Aneh tapi Nyata! 5 Kasus Kriminal Ini Berhasil Dipecahkan Cuma Lewat Internet

Kamis, 17 Mei 2018 | 20:00

HAI.GRID.ID -Idememecahkan masalah ala detektif amatirdi waktu luang memang menarik.

Kemudian, internet muncul. Semua orang bisa berkomunikasi dan bisa menjadi sosok detektif online sewaktu-waktu.Hal-hal yang mereka lakukan punberguna untuk membantu pihak berwenang menyelesaikan kejahatan.

Dari laptop yang dicuri hingga kasus pembunuhan dingin yang sudah berumur puluhan tahun, inilah yang dapat terjadi ketika orang biasa menggunakan internet untuk menyelesaikan kejahatan yang tidak bisa atau tidak diinginkan oleh polisi.

1. Ketika seseorang mencuri laptop, pemiliknya dapat menyalakan kamera laptopnya danmemberitahu internet siapa yang mengambilnya.

thisisinsider.com

Seorang pria mendapatkan laptopnya kembali berkatfollowersTwitter-nya.

Pada tahun 2011, konsultan web asal Kanada, Sean Power, dicuri tasnya saat berada di tengah-tengah penerbangan pulang ke Toronto.

Di dalamnya adalah MacBook Pro miliknya yang berharga.Empat hari setelah kejadian, alat pelacak gratis bernama Preymengirimkan peringatan bahwaada yang sedangmenggunakan laptopnya disebuah bar di Manhattan.

Bonus:aplikasi tersebut memberinya screenshot aktif dari laptopnya - dan kemudian menyalakan kamera laptop sehingga dia bisa melihat apa yang terjadi.Power, yang memiliki sekitar 12.000followers Twitter pada saat itu, segera memberi tahu Twitter dan followerstentang kasus ini.

Karena Power tidak mengajukan laporan polisi, polisi tidak terlibat dalam hal ini.

Followers Twitter Power mampu mengembalikan seluruh isi tas tanpa insiden apapun.

CEK JUGA NIH:Langka! 7 Hewan Imut Ini Ternyata Benar-Benar Ada di Kehidupan Nyata

2.Ketika seorang gadis 17 tahun melarikan diri, ayahnyamenggunakaninternet untuk membantu mencari putrinya kembali ke rumah dengan selamat, dan itu berhasil.

thisisinsider.com

Pada tahun 2011, Haley Wilsonadalah anak perempuanberusia 17 tahun yang tinggal di Amarillo, Texas.

Tepat setelah Natal, dia memutuskan untuk melarikan diri dan meninggalkan pesan untuk ayahnya.Ayahnya, Ray, putus asa. Namun alih-alih hanya mengisi laporankepada polisi, dia juga memutuskan untuk menggunakan semuaperangkat online yang dimilikinya.Dia menggunakanYouTube, Facebook, dan Twitter untukmemposting video, yang dengan cepat menjadi viral.Tidak lama setelah itu, Haley ditemukan aman dan sehat di Carlsbad, California.

3.Mengungkapkan siapa pelaku kasus tabrak larifatal bisa sangat sulit, sampai ketika para ahli mobil di situs Jalopnik yang terlibat.

thisisinsider.com

Mengatakan kepada seseorang bahwa ciri-ciri sebuah kendaraan adalah mobil "Ford model lama yang berwarna biru" tidak mempermudah suatu pencarian.

Namunbagaimana jadinya jikamemberikan identifikasi bagian mobil tersebutkepada sebuah kelompok kecil yangmendedikasikanhidup mereka untuk mendiskusikan segala hal rumit nan mendetailtentang otomotif?Pada 2012,pengguna forum di situs otomotif Jalopnik membantu Departemen Kepolisian Waynesboro Virginia memecahkankejadian tabrak lari fatal dengan mengidentifikasi secara tepat bagian yang jatuh dari kendaraan yang bersangkutan.Bagian yang ditanyakantersebut bisa berasal dari truk pickup Ford F-150 tahun 2000 dan dari informasi itu duapelaku tabrak lari tersebutdapat ditangkap.

4.Sekelompok orang memukuli dua pria sampai parah karena gay di Philadelphia pada tahun 2014. Twitter memecahkanpetunjuknya dan memberikan informasi tersebut kepada polisi.

thisisinsider.com

Pada tanggal 11 September 2014 di Philadelphia, polisi mengatakan bahwa dua pria berusia 20-an dipukuli dengan kejam oleh setelah sebuah kelompok itu membuat komentar yang menghina orientasi seksual mereka.

Salah satu korban menderita luka sangat parah sampai harusdioperasi rahangnya.Untuk membantu melacak para pelaku, pihak berwenang merilis video pengawas pada saat insidentersebut dan tidak lama kemudian parapengguna Twitter di Philadelphia bekerja mengidentifikasi para pelaku yang mungkin melalui media sosial check-in.Setelahmereka mengumpulkan cukup bukti, mereka memberi tahu Departemen Kepolisian Philadelphia dan menyerahkan kasus ini kepada pihak berwenang.

5.Tidak mengetahui kondisi keluarga yang sekian lama menghilang tentumenjadi beban, tetapi tidak ketika detektif online masuk dan mencocokkan jenazah yang tidak diketahui identitasnya dengan kasus orang hilang.

thisisinsider.com

Pada tahun 1979, seorang wanita bernama Paulette Jaster menghilang tanpatanda-tanda dari sebuah kota kecil di Michigan.Hingga 2014, keluarga Jaster tidak tahu apa yang terjadi padanya.

Saat itulah antropolog forensik Sharon Derrick menerimainformasidari internet tentangsesosok mayat wanita tak dikenalyang ditemukan di Harris County, Texas.Akhirnya, Derrick dapat mengkonfirmasi dengan foto-foto otopsi lama dan bintik-bintik bahwa tubuh itu adalah Jaster, yang telah menjadi korban kecelakaan tabrak lari yang fatal.

Meskipunterpecahkan 35 tahun setelah kejadian itu,kabar tersebut melegakankeluarganya.

Editor : Rian Sidik

Sumber : thisisinsider.com

Baca Lainnya