Parah Banget! Ini 7 Negara yang Pernah Tampil Buruk di Piala Dunia

Selasa, 12 Juni 2018 | 13:00
PA Archive

(L-R) Ashley Cole, Wayne Rooney and Steven Gerrard appear dejected after the final whistle.

HAI-Online.com - Tampil di Piala Dunia adalah impian semua negara yang punya kultur sepakbola. Secara ikut Piala Dunia, juga mengharumkan nama baik bangsa.

Sebut macem timnas Brazil, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol dan banyak negara yang sepakbolanya maju. Negara-negara itu juga jadi favorit juara.

Tapi siapa sangka, tampil di Piala Dunia justru pernah jadi mimpi buruk buat beberapa negara.

UDAH TAU BELUM?Terungkap! 5 Rekan Setim Ini Saling Benci meski Bermain di Satu Negara

Dilansir dari FourFourTwo, ini dia 7 negara yang pernah tampil bapuk di ajang Piala Dunia.

7. Uruguay (1986)

Tepat pada tahun 1986, Uruguay baru aja lepas dari cengkraman diktator. Makanya, rasa bangga ada di benak para pemain Uruguay.

Saat itu Uruguay tergabung dalam Grup Neraka bareng Jerman Barat, Skotlandia, dan Denmark. Sebenarnya kualitas sepak bola La Celeste patut diperhitungkan. Sayang gaya mainnya kasar minta ampun, sob!

Uruguay sukses nahan imbang Jerman Barat dengan skor 1-1.Di laga kontra Denmark, Uruguay abis dibantai 6-1 ditambah pemain Uruguay Miguel Bosio yang diusir wasit gara-gara ngelakuin kekerasan terhadap Frank Arnesen.

Di laga grup lawan Skotlandia, mereka cuma bisa imbang 0-0. Mereka tersingkir dari Piala Dunia tanpa lolos dari penyisihan grup.

6. Prancis (2010)

EMPICS Sport
EMPICS Sport

France's Thierry Henry (right) apologises to his teammates after a missed chance

Yang satu ini juga aneh. Bisa-bisanya Prancis jadi tim juru kunci di Grup A Piala Dunia 2010 bareng Uruguay, Mexico, dan tuan rumah Afrika Selatan.

Pasukan Raymond Domenech cuma bisa imbang lawan Uruguay dan kalah kontra Mexico dan Afrika Selatan. Hasil yang mengenaskan mengingat Les Blues hampir rutin jadi favorit juara.

Tapi lolos dari grup aja mereka nggak bisa. Hasil itu juga nggak sepadan dengan usaha mereka di Piala Dunia 2006 yang berhasil sampe final.

FYI, demi buang sial timnas Prancis sampe ngancurin replika bus yang mereka pake di Piala Dunia 2010, lho.

5. Inggris (2010)

Inggris ngalamin nasib yang kurang lebih sama kayak Prancis. Inggris saat itu punya segudang pemain muda yang lagi ngerasain masa emasnya.

Wayne Rooney, Steven Gerard, Frank Lampard, Ashley Cole, dan masih banyak lagi. Kala itu Inggris masih ditangani Fabio Capello. Inggris berhasil lolos ke babak 16 besar.

Tapi jangan lupa, The Three Lions pernah bersusah payah ngelawan Aljazair di babak penyisihan grup.

Di babak 16 besar mereka kalah dari Jerman dengan skor 1-4. Yang konyol, Inggris mengulangi kesalahan yang sama dengan kalah di babak knock out 16 besar di Piala Dunia 2006. Saat itu Inggris kalah ngelawan Portugal lewat adu penalti.

Dan kenangan yang paling buruk dari Piala Dunia 2010 adalah dianulirnya gol indah Frank Lampard.

4. Bolivia (1950)

Pertama kali ikut Piala Dunia di tahun 1930, wakil dari Amerika Selatan ini pernah dibantai Brazil dan Yugoslavia dengan skor 4-0.

Di 20 tahun berikutnya, Bolivia ikutan Piala Dunia lagi dan langsung dilibas Uruguay di babak penyisihan grup dengan skor 8-0.

Uniknya, Bolivia ikutan lolos bareng Cile ke babak knock out gara-gara Argentina pernah ngundurin diri dari Piala Dunia.

3. Swedia (1990)

AFLO
Juha Tamminen

FIFA World Cup - Italia 199010.6.1990, Stadio Delle Alpi, Turin, Italy.Brazil v SwedenTaffarel (

Generasi emas Swedia bukan pas zamannya Ibrahimovic, sob! Saat Piala Dunia 1990 yang berlangsung di Italia, Swedia ikut dengan skuad pemain bintang pada zamannya.

Sebut nama-nama macemJohnny Ekstrom, Roland Nilsson, Tomas Brolin, Anders Limpar, Swedia yang belom pernah nyabet Piala Dunia jadi timnas yang cukup ditakuti.

Tapi sekali lagi dipenuhi banyak pemain muda berbakat, Swedia langsung dihajar Brazil 2-0 dan Skotlandia 2-1 di babak penyisihan grup.

"Pola pikir kami sangat rapuh," kata Olle Nordin pelatih Swedia saat itu.

2. El Salvador (1982)

DPA
Karl Staedele

Putting a nill behind the one on the scoreboard - the final score: Hungary wins this 1982 FIFA World

Ini dia kekalahan terburuk di Piala Dunia. Ikutan World Cup dengan gelar runner-up Piala CONCACAF dan kiper termuda yang pernah bergabung di tim nasional buat Piala Dunia, El Salvador justru pulang di babak penyisihan.Pada pertandingan pertama lawan Hungaria, El Salvador justru kalah sangat telak 10-1. Hehehe, itu main sepakbola apa main gundu ya. Kekalahan itu adalah yang terburuk sepanjang sejarah babak final Piala Dunia.Di pertandingan selanjutnya lawan Belgia, El Salvador cuma kalah tipis 1-0 dari gol yang dicetak Ludo Coeck. Pada pertandingan terakhir melawan Argentina, El Salvador kalah 2-0, dengan satu gol dari titik penalti. Duh, ngenes amat, sob!

1. Zaire (1974)

Saking parahnya penampilan Zaire waktu Piala Dunia 1974, banyak yang bilang kalo mereka cuma jadi 'badut' Piala Dunia.

Permainannya mereka yang primitif dan kelakuan para pemainnya yang terkenal badung bikin negara tersebut jadi tercoreng di sepakbola internasional.

FYI, saat Piala Dunia 1971 yang adalah Piala Dunia debut mereka, para pemain, pelatih, dan staf nggak ada yang digaji Pemerintah. Pertandingan pertama dalam penyisihan grup, mereka kalah 2-0 lawan Skotlandia.

Masih belum kelar, Zaire harus kalah 9-0 lawan Yugoslavia. Di pertandingan ngelawan Brazil mereka kalah dengan skor 3-0. Astaga.

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya