7 Soft Skill yang Bisa Kita Dapatkan Saat Kuliah dan Bermanfaat di Dunia Kerja

By Indra Pramesti, Minggu, 18 Februari 2018 | 12:06 WIB
Ini dia 7 soft skill yang bisa kita dapatkan di kuliah dan bermanfaat di dunia kerja! (Indra Pramesti)

Saat kuliah, kita enggak hanya mendapatkan ilmu pengetahun yang bermanfaat buat hidup kita, tapi juga soft skill. Dalam dunia pekerjaan, soft skill jadi hal yang sangat diutamakan.

Selama kuliah, ternyata kita juga bisa mengembangkannya lho. Ini dia 7 soft skill yang bisa kita dapatkan saat kuliah.

(Baca juga: Wajib Gebet Cowok yang Mendukung Kesetaraan Gender. Ini 7 Ciri-cirinya!)

Teamwork adalah salah satu jenis soft skill yang paling diutamakan dalam dunia kerja, karena saat bekerja nanti kita enggak hanya bekerja seorang diri, tapi juga harus berkerja bersama tim.

Selama kuliah, kita akan menemukan banyak situasi di mana kita harus bekerja secara kelompok mulai dari mengerjakan tugas kuliah atau mempersiapkan acara kampus.

Kemampuan soal presentasi akan sangat berguna nantinya kalau kita berada di lingkungan kerja. Kita yang sering merasa nervous atau demam panggung saat berbicara di depan banyak orang, perlahan-lahan akan melatih kepercayaandiri kita supaya lebih berani lagi.

Di perkuliahan nantinya, kita akan sering menemukan tugas yang mengaharuskan kita untuk mempresentasikannya di depan kelas.

Kebiasaan kita yang suka ngaret atau enggak disiplin dengan waktu, bakal banyak dilatih nantinya pada waktu kuliah hingga magang. Di masa perkuliahan misalnya, ada beberapa dosen yang mengharuskan kita untuk datang tepat waktu atau hanya memberi waktu terlambat maksimal 15 menit jika pengin mengikuti kelasnya.

Jelas kedisiplinan kita soal waktu bakal terlatih. Ditambah lagi dengan deadline pengumpulan tugas yang ditentukan oleh dosen. Pada akhirnya, kita bisa mengatur diri kita sendiri untuk bisa mengumpulkan tugas tepat waktu.