Biar Nggak Kram Seperti Anthony Ginting, Ini 4 Cara Pencegahannya

Kamis, 23 Agustus 2018 | 19:28
Kompas.com

Anthony Ginting

HAI-Online.com - Kejadian nggak enakdialami oleh salah satu atlet Indonesia, Anthony Ginting yang terpaksa nggak bisa melanjutkan pertandingan pada partai final cabor bulu tangkis beregu putra Asian Games 2018 karena cedera akibat kram pada kakinya.

Menurut seorang terapis fisik asal Minnesota, Pamela Cole, kram biasanya terjadi akibat otot-otot pada kaki mengalami kekakuan ketika berkontraksi karena rasio air dengan elektrolit nggak seimbang.

"Kram kaki terjadi, ketika otot-otot kaki berkontraksi sendiri, lalu terjadi kekakuan otot karena ada ketidakseimbangan dalam rasio air dengan elektrolit (yaitu kalium, natrium , magnesium, dan kalsium)," kata Cole seperti yang dilansir dari kompas.com.

Nah belajar dari sana, HAI bakal bagiin buat kalian apa saja sih yang bisa kamu lakuin untuk mencegah terjadinya kram seperti yang dialami Anthony Ginting kemarin (22/8).

1. Minum Banyak Air

undark.org
Troels Kjems

Ilustrasi minum air putih

Kram sering terjadi ketika tubuh kita mengalami dehidrasi, meminum banyak air merupakan kunci untuk menjaga otot-ototmu bekerja dengan optimal.

CEK JUGA:Apapun Hasilnya, Anthony Ginting Sudah Jadi Pahlawan Indonesia

2. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium

draxe.com
Dr. Axe

Ilustrasi makanan yang mengandung magnesium

Magnesium memiliki peran penting dalam tubuh di antaranya membantu proses pencernaan, komunikasi antar sel saraf, dan mengatur gerakan otot-otot.

Untuk mendapatkan kadar magnesium yang cukup dalam tubuh kamu bisa mengonsumsi alpukat, pisang, bayam, brokoli, kacang-kacangan, ikan, dan susu.

3. Pijat Kakidengan Teratur

shinsplintsclinic.com
Shin Splints Clinic

Ilustrasi memijat kaki

Selain dengan minum banyak air dan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium, kamu bisa melakukan pijatan pada kaki dan betis di pagi dan malam hari untuk membuat otot lebih rileks.

4. Pakai Sepatu yangNyaman

intraining.com.au
intraining.com.au

Ilustrasi sepatu nyaman

Terakhir, pakailah sepatu yang nyaman karena kalau terlalu sempit dapat menyebabkan kekakuan pada otot kaki, dan nantinya akan membuat menjadi kram.

CEK JUGA:Jangan Remehin Air Putih! Ini 5 Fungsi Air Putih untuk Tubuh Manusia

Nah itu dia sob 4 cara pencegahan yang bisa kamu lakukan kalau nggak mau terkena kram kaki seperti Anthony Ginting.

Lebih baik mencegah kan daripada mengatasi?

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya