Siapakah Alex Jones? Seluruh Kontennya di YouTube, Spotify, Facebook dan Apple Kok Dihapus?

Rabu, 08 Agustus 2018 | 18:18
www.theverge.com

Alex Jones

HAI-online.com -YouTube, Spotify, Facebook dan Apple telah menghapus semua konten milik Alex Jones dalam layanan mereka setelah sekian lama mendapatkan kritik karena memberikan media yang lebih luas bagiAlex Jones dan website Infowars miliknya.

Alex Jones adalah seorang pencetus teori konspirasi dan pembawa acara radio Amerika dengan acaranya The Alex Jones Show.

Jones menjalankan website bernama Infowars.com yang ia gunakan untuk menyebarkan teori konspirasi dan berita palsu.

Jones telah menjadisumber dari berbagai kontroversi, seperti mempromosikan teori konspirasi penembakan di Sandy Hook Elementary School, lalu pertentangan kerasnya terhadap kontrol senjata api di Amerika.

Dia juga menuduh pemerintah AS terlibat dalam pengeboman di Oklahoma, serangan 9/11, dan pembuatan film pendaratan ke Bulan yang palsu untuk menyembunyikan teknologi rahasia NASA.

Apple adalah perusahaan pertama mengambil langkah ini denganmenghapus 5 dari 6 podcast yang dioperasikan oleh Alex Jones, keputusan tersebut kemudian memicu perusahaan besar lainnya untuk mengambil langkah.

YouTube dengan tegas menghapus Alex Jones Channel yang memiliki 2,4 juta subscriber, setelah sebelumnya ia diberi peringatan karena pelanggaran aturan.

Facebookjuga telah menghapus empat halaman yang dioperasikan oleh Jones dan Infowars setelah menerima keluhan tentang konten tersebut.

"Kami telah menghapusnyakarena menyebarkan kekerasan, yang mana melanggar kebijakan kami, dan menggunakan bahasa yang tidaklayak untuk menggambarkan orang-orang transgender, Muslim dan imigran, yang juga melanggar kebijakan kami tentang ujarankebencian," kataFacebookdalam sebuah postingan blog.

Dan yang terbaru adalah Spotify yang mengikuti langkah Apple dengan menghapus seluruh podcast milik Alex Jones.

Editor : Rizki Ramadan

Sumber : Spin

Baca Lainnya