Ini 5 Fakta Masinis Kereta Api yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Minggu, 27 Mei 2018 | 20:00

Masinis kereta api

HAI-ONLINE.COM- Pulang kampung lebaran tahun ini mau naik apa nih sob? Pesawat? Mobil? Atau kereta? Yang naik kendaraan umum seperti pesawat dan kereta pastinya udah pesen tiket dari sekarang kan?
Untuk yang naik kereta, kalian pasti nggak sadar kalau ternyata ada 5 fakta menarik yang banyak orang nggak tau tentang sang pengendara kereta api atau lebih dikenal sebagai masinis. Mau tau apa aja? Langsung aja nih simak!
1. Menjalani Pendidikan Khusus
Untuk menjadi seorang masinis, kita harus menjalani pendidikan khusus. Pendidikan khusus ini diadakan di Balai pelatihan Teknik Traksi (BPTT), di Yogyakarta. Di sini, para calon masinis akan menerima pendidikan tentang kereta api.
2. Asisten Masinis
Setelah menyelesaikan pendidikan khusus, kita harus magang dan bekerja sebagai asisten masinis. Jadi, kita tidak bisa langsung menjadi seorang masinis.
Selama menjadi sisten masinis, kita harus menyelesaikan tugas menjadi asisten selama 2000 jam. Setelah bertugas selama 2000 jam, baru kita bisa mengajukan diri menjadi seorang masinis.

UDAH TAU BELUM? Canggih! Wireless Charger Ini Bisa Untuk Charge sampai 5 Gadget

3. Menjalani Tugas yang Berat

Tugas masinis terlihat mudah, padahal tugas masinis termasuk berat, loh. Bayangkan, untuk mengerem kereta saja, masinis harus menghitung dan melakukannya dengan cepat. Kalau tidak, kereta tidak akan berhenti di tempat yang tepat.

4. Mengendalikan Kecepatan

Rel kereta api itu ada banyak arahnya, tempat berdirinya rel juga berbeda. Karena itu, masinis harus bisa mengendalikan kecepatan kereta dengan baik.

Ada saat di mana kereta harus dijalankan dengan lambat karena rel berada di tanah pegunungan yang lembek.

Ada juga saat di mana kereta bisa dijalankan agak cepat karena rel berada di tanah datar yang kokoh dan luas.

5. Perjalanan Panjang

Saat bertugas,masinisbiasanya melakukan tugas panjang. Tugas panjang ini bisa berlangsung sekitar dua hari, lo, teman-teman.

Selain melakukan perjalanan panjang,masinisjuga harus melakukan perjalanan di waktu-waktu penting. Misalnya, saat hari raya keagamaan.

Jadi, saat kita mudik menggunakan kereta untuk lebaran, beberapamasinistidak mudik karena harus mengantarkan kita ke kampung halaman.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Suka Naik Kereta? Ini 5 Fakta Seputar Masinis yang Jarang Diketahui"

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya