Ini Dia 3 Teknologi Tersembunyi dalam Pertandingan Sepak Bola Internasional

Kamis, 21 Juni 2018 | 20:00

Teknologi tesembunyi sepak bola

HAI-Online.com - Beberapa waktu yang lalu, Fifa melalui channel resmi YouTube mereka, FIFATV, membocorkan tiga teknologi tersembunyi yang ada dibalik pertandingan sepak bola, nggak terkecuali pada Piala Dunia 2018.
CEK JUGA NIH:5 Fakta Denis Cherysev, dari Buangan Hingga Jadi Bintang di Rusia
Pasti lo nggak akan nyangka deh sob kalau ternyata beberapa teknologi ini terpasang dan ada sejak lama. Penasaran? Yuk langsung aja cek satu persatu.
1. Video Assistant Referee (VAR)
Teknologi terbaru dari FIFA ini digunakan pertama kali pada Piala Dunia 2018. Fungsi sangat simpel, membantu kinerja wasit dan menghindari kontroversi dalam suatu pertandingan. VAR tentunya bisa membantu wasit dalam memberikan keputusan penting yang adil. Bisa dibilang teknologi VAR ini adalah “wasit tambahan”.
Cara kerjanya pun cukup simpel sob. Ada 13 wasit yang dipilih untuk bertugas sebagai wasit diluar pertandingan menjadi video assistant. Mereka semua akan duduk di sebuah ruangan khusus di Moskow. Meskipun bekerja diluar lapangan, tapi para wasit ini mengenakan seragam lengkap yang sama loh dengan yang di lapangan.
Dari sana, para wasit itu akan menyaksikan siaran langsung pertandingan dengan akses semua kamera yang ada di dalam stadion, nggak terkecuali kamera slow motion. Mereka bisa mengawasi setiap kamera sesuai dengan apa yang dibutuhkan.
Meskipun begitu, VAR hanya sebagai pemberi saran. Jadi wasit di lapangan akan dilengkapi dengan earpierce yang terhubung langsung dengan VAR untuk mendapatkan pesan dari VAR terkait pertandingan.
2. Goal Line Technology (GLT)
Dalam sepak bola, teknologi garis gawang atau goal line technology merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menentukan apakah bola telah sepenuhnya melewati garis gawang dengan bantuan berbagai perangkat teknologi seperti kamera tracking yang terpasang pada atap stadion.
Sama seperti VAR, GLT juga nggak bertujuan untuk mengantikan peran wasit, namun untuk membantu para wasit dalam membuat keputusan di lapangan pertandingan.
3. Electronic Performance and Tracking System (EPST)
Teknologi canggih yang satu diperuntukan untuk para pelatih agar bisa mengetahui kondisi, kecepatan dan jarak yang sudah ditempuh para pemainnya.
Chip yang terpasang itu bisa memberikan informasi seberapa cepat pemain berlari, seberapa jauh jarak pemain berlari sampai memberikan data detak jantung dan temperatur tubuh. Canggih banget kan?
Nah, itu dia sob tiga teknologi tersembunyi yang ada di dunia sepak bola saat ini. Kira-kira, tiga teknologi ini akan masuk ke Indonesia nggak ya? Kalau mau jelas kira-kira seperti apa wujud teknologi tersembunyi di sepak bola.
Langsung aja nih tonton videonya!

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya