HAI-ONLINE.COM - Virgil Abloh, pendiri label OFF-WHITE, dan Kim Jones, direktur artistik label Dior Homme, bekerja sama dengan Nike untuk memberikan sentuhan pada sepak bola dari dua perspektif yang berbeda. Bagi Abloh, sepak bola merupakan sebuah peluang untuk memadukan kenangan-kenangan masa mudanya - seperti memutar lagu-lagu hip-hop dalam perjalanan menuju pertandingan sepak bola di sekolah - dengan ketertarikannya dalam memadukan branding gaya hidup dan olahraga. Besar dan berani serta penuh dengan nuansa tanda-tanda visual. Singkatnya, koleksinya kali ini adalah diprediksikan dari perasaan yang mendalam.
Cek: 5 Artis Dunia yang Tewas Karena Bunuh Diri Setahun Belakangan“Hal yang hebat tentang istilah dan sejarah sepak bola adalah secara estetika, olahraga tersebut memiliki gayanya sendiri. Saya selalu terinspirasi oleh bagaimana tim-tim Eropa memiliki sponsor yang tertera di bagian dada. Ketika saya mengerjakan koleksi ini, saya ingin menggunakan berbagai jenis tipografi yang berbeda,” kata Abloh.
Sepatu Flyknit Zoom Fly rancangannya merupakan permulaan dari koleksi tersebut, dan tentunya kembali lagi pada desain Mercurial oleh Abloh. “Saya ingin mengisyaratkan dimana seorang pemain menendang bola. Jadi, saya menempatkan titik-titik pada sepatu tersebut; kalo Anda akan menendang bola, koordinasi kaki dan mata Anda merupakan satu-satunya peluang. Itulah hal yang dimulai pada koleksi ini, sepatu-sepatu lari ini yang serupa dengan sepatu bola di lapangan sehingga tanpa sadar Anda mulai berlatih setiap saat. Kemudian saya menggunakan estetika tersebut dari bawah hingga atas,” jelasnya.Dibandingkan melihat kostum sepak bola dari lapangan permainan, Jones melihat sebuah peluang subversi. Mengacu pada London’s Kings Road pada masa kejayaannya, Jones mencampur teknik jahitan yang nggak lazim dengan teknologi olahraga.
Koleksi Nike x Kim Jones “Football Reimagined” diluncurkan tanggal 7 Juni di nike.com dan di toko-toko pilihan secara global. Sedangkan untuk koleksi Nike x Off-White “Football, Mon Amour” diluncurkan tanggal 14 Juni di nike.com dan di toko-toko pilihan secara global.