Ajaib! Ini 5 Negara Kejutan yang Pernah Lolos ke Piala Dunia

Rabu, 06 Juni 2018 | 13:30

Hindia Belanda

HAI-Online.com - Piala Dunia selalu menyimpan kejutan. Makanya ajang sepakbola empat tahunan ini selalu ditunggu, sob!

FYI, Piala Dunia 2018 besok bakal jadi World Cup debut buat negara Islandia dan Panama, lho. Mereka berhasil jadi negara 'kejutan' dengan lolos ke Piala Dunia Rusia 2018.

Sejatinya fenomena negara kejutan yang berhasil lolos ke Piala Dunia baru sekali nggak cuma dialamin Islandia dan Panama.

Dilansir dari berbagai sumber, ini dia 5 negara yang pernah lolos ke Piala Dunia walau cuma sekali. Cekidot!

1. Zaire (Republik Demokratik Kongo)

Meski cuma sekali ikutan Piala Dunia, Zaire ninggalin satu momen kocak di Piala Dunia 1974.

Saat pertandingan terakhir kontra Brasil, Zaire tertinggal 2-0 dari Brasil, dan Tim Samba punya peluang buat nambah keunggulan lewat freekick.

Tiba-tiba seorang pemain Zaire keluar dari posisinya di pagar betis, terus nendang bola yang belum ditendang pemain Brasil. Tindakannya bikin doi dapet kartu kuning.

Usut punya usut diktator negeri mereka, Mabotu Sese Seko, nggak bakal ngizinin mereka balik kalo kalah lebih dari 4 gol.

Sebelumnya mereka udah kalah sama timnas Yugoslavia dengan skor 9-0 dan Skotlandia 2-0.

CEK JUGA NIH:5 Negara Paling Damai dan Nggak di Dunia. Indonesia Masuk Mana, Ya?

2. Kanada

Tetangga terdekat negara Amerika Serikat ini pernah lolos ke Piala Dunia 1986. Mereka juga berhasil nyingkirin Honduras dan AS di babak kualifikasi.

Sayangnya, Kanada nggak mencetak satu gol pun di Piala Dunia saat itu dan mereka udah kalah 3 kali berturut-turut. Tapi bisa kalah dengan skor 1-0 kontra Prancis saat itu bukan hasil yang buruk.

3. Haiti

Yang ini nggak parah-parah amat, sih. Soalnya di partisipasi mereka saat Piala Dunia 1974, mereka berhasil bikin dua gol, sob!

Ya walau pun dua gol itu nggak artinya. Soalnya mereka udah tiga kali kalah di babak grup oleh Italia, Argentina, Hungaria.

Emmanuel Sanon saat itu jadi 'trending topic' gara-gara berhasil ngebobol gawang Dino Zoff kiper terbaik Italia zaman itu. Nice!

4. Irak

Timnas Irak

Bisa jadi timnas Irak adalah yang paling kasihan. Saat sepakbola Irak dipegang anak Sadam Hussein, Uday Hussein, federasi sepakbola Irak makin hancur.

Konon katanya, Uday sering nyiksa para pemain timnas Irak kalo nggak dapet hasil bagus. Buset, kejem bener kan?

Meski begitu Uday berhasil bikin Irak berlaga di Piala Dunia 1986. Mereka kalah dari timnas Belgia di pertandingan terakhir mereka dengan skor 2-1.

5. Hindia Belanda (Indonesia)

Hindia Belanda

Entah sampai kapan pun, lo dan anak cucu kita pasti bakal diceritain kalo Indonesia pernah main di Piala Dunia. Hehehe, nggak salah, sih.

Cuma kita juga nggak boleh tengil, sob. Saat Hindia Belanda (Indonesia) berlaga di Piala Dunia itu cuma 'hadiah' doang. Saat itu Asia emang dikasih jatah satu tempat.

Jepang dan Hindia Belanda ngerebutin satu tiket itu. Cuma Jepang ngundirin diri saat itu. Alhasil Hindia Belanda yang berangkat.

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya