Waspada! Ternyata 10 Profesi Ini Disukai oleh Banyak Psikopat

Senin, 21 Mei 2018 | 21:25
businessinsider.sg

HAI.Online.com - Psikopat pada umumnya sulit untuk dikenalikarenaseringkali psikopat tampak normal.Dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, atau DSM-5, seseorang dengan tipe kepribadian psikopat didefinisikan memiliki perasaan senang yang berlebihan untukmemanipulasi orang lain.Satu hal yang psikopat cenderung memiliki kesamaan adalah karir yang mereka tempuh.

Misalnya,kalian akancenderung menemukan banyak dari mereka dalam posisi kepemimpinan karena kebengisan, karisma, dan keberanian mereka.

Mereka sangat pandai membuat keputusan cepat, tetapi tidak begitu baik dalam profesi yang berhubungan dengan empati seperti keperawatan atau terapi.

UDAH TAU BELUM?Waspada! Ini 4 Tanda Sifat Psikopat yang Mungkin Aja ada di Temen Lo

Kevin Dutton, seorang psikolog dan penulis Inggris,seorang spesialis dalam studi psikopati. Dalam bukunya “The Wisdom of Psychopaths: What Saints, Spies, and Serial Killers Can Teach Us About Success,” dia membuat daftar jenis pekerjaan yang menarik kebanyakan psikopat."Psikopat fungsional," Dutton menyebut mereka, "menggunakan kepribadian mereka yang terpisah, tegar, dan karismatik untukberbaur dalam masyarakat umum." Dengan kata lain, psikopat sering hidup sebagai orang normal dengan beberapa ciri yang membuat mereka berbeda.

Berikut 10 pilhan karir para psikopat diurutkan dari yang terbawah, dilansir daribusinessinsider.sg. Tetap waspada, guys! Heuheu...

10. Pegawai Negeri

Pada tahun 2014, pejabat Pemerintah Inggris mempertimbangkan merekrut psikopat khusus "untuk menjaga ketertiban," karena mereka "sangat baik dalam krisis" dan tidak ada perasaan untuk orang lain, atau kode moral, dan cenderung sangat cerdas dan logis.

9. Chef

Psikopat berkembang dalam kekacauan di mana orang lain mungkin gagal, yang mungkin menjadi salah satu alasan bahwa mereka bekerja sangat baik di dapur yang sibuk.

8. Pendeta

Kenyataannya adalah organisasi keagamaan dapat menyediakan sarana bagi seseorang untuk mengeksploitasi orang lain, sementara juga memberikan legitimasi terhadap tindakan mereka. Juga, mudah untuk membuat aliansi, yang dapat memberi orang manipulatif memperoleh akses ke informasi sensitif.

7. Petugas Kepolisian

Petugas polisi memiliki pekerjaan yang sangat intens dan berbahaya, jadi itu adalah manfaat besarbagi seseorang yang merasa tenangdalam krisis. Ini bisa menjadi alasanpetugas kepolisian adalah pilihan karir yang populer untuk psikopat.

6. Jurnalis

Duttonmenyebutkan beberapa ciri psikopatyaituberkharisma, fokus, perhatian, kejam, dan aksi- yang semuanya merupakan keuntungan dalam jurnalisme, terutama ketikaseseorang memiliki tenggat waktu yang ketat dan harus mendapatkan jawaban dari sumber.

5.Ahli bedah

Kekebalanterhadap stres adalah ciri kepribadian dokter yang paling penting, dan ahli bedah faktanya harus membuat keputusan yang cepat dan sulit setiap hari.

4.Pramuniaga

Seorang psikopat yang bekerja dalam bidang penjualan mungkin menunjukkan sifat-sifat seperti promosi diri yang tidak tahu malu, mencuri kontak orang lain, hasrat yang tak kenal lelah untuk mendapatkan uang paling banyak,serta ketidakmampuan untuk menjadi pemain dalam tim.

3.Orangmedia di TV atau radio

Beberapa psikopat juga suka narsis, yang bisa dibilang berguna dalam pekerjaan yang membutuhkan banyak fokus publik. Popularitas pilihan karir ini untuk psikopat juga bisa karenadalam membawakan acara TV atau radio juga mengharuskan untuk tetap tenang dalam menghadapi tekanan.

2. Pengacara

Seseorang yang menganggap dirinya sosiopat mengaku bahwa menjadi sosiopat membuatnya menjadi pengacara yang lebih baik.Sifat-sifat psikopat seperti kepercayaan diri, hati yang dingin, dan pesona yang menipu mungkin berguna bagi pengacara, dan sifat-sifat ini saja mungkin sudah cukup. Namun dalam konteks yang tepat,hal tersebutbisa membuat seseorang sangat tangguh.

1. CEO

Psikopat memiliki sesuatu yang disebut “ketahanan terhadap kekacauan.” Ini tidak hanya berarti mereka tetap tenang di bawah tekanan - mereka juga kadang-kadang menciptakan malapetaka bagi orang lain, karena hal itu membuat mereka terlihat baik ketika semua orang di sekitarnya sedang kesusahan. Beberapa psikopat mungkin menggunakan metode ini untuk menaiki tangga karier sampai ke puncak.

Editor : Rian Sidik

Sumber : businessinsider.sg

Baca Lainnya