Dari SID Sampai ERK, Ini Daftar Lagu-lagu Indie Bertema Nasionalime

Jumat, 17 Agustus 2018 | 10:00
HAI

Efek Rumah Kaca

HAI-ONLINE.COM-Hari ini, tanggal 17 Agustus 2018, masyarakat Indonesia merayakan ulang tahun kemerdekaan! Sebagai anak muda, kita wajib merayakannya dengan melakukan banyak hal membanggakan, dong!

Sesederhana mengikuti kegiatan di komplek kamu, ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan perlombaan, gotong royong dalam membersihkan wilayah rumah kamu dan masih banyak lagi. Hal-hal ini bisa kamu lakukan demi merayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia bersama teman-teman dan juga tetangga kalian!

CEK JUGA:Ini Dia Promo yang Bisa Kamu Nikmati di HUT ke-55 Kompas Gramedia

Bakal lebih seru lagi kalau kamu bisa melakukan itu semua sambil ditemani kelima lagu indie Indonesia dengan lirik bertemakan nasionalis ini:

White Shoes & the Couples Company - Matahari

Kalau mendengar lagu ini, hati terasa sangat riang dan ceria, karena musik yang dibawakan oleh White Shoes & the Couples Company memang sangatcheerfulalias bikinmoodjadi naik!

Matahari ini memasukkan lirik-lirik yang sangat dekat dengan sisi Indonesianya, seperti jalan-jalan ke Jayapura, pergi ke Soroako bersama Zaenal Combo dan masih banyak lagi.

Lagu ini diambil dari album Vakansi yang dirilis pada tahun 2010 silam.

"We’re going back to Jayapura, No more pretend no pura-pura. Drinkin’ to samandoye, Black Brothers all the way."

Mondo Gascaro - Kucinta Indonesia

Dari judul lagunya saja, Mondo Gascaro ingin menunjukkan kalau dia sangatlah mencintai negaranya sendiri, Indonesia. Lirik lagu ini dipenuhi dengan gambaran negara kita yang sangat indah. Selain itu, instrumen yang digunakan juga asli dari berbagai daerah di Indonesia.

"Bernyanyi bahagia, diiringi senandung alam raya, menari gembira di bawah sinar purnama Indonesia."

Pee Wee Gaskins - Dari Mata Sang Garuda

Kalau dengar lagu ini, hanya satu hal yang ada di benak kita; semangat mengharumkan nama Indonesia! Apalagi, aransemen musik yang dibawakan oleh San-san cs sangatlah membuat adrenalin kita terpacu untuk mengelu-elukan sang Garuda!

Lagu ini diambil dari album mereka yang berjudul Ad Astra Per Aspera dan menjadi salah satu lagu yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

"Indonesia, kobarkan semangatmu, 'kan ku bela sampai habis nafasku!"

NTRL - Garuda di Dadaku

Dengan Garuda di dada, kita bisa melakukan segala hal asal ada kemauan dan tekad yang keras. Itulah pesan yang ingin disampaikan oleh NTRL dalam lagu Garuda di Dadaku. Lagu ini juga dijadikansoundtrackdari film Garuda di Dadaku!

Lagu ini bahkan sering terdengar dalam nyanyian para pendukung sepak bola tim nasional Indonesia dan bahkan di kejuaraan olahraga lainnya yang melibatkan timnas negara kita!

"Ayo putra bangsa, harumkan negeri ini. Jadikan kita bangga, Indonesia!"

Efek Rumah Kaca - Merdeka

Lagu yang diciptakan dan dinyanyikan oleh Adrian Yunan ini nggak masuk ke album manapun. Yap, Merdeka dirilis ERK pada Agustus 2016 sebagai lagutunggalan.

Lewat lagu ini, ERK ingin kita merenungkan makna kemerdekaan. ERKjuga ingin mengangkat masalah sosial politik yang terjadi Indonesia, salah satunya adlaah masalah konflik di Papua. Itu lah mengapa video musik lagu yang digarap oleh Anton Ismael ini berlatar Papua.

"Kami bertanya, di manakah tanah serta mata airnya. Mendambakan rumah hati lega rasanya

Kami adalah orang yang merdeka. Kami hidup dalam kebebasannyaDamai lahir batinnya"

Superman is Dead - Jadilah Legenda

Band punk dari Bali ini emang selalu punya caranya sendiri untuk menunjukkan nasionalismenya.

Lewat lagu ciptaan Jerinx iniSID ngajak kita anak muda untuk mengapresiasi kekayaan alam dan budaya Tanah Air dengan cara berkarya, memaksimalkan potensi diri, sehingga kita bisa menjadi legenda untuk negeri kita sendiri.

"Untuk Indonesia, kita punya semua seribu budayadan kekayaan alam yang takkan terkalahkan.Untuk Indonesia jadilah legenda,Kita bisa dan percaya."

Dari kelima lagu itu, mana nih yang paling nempel di kepala?

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya