HAI-Online.com - Rem adalah salah satu komponen utama dalam kendaraan bermotor.
Bayangin aja kalo nggak ada rem. Masak mau berhenti pake sandal ala bocah-bocah kalo naik sepeda. Hehehe, kan nggak mungkin.
Makanya kondisi rem harus sering-sering dicek. Ada dua jenis rem yang umumnya dipakai banyak motor, yakni rem tromol dan rem cakram.
Nah, seiring pemakaian rem cakram bakalan tipis gara-gara gesekan dengan kampas rem.
Kalo piringannya dah aus, pastinya wajib buruan diganti biar tetep aman pas dipake.Dilansir dari Gridoto.com, piringan rem cakram harus segera diganti kalo ketebalannya udah berkurang sekitar 0,5 mm.
Terus gimana cara mengidentifikasi piringan rem yang udah mulai aus. Gampang kok!
Kalo lo perhatiin piringan rem biasanya ada simbol tulisan 'MIN.TH' di bagian tertentu.
'MIN.TH' singkatan dari minimun thickness atau ketebalan minimun piringan yang diperbolehkan.
Rata-rata ukuran pada motor bebek biasanya 2,5-3 mm, sedangkan pada motor sport 3,5-4 mm.
Nah, tinggal diukur saja ketebalannya menggunakanalat mikro meter. Tinggal jepit piringannya lalu kelihatan ketebalannya, jika sudah berkurang 0,5 mm, berarti piringan mesti diganti.
Secara kasat mata, sebenarnya bisa dilihat, kok, piringan yang udah menipis.
Pasti ada cekungan bekas gesekan dengan kampas rem.
Piringan rem yang udah tipis harus buruan diganti. Kalo telat, sewaktu-waktu bisa patah dan bikin celaka.