Sebelum Daftar Kursus, Coba Belajar Bahasa Asing Lewat 7 Kanal YouTube Ini

Selasa, 24 Juli 2018 | 16:10

Daftar akun YouTube untuk belajar bahasa Inggris

HAI-Online.com - Mampu berbahasa asing sekarang ini sudah bukan lagi sebuah pilihan, tapi tuntutan. Era globalisasi yang sudah nggak bisa kita hindari lagi, menuntut kita untuk tetap bisa keep up dengan perubahan zaman.

Biasanya, untuk bisa berbahasa asing banyak orang yang mengambil kelas di berbagai lembaga kursus yang menawarkan dan menjamin kita untuk bisa berbahasa asing dalam waktu singkat. Tapi, sob, seperti yang kita tahu, kursus bahasa asing biasanya nggak murah.

Belum lagi waktu yang harus dikorbankan dengan mendatangi jadwal rutin kelas. Nah, nggak usah bingung, ternyata kita juga bisa belajar bahasa asing dengan asik lewat channels yang ada di Youtube.

English with Lucy (British English)

Buat kalian yang mau belajar bahasa Inggris khususnya dengan aksen British, wajib banget mampir ke channel-nya Lucy ini. Dengan aksen British yang kental, bakal bikin kalian lebih familiar dengan aksen sejenis.

Materi yang sering dibahas biasanya seputar kesalahan umum dalam berbicara, penulisan dalam bahasa Inggris, dan ada juga bahasan soal bahasa slang yang seru abis. Aksen British yang agak sulit dicerna memang jadi hambatan. Tapi kalian bisa menggunakan subtitle untuk mempermudah kalian dalam mencerna apa yang Lucy jelaskan, kok.

EnglishLessons4U (American English)

Kalian yang ingin belajar bahasa Inggris dengan aksen yang lebih mudah dicerna pasti bakal betah deh. Apalagi channel ini juga menyediakan banyak tutor yang bisa kalian pilih sesuai keinginan. Ada Emma, Ben, Ronnie, dan lain-lain. Salah satu tutor yang paling asik sih, Ronnie. Ronnie punya gaya mengajar yang unik, gokil, dan lucu. Selain itu, Ronnie juga sering memberikan banyak opini soal bahasa Inggris yang katanya suka enggak masuk akal loh, Sob. Seru banget kan?

Butterfly Spanish (Bahasa Spanyol)

Buat kalian yang mau belajar bahasa Spanyol, channel ini juaranya! Sang tutor, Ana yang memang asli Spanyol, punya cara mengajar yang asik banget. Selain belajar soal linguistik, kalian juga bisa belajar soal perbedaan antara Mexican Spanish, American Latin Spanish, dan bahasa Spanyol yang ada di negara Spanyol sendiri. Selain itu, sering juga ada pembahasan soal segi kultural Spanyol yang super unik.

BACA JUGA:

LearnChineseWithEmma (Bahasa Mandarin)

Belajar bahasa Mandarin pasti bikin pusing banget, Sob! Bentuk hurufnya yang unik bikin bahasa Mandarin punya kesulitan yang tinggi buat sebagian orang. Tapi kalian bisa belajar bahasa Mandarin dengan menyenangkan lewat channelLearnChineseWithEmma ini.

Emma sang tutor yang tinggal di Amerika, berusaha untuk mengajarkan orang mengenai bahasa ibu nya. Di sini, kalian akan fokus untuk belajar cara mengucapkan kata dan menuliskannya dengan kaidah yang benar. Makanya Emma sering mengulang-ulang ucapannya agar para muridnya di rumah bisa menirunya dengan baik.

Learn Japanese with JapanesePod101.com (Bahasa Jepang)

Buat kalian para pecinta anime, pasti mau belajar bahasa dan budaya Jepang dong? Nah, kalian bisa coba belajar lewat channel Youtube ini. Lewat video-videonya, kita bisa belajar bicara bahasa Jepang, menulis huruf Hiragana, Katakana, dan Kanji, juga belajar budaya-budaya Jepang langsung dari ahlinya, sob!

Selain itu ada juga berbagai challenge yang diberikan sang tutor, untuk kemudian harus dituntaskan dalam waktu 10 hari. Asik banget kan?

Learn Arabic with ArabicPod101.com (Bahasa Arab)

Biasanya banyak orang malas belajar bahasa Arab karena bahasa ini bisa dibilang sebagai salah satu bahasa tersulit di dunia. Tapi, buat kalian yang tertarik banget untuk belajar bahasa Arab, enggak ada salahnya kok untuk coba-coba. Belajar bahasa Arab lewat channel ini bisa jadi pilihan. Selain gaya mengajarnya yang nggak kaku, tutor yang mengajar juga punya metode yang seru untuk membuat para murid tetap semangat belajar.

Learn French with Vincent (Bahasa Perancis)

Sudah ada sejak 2007 dan punya sekitar 200 ribu video, membuat channel pelajaran bahasa Perancis ini jadi salah satu channel Youtube tertua loh. Sang tutor, Vincent, punya cara yang unik dalam memberi materi.

Dia nggak nunjukin wajahnya, tapi menggunakan media lain dalam menyampaikan materi. Misalnya, lagu, iklan, dialog, dan tulisan di kertas. Metodenya yang unik ini bisa kalian coba, dan tinggal pilih saja mana yang paling cocok buat kalian.

Skinnyfabs (Bahasa Inggris)

Kalian yang mau belajar bahasa Inggris dengan aksen British yang kental, enggak usah jauh-jauh cari kreator dari luar kok. Indonesia punya satu kreator yang sering bikin konten bahasa Inggris dengan aksen British yang kental. Yap, dia adalah skinnyfabs!

Andika Wira, sosok di balik channel ini sering banget bikin konten lucu tentang banyak hal, misalnya ngomongin film, cover lagu, menirukan tokoh, dan lain-lain, tapi dengan bahasa Inggris yang beraksen British. Nah kalian bisa banget nih meniru cara ngomong skinnyfabs dalam video-videonya. Siapa tahu bisa jago ngomong bahasa Inggris juga!

Nah itu tadi beberapa channel Youtube yang bisa banget kamu tonton untuk belajar bahasa asing. Selain gratis, metodenya yang unik membuat channel-channel ini mesti banget dicoba. Jadi, yang mana favoritmu?

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya