5 Fakta MI6, Organisasinya James Bond Dunia Nyata yang Nggak Banyak Diketahui

Selasa, 22 Mei 2018 | 11:15
moviehype.com

Ini Fakta MI6 yang Nggak Banyak Orang Tahu

HAI-Online.com - Buat lo yang ngaku pecinta film action, pastinya nggak asing sama film action klasik macam James Bond. Yap, film yang nyeritain tentang keberanian secret agent berkode 007 itu emang selalu menyita perhatian.

Sebagaimana yang kita tahu, James Bond sendiri bekerja di secret service terbaik Inggris (bahkan dunia) bernama MI6. FYI, MI6 ini beneran ada, lho, bukan cuma film.

Dengan motto Semper Ocultus yang artinya 'selalu rahasia', MI6 ngejalanin tugasnya sebagai salah satu badan intelijen Inggris.

Penasaran kan soal 'rahasia' MI6? Dilansir dari Watch Mojo, berikut 5 fakta soal MI6 yang nggak banyak orang tahu. Cekidot!

1. Markas MI6

Pinterest

Markas MI6

Buat yang ngefans sama film James Bond, pastinya tahu sama markas MI6 yang muncul di film The World is Not Enough dan Skyfall. Well, bangunan itu nggak cuma ada di film dan beneran di pakai buat operasi MI6.

Dipakai sebagai markas MI6 sejak 1995, bangunan itu berada di Vauxhall Cross, Singai Thames, kota London. Sebagian besar aktivitas MI6 berbasis underground alias di bawah tanah.

FYI, gedung itu pake tiga lapis kaca buat pertahanan. Gedung itu juga punya terowongan buat ke arah Whitehall. Gedung itu juga pernah jadi target pengeboman antara lain peluncuran roket tahun 2000 dan bom parcel saat 2007.

2. Inggris nggak cuma punya MI6

Sebagaimana yang lo tahu, MI6 nggak bergerak sendirian sebagai badan keamanan negara Inggris. Ada juga MI5 yang juga bekerja sama dengan MI6. Tapi dua organisasi itu punya fokus yang berbeda, sob!

Baik MI6 dan MI5 punya lembaga-lembaga lain yang mereka bawahi, macam MI7, MI4, dan MI2. MI2 punya fokus sebagai intelijen Rusia dan Skandinavia, MI4 punya tugas mengintai jalur udara Inggris, sedangkan MI7 yang ngurusin propaganda.

Sedangkan MI6 mirip banget sama CIA yang fokusnya intelijen luar dan dalam negeri. Tapi nggak ada tau ada berapa jumlah secret agent MI6. Ya bisa jadi orangnya macem-macem James Bond gitu, ganteng, playboy dan tajir parah. Hehehe..

3. Banyak mantan MI6 yang jadi politisi, aktor dan penulis

Mungkin lo sering denger kalo ada politisi otoriter, aktor dan penulis yang sebelumnya pernah kerja di MI6 atau organisasi secret service tertentu. FYI, beberapa kasus emang bener adanya.

Salah satunya novelis terkenal John le Carre yang nulis novel“The Spy Who Came in From the Cold” dan “Tinker Tailor Soldier Spy” yang filmnya jadi blockbuster hollywood. John le Carre pernah kerja di MI6 dan MI5.

Kemudian doi keluar gara-gara dikhianati double agent Kim Philby, dan jadi penulis full time. Di luar MI6 ada Roald Dahl yang juga mantan anggota secret service. Dan jangan lupa pencipta karakter James Bond, Ian Fleming juga pernah kerja di secret service organization.

4. Ian Fleing adalah James Bond

The Guardian

Ian Fleming

Buat yang cinta mati sama karakter James Bond, pastinya tau kalo Ian Fleming adalah orang yang nyiptain tokoh fiktif tersebut. Kenapa karakter James Bond bisa digambarin sangat detail?

Soalnya Ian Fleming sendiri pernah kerja di British Naval Inteligence (semacam intelijen angkatan laut gitu, sob). Saat masih kerja di organisasi itu, Ian punya tugas yang berbeda dari agent lainnya.

Hal itu yang bikin doi punya pengetahuan yang dalem buat bikin karakter 007. Sifat dan jalan cerita James Bond diilhami dari kehidupan nyata Ian Fleming dan teman-temannya di British Naval Inteligence.

Fleming juga masukin beberapa sifat pribadinya ke James Bond termasuk cintanya pada perjudian.

5. Gawai yang canggih parah

Pinterest

Gawai-gawai James Bond

Kalo lo termasuk orang yang bangga pake produknya Apple, coba, deh, adu kecanggihan gadget lo sama gawainya karyawan MI6. Pasti nggak ada apa-apanya, sob! Hehehe..

Gadget agent MI6, tuh, canggihnya kelewatan. Kelihatannya, sih, ponsel jadul gitu. Mereka punya handphone yang bisa jadi remote, jam laser, korek api yang ada kameranya, pulpen yang nyimpe gas air mata, pokoknya bener-bener ajaib, deh!

Tertarik jadi karyawan MI6?

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya