Walaupun Bahaya Banget, 5 Aktor ini Lakukan Aksi Stunt Mereka Sendiri!

Rabu, 01 Agustus 2018 | 20:01
Paramount Pictures

HAI-Online.com - Kalau ngeliat adegan aksi keren yang ada di dalam sebuah film action, kita seringkali terkagum-kagum dengan kerennya aksi para stunt double dalam membawakan adegan aksi sampai bisa kelihatan asli banget.

Para stunt double ini memang biasanya jadi peran pengganti para aktor dan aktris yang membintangi film tersebut, supaya si aktor dan aktris ini nggak terlibat aksi berbahaya dan bikin mereka terluka. Tapi, nggak jarang ada juga aktor dan aktris yang memutuskan buat ngelakuin adegan aksi mereka sendiri, tanpastunt double.

Banyak alasan yang digunakan para aktor dan aktris ini kenapa mereka nggak mau pakestunt.Ada yang bilang, adegan bakal kelihatan lebih otentik dan bakal lebih dipercaya sama penonton. Terus, siapa aja sih aktor dan aktris yang ngelakuin adegan aksi berbahaya mereka sendiri?

Tom Cruise

Paramount Pictures

Kayaknya emang nggak mungkin ya, bikin list ini tanpa masukin nama Tom Cruise, sob. Bintang franchise Mission: Impossible ini hampir sejak awal kariernya melakukan hampir semua adegan aksi berbahaya dalam film yang dia bintangi, tanpastunt double.

Dia nggak pakestunt doublesama sekali khususnya pas proses pengambilan gambar. Doi memang punyastunt doubledi lokasi syuting, tapi hanya untuk pengecekan sebelum pengambilan gambar. Apakah sistem keamanannya udah berfungsi dengan baik atau belum.

Tom Cruise udah melakukan berbagai jenis adegan aksi berbahaya. Misalnya, dia harus ditimpa air berukuran ribuan galon di dalam sebuah akuarium. Doi juga pernah lari di kaca jendela Burj Khalifa, dan dihantam ke mobil. Bahkan di film terbarunya, Mission: Impossible Fallout, Tom Cruise harus gelantungan dari helikopter setinggi ribuan kaki, skydiving, dan balapan pake helikopter yang dia setir sendiri! Ungkapan makin tua makin menjadi kayaknya emang cocok banget yang buat Om Tom.

Jackie Chan

Golden Ways Film

Jackie Chan dari awal kariernya, emang selalu melakukan aksis stunt-nya sendiri. Dia jadi aktor paling identik dengan adegan baku hantam yang intens dalam film. Jacki Chan sering banget melakukan berbagai aksi yang bisa dibilang gila. Mulai dari loncat ke atas balon udara sampai rollerskating di bawah truk yang lagi jalan.

Saat proses syuting Police Story, Jackie Chan bahkan pernah loncat ke sebuah tiang besi yang dikelilingi lampu, terus meluncur ke bawah sambil memecahkan banyak lampu. Setelahnya, dia masih bisa bangun dari reruntuhan kios yang dia timpa, terus mengejar penjahat dan menusukan kaca ke lehernya. Gila banget, kan?

Angelina Jolie

Columbia Pictures

Saat proses syuting film Salt di tahun 2010 lalu, Angelina Jolie yang berperan sebagai Evelyn Salt, agen FBI yang difitnah membelot, melakukan 99% aksi stunt-nya. Untuk mempersiapkan adegan-adegan berkelahi yang mendominasi film ini, Angelina Jolie disebut-sebut harus belajar kombinasi olahraga Muay Thai dan Krav Maga. Jolie harus belajar selama 2 jam, 3-4 kali per minggu.

Adegan aksi yang ia lakukan sendiri meliputi jalan di langkan yang super kecil di atas gedung setinggi 12 lantai. Dia juga harus berlari nembus ruangan saat terjadi baku tembak.

Jason Statham

Millennium Films

Jason Statham mungkin adalah salah satu aktor film aksi yang paling keren, sob. Pasalnya, sejak awal kariernya dia selalu melakukan adegan aksinya sendiri. Dia sering banget berperan di berbagai film aksi Hollywood macam, Snatch, The Transporter, dan The Expendables.

Bahkan saat syuting The Expendables 3, Jason Statham pernah jatuh ke dalam laut hitam saat dirinya masih di dalam truk! Harusnya waktu itu, doi menyetir sebuah truk, berenti, terus keluar dan nembak. Tapi tiba-tiba truk itu nggak berenti dan malah terjun ke laut hitam. Untungnya Statham berhasil keluar dan selamat.

Tapi sob, tahu nggak kalau ternyata Jason Statham ngerasa dirinya terjebak situasi yang susah banget untuk dia tinggalin. Dulu, di salah satu film aksi pertama yang dia bintangi, film itu nggak punya banyak uang untuk produksi. Alhasil nggak bisa menggunakan teknologi macam green screen atau apapun itu. Statham pun harus ngelakuin semua aksi stunt-nya sendiri. Dan sekarang, karena semua udah tahu kalau dia bisa, dia jadi susah banget untuk lepas dari hal itu.

Zoe Bell

Youtube

Mungkin masih banyak dari kalian yang nggak familiar sama nama Zoe Bell. Tapi, kerennya aktris yang mengawali kariernya sebagai seorangstunt doubleini nggak bisa diragukan, sob.

Bell adalahstunt double-nya Uma Thurman dalam film Kill Bill. Quentin Tarantino sang sutradara, suka banget sama aksinya sampai ngajakin dia main film di film terbarunya, Death Proff. Tarantino mau seorang pemeran utama wanita yang bisa ngelakuin aksistunt-nya sendiri, sob.

Dalam karier aktingnya, Zoe Bell pernah diminta untuk berpegangan ke atas sebuah atap mobil Dodge yang lagi melaju kencang. Dia juga harus melakukan semua adegan berantemnya sendiri, dan adegan menyetir mobil yang ugal-ugalan.

Nah itu tadi, 5 aktor dan aktris yang melakukan hampir semua adegan aksi mereka dalam film, sendiri. Keren banget, kan? Mana yang jadi favorit kalian, sob?

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya