Kata Para Remaja Indonesia Tentang Mohamed Salah

Selasa, 29 Mei 2018 | 13:00
liverpoolfc.com

Mohamed Salah

HAI-ONLINE.COM - Siapa sih yang nggak tahu Mohamed Salah? Pemain berkebangsaan Mesir yang saat ini digadang-gadang menjadi salah satu pemain terbaik dunia ini selalu menjadi bahan pembicaraan para pecinta sepak bola di seluruh dunia, tak terkecuali bagi beberapa remaja SMA di Indonesia ini.

Nah, HAI sempat kepo tuh sama pendapat mereka tentang Mohamed Salah ini. Gimana sih pendapat mereka tentang Mohamed Salah sebagai seorang pemain sepakbola profesional kancah dunia yang sudah tidak diragukan lagi keahliannya. Nah berikut pendapat mereka tentang Mohamed Salah, si pemain profesional asal negeri Fir’aun ini.

CEK JUGA:Miris! Tim Muda Barcelona Terdegradasi ke Kasta Tiga Liga Spanyol

Oh iya, HAI juga sempat tanya reaksi dan pendapat mereka tentang “aksi” yang dilakukan Sergio Ramos, kapten klub Real Madrid FC, terhadap diri Moh. Salah di final Liga Champions kemarin. Simak deh.

1. Mochammad Adha Hendrinaputra – SMAN 5 Semarang

Menurut sudut pandang gue ya? Mo Salah tu kan maen di Liverpool ya? Dan Liverpool itu sendiri rival terbesar dari klub favorit gue Manchester United. Biasanya kan, pemain dari klub rival kan banyak yg gue nggak suka gitu kan? Tapi ini beda gitu loh, seneng gitu liat cara maennya sama attittude-nya dia di lapangan. Dan gue sendiri suka sih dengan bagaimana dia menjalankan ibadahnya, mensyukuri hasil pertandingannya dan yang paling keren tu bisa mencairkan "islamophobia" di Inggris gitu bro. Ga banyak pemain muslim yang bisa kayak dia dan itu yang bikin gue salut banget.

Sudut pandang orang-orang kan beda bro, ada yang bilang Ramos sengaja ada yang bilang engga. Kalo gue sih lebih bilang itu sengaja karna emang keliatan kalo dia narik tangannya si Mo Salah. Dan sebenernya secara overall gue kecewa dengan permainan (cenderung) kasar yang ditunjukkan Ramos selama pertandingan berlangsung bro. Seharusnya sih sebagai kapten dia bisa bermain lebih tenang dan berwibawa, tapi yang gue liat selama pertandingan final itu dia bermain lebih kasar dan emosi dari biasanya. Seinget gue ga cuma Mo Salah sih yang jadi korban, Karius sebelum ngelakuin blunder juga kena sikut dari Ramos. Ya apapun drama yang terjadi di lapangan,tetap hasil akhir bro yang menentukan. Terakhir, gue ucapin selamat buat Real Madrid yang berhasil juara UCL2018, bravo!

2. Muchammad Reahan – SMAN 7 Semarang

Pendapatku tentang Salah yaitu dia adalah seorang pemain sepakbola profesional yang bisa dibilang bintang dunia yang namanya melonjak sejak gabung dengan liverpool, dia juga membawa Timnas Mesir ke Piala Dunia 2018 ini dan juga membawa liverpool hingga ke pertandingan final liga bergengsi se eropa yaitu Champions League, walapun cuma menempati posisi runner up.

Tentang kejadian Ramos dan salah kemarin menurut saya, bisa dilihat bahwa Ramos terlihat sengaja menarik tangan salah yang sebelum nya sudah masuk ke pelukan Ramos, dan dapat kita lihat sejak salah ditarik keluar, permainan liverpool berubah total seakan sulit menyerang.

3. Muhammad Refanza Dinar Kurniawan – SMAN 5 Semarang

Dia pesepakbola yang luar biasa, juga pribadi yang luar biasa, karena Moh Salah adalah pribadi yang taat agama, disamping jago mengolah si kulit bundar dia juga sering mengikuti kegiatan sosial seperti membantu, menyumbangkan bantuan berupa dana dan sebagainya, dia juga dikenal ramah, tidak sombong.

Menurut saya aksi yang dilakukan Ramos itu bukan suatu kesengajaan Ramos untuk mencederai salah, itu merupakan suatu duel kontak fisik untuk memperebutkan bola. Yaa dengan berbagai penghargaan yang dia terima, dia tetap rendah hati, tidak meminta kenaikan gaji, ya kurang lebih seperti itu.

4. Galih Andhika Arya Putra - SMA Negeri 1 Babelan

Menurut gue, Mo Salah itu pemain yang emang tujuan pribadinya emang buat main bola. Doi ga masalah waktu dibuang Chelsea trus main di tim sekelas Fiorentina. Yang penting dia bisa tetep main bola. Ga melulu harus main di tim gede. Dan itu semua keliatan hasilnya sekarang. Kematangan doi terus tumbuh, pindah ke Roma, dan sekarang di tim dengan sejarah sebesar Liverpool. Usaha dan kesabaran emang ga menghianati hasil. Menurut gue Mo Salah sekarang boleh disebut jadi salah satu pemain terbaik di dunia. Kalo dia bisa konsisten, bukan ga mungkin doi buka era baru dan nutup eranya Messi-Ronaldo.

