic roof awalnya nggak bisa dibuka karena penampangnya yang sebesar atap mobil itu sendiri.

Tapi seiring berkembangnya teknologipanoramic sunroofdikasih juga panel kaca tambahan yang bisa dibuka seperti layaknya sebuah sunroofatau moonroof.

Jadi selain bisa nikmatin panorama langit, penumpang juga bisa menikmati udara dari luar kabin.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya