Rahasia Dibalik Kasus Ronaldo yang Harusnya Terkena Kartu Merah

Selasa, 26 Juni 2018 | 16:00
Goal.com

Ronaldo Bikin Kontroversi

HAI-Online.com - Kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, nyaris diusir dari lapangan oleh wasit akibat sebuah sikutan terhadap pemain timnas Iran, Morteza Pouraliganji.

Timnas Portugal ditahan imbang oleh timnas Iran 1-1 di Mordovia Arena, Saransk, Senin (25/6) waktu setempat atau Minggu dini hari WIB. Skuat arahan pelatih Fernando Santos unggul lebih dulu pada menit 45 lewat sepakan Ricardo Quaresma.

Iran membalas pada masa injury time ketiga melalui tendangan penalti Karim Ansarifard. Pada laga ini wasit Enrique Caceres menggunakan Video Assistant Referee (VAR) sebanyak tiga kali.

Salah satunya berhasil menyelamatkan Cristiano Ronaldo dari kartu merah. Kejadian tersebut bermula dari duel yang terjadi antara Cristiano Ronaldo dengan Mortez Pouraliganji.

Mortez Pouraliganji mengganggu pergerakan superstar Real Madrid itu dengan melakukan benturan badan. Nggak terima, Cristiano Ronaldo membalas dengan sebuah sikutan terhadap Mortez Pouraliganji.

CEK JUGA NIH:3 Negara Ini Selalu Kalah di Final Piala Dunia! Siapa Saja Mereka?

Mortez Pouraliganji langsung terjatuh dan mengerang kesakitan. Enrique Caceres melihat hal tersebut sebagai pelanggaran keras yang layak mendapat kartu merah.

Hal tersebut tampak dari keputusan wasit asal Paraguay itu melihat untuk monitor VAR.

Ya, dalam situasi pelanggaran selain di kotak penalti, VAR hanya akan digunakan jika ada pelanggaran yang diduga kuat oleh wasit layak mendapat ganjaran kartu merah.

Beruntung bagi Cristiano Ronaldo, Enrique Caceres menilai bahwa pelanggaran tersebut hanya perlu diganjar kartu kuning.

Belum liat pelanggarannya? Coba langsung cek video kejadian tersebut yang dilansir BolaSport.com dari akun Youtube Jacob Kadenge Reus.

Sedangkan dua kesempatan penggunaan VAR lainnya menghasilkan masing-masing satu penalti bagi kedua tim. Penalti pertama terjadi pada menit ke-53, di mana Cristiano Ronaldo dilanggar oleh Saeid Ezzatollahi.

Namun, sepakan Cristiano Ronaldo berhasil digagalkan oleh kiper Iran, Alireza Beiranvand. Sementara penalti bagi Iran berbuah gol penyama kedudukan.

Hasil tersebut membuat Portugal lolos ke fase 16 besar sebagai runner up grup B dengan koleksi 5 poin.

Meski memiliki jumlah poin yang sama dengan timnas Spanyol di puncak klasemen, namun ‎Seleccao das Quinas kalah jumlah gol yang dicetak.

Portugal bakal menghadapi juara grup A, timnas Uruguay di Fisht Stadium, Sochi, Minggu (1/7). Sedangkan Iran harus pulang setelah finis di posisi ketiga klasemen dengan koleksi 4 poin.

Seusai pertandingan, pelatih Iran, Carlos Queiroz nggak puas dengan sikap wasit Enrique Caceres yang nggak mengusir Cristiano Ronaldo.

Menurut Queiroz, Ronaldo layak diberikan kartu merah setelah menyikut bek Iran, Morteza Pouraliganji. Namun, Caceres nggak sependapat dengan Queiroz.

Setelah melihat tayangan ulang pelanggaran Ronaldo melalui bantuan Video Assistant Referee (VAR), Caceres mengeluarkan kartu kuning untuk Ronaldo.

"Dalam aturan, melanggar lawan dengan menggunakan sikut mesti diganjar kartu merah, tidak peduli itu Lionel Messi atau Ronaldo," kata Carlos Queiroz seperti dikutip BolaSport.com dari BBC.

Di sisi lain, pelatih Portugal, Fernando Santos, mencoba untuk nggak mengomentari lebih jauh terkait pelanggaran Ronaldo.

"Saya tidak merisaukan soal pelanggaran Ronaldo," ujar Fernando Santos.

"Semua berjalan normal di dalam pertandingan dan wasit telah melakukan apa yang harus dia lakukan. Saya pikir VAR juga sudah melakukan tugasnya dan itu yang harus kami terima," tutur Fernando Santos.

Sepanjang kariernya membela timnas Portugal, Cristiano Ronaldo tak pernah menerima kartu merah. Akan tetapi, pesepak bola berusia 33 tahun ini telah mengantongi 22 kartu kuning.

Hmm..., kira-kira bakal ada kontroversi apalagi yang dilakukan ROnaldo dalam Piala Dunia kali ini?

Artikel ini pertama kali ditayangkan di BolaSport, dengan judul artikel Cristiano Ronaldo Selamat dari Hukuman Kartu Merah Berkat VARdan Kesal Cristiano Ronaldo Tak Kena Kartu Merah, Pelatih Iran Sebut Lionel Messi

Editor : Rian Sidik

Sumber : BolaSport.com

Baca Lainnya