Kalo tentang cederanya Mo Salah kemaren, jujur sih gue sendiri di final kemaren dukung Madrid ya. Tapi bukan mau belain Ramos juga, coba deh perhatiin itu tangannya Mo Salah yang nyangkut di ketek Ramos tuh tangan kanan. Tapi Mo Salah cederanya di bahu kiri, jadi cederanya faktor pendaratan pas doi jatoh. Semoga doi cepet sembuh dan bisa lanjutin penampilan di Rusia nanti. Siapa tau jadi top scorer kan! Get Well Soon Akhi Salah!

5. Krisna Wijaya – SMAN 5 Semarang

Kalo menurut gue sih kemaren sebenernya sebagai ajang yang cukup besar karna rakyat anfield yang merupakan mayoritas beragama non muslim bersumpah untuk memeluk islam jika moh salah mencetak gol lagi. disini moh salah dapat diartikan sebagai wajah baru seorang tokoh besar yang dapat membawa sisi dakwah bagi islam walaupun utamanya dia hanya berprofesi sebagai pemain sepakbola. jadi moh salah merupakan salah satu tokoh besar islam di era modern.

Terus kalo soal kemarin tentang kejadian ramos sama salah ya sebenernya itulah sepakbola, dimana ada kontak fisik antar pemain. namun dalam sisi lain disini memang semua orang mengharap tetang " fair play " yang seolah olah tidak ada penghormatan ramos tentang itu. dimana sebenarnya banyak hal licik lain yang dilakukan ramos contohnya saat ramos menyikut kepala kurius saat corner kick. namun itulah sepakbola, dimana banyak kontroversi didalamnya. jadi hanya bisa dipandang dari sisi yang berbeda.

6. Aryadewa Nugrahadinusra Prayoga – SMAN 9 Semarang

Doi itu pemain yg kerenlah, mainnya asik gitu, dan menurut gue mainnya agak susah ditebak. Ya tadi, mainnya asik trus santai. Dan dia bisa tampil baik di klub mana aja. Kan ada tuh pemain yg agak susah kalo pindah klub.

wah itu yang bikin sedih, katanya itu disengaja sama si Ramos tapi gatau deh. Kasian pokonya wkwk, dan kayanya doi bakal absen piala dunia.

7. Nicholas Riyando Adi Nugroho – SMAN 5 Semarang

Kalo menurut gue ya wkwk, moh salah itu dia punya mental yg kuat, dia juga mudah beradaptasi, dari yg awalnya klub di liga prancis dengan gaya bermain ala prancis, dia bisa dengan cepat beradaptasi dengan gaya bermain di liga inggris, kenapa aku bilang dia punya mental yg kuat? Ya, dia dari nol bro, dari klub jelek, dia mau berkembang kayak ronaldo, dia masih muda tapi bisa cetak rekor, bisa bawa liverpool klub barunya bisa maju ke final eropa padahal dia pindah ke liverpool baru musim ini, oh ya lupa, dia juga taat agama, sering aku denger berita kalo dia ninggalin pertandingan buat sholat wajib, dan itu menurutku joss bangettt.

Menurut guee ya ini, itu sih emang gaada yg salah, musibah yg didapat Mohamed Salah, Ramos memang niatnya mau membuang bola kan, kalo semisal gak di press sama Ramos gitu, itu mungkin udah kebobolan madrid, jadi menurutku itu yaa musibahnya mosalah sihh emang bek tugasnya kan ya juga kayak gitu ndelalah jatuhnya malah membuat mo salah cedera.

8. Ardhan Figo Ramadhan – SMAN 5 Semarang

Menurut saya ituMoh Salah adalah pesepakbola yang hebat, dia dapat membuktikan kehebatannya dengan membawa Liverpool menjadi finalis Liga Champions yang notabennya tidak diungggulkan, selain itu dia juga mengokohkan diri sebagai top score dan best player English Premier League, ternyata selain menjadi pesepakbola yang hebat, dia juga sosok yang taat beragama, dan dia juga aku anggap pesepak bola yang keren. Iya keren, kenapa keren? Secara tidak disengaja dengan kesuksesan tersebut dan ketaatan beragama tersebut dia melakukan dakwah agamanya dengan hobinya yaitu sepak bola, padahal di eropa banyak Islamphobia namun dia berhasil memperbaiki nama Islam di eropa bahkan banyak orang di Eropa ingin masuk islam karena kesuksesan Moh Salah.

Wah kalo ramos ya? Menurut saya itu bukan pelanggaran Sergio Ramos. Kalo anda bisa mencermati lagi tangan Moh Salah lah yang memegang tangan Sergio, selain itu juga Sergio tidak ada pikiran menciderai Moh Salah, menurut saya itu adalah kerja seorang pemain belakang yang menjaga ketat pemain lawan dan jika anda cermati lagi tekel Sergio itu bersih karena kaki sergio berhasil mengenai bola terlebih dahulu.

(Sebastian Sormin)

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya