Wah! Ini 7 Sosok Superhero Muslim yang Ada di Komik Marvel dan DC

Kamis, 17 Mei 2018 | 13:00
digitalspy.com

HAI.GRID.ID -Dalam komik danbeberapa budaya populer lain, representasi suatu identitas merupakan hal yang penting.

Karakter fiktif yang kemudian dibuat, kebanyakan bukan sekedar karakter,mereka juga berfungsi sebagai cermin bagi dunia di sekitar kita dan untuk diri kita sendiri.

Hal ini sangat penting ketika karakter fiktif pun dapat memengaruhi orang-orang asliyang diwakilinya.

Seperti halnya ajaran Islam, penganut agama Islam nggak hanya ada di dunia kita saja, namunjuga direpresentasikan di dunia komikdengan karakter-karakter superhero yang beragama Islam.

Berikut7 karakter Muslim dalam komik yang HAI lansir dari CBR.com.

Hmm..., kira-kira ada ceita ketika mereka lagi puasa, nggak, yha? Hehehe....

UDAH TAU BELUM?Marvel Studios Berencana Merilis Film Superhero Wanita Muslim Pertama

1.KAMALA KHAN (MS. MARVEL)

cbr.com

Berasal dari New Jersey City, ia adalah seorang remaja wanita keturunan Pakistan dan berusaha menyeimbangkantugasnya sebagaipahlawan dengananak sekolah dalam kehidupan pribadinya.

Bagian dari kehidupan pribadinya itutermasuk mempraktekkanajaran Islamnyadengan teman-teman dan keluarganya yangmembuatkarakter superhero ini menarik.

2.SIMON BAZ (GREEN LANTERN)

cbr.com

Simon Baz adalah seorang Amerika Lebanon yang menjadi anggota Muslim pertama dari Green Lantern Corps.

Beranjak dewasa, Baz dianiaya karena etnisnya yang berhubungan denganserangan 9/11.

Kemudian ia dipilih untuk menjadi Green Lantern setelah mencoba menyelamatkan banyak nyawa dengan mengendarai mobil curian yang dipenuhi dengan bahan peledak ke sebuah pabrik mobil kosong.

CEK JUGA NIH:Ini 10 Villain Terbaik dalam 10 Tahun Marvel Cinematic Universe

3.BILAL AISSELAH (NIGHTRUNNER)

cbr.com

Bilal Aisselah adalah seorang pemuda biasa dari Paris yang memutuskan menjadi vigilante bernama Nightrunner dengan kemampuan parkour yang dimilikinya setelah kematian seorang temannya.

Setelahbertemu dengan Batman dan Dick Grayson, ia dianggap sebagai perwakilan Batman di Prancis.

Dia juga menerima apartemen penthouse dengan pangkalan rahasia dan peralatanuntuk menumpas kejahatan dari Bruce Wayne serta pelatihan khusus dari Dick Grayson.

4.MONET ST. CROIX

cbr.com

Monet St. Croix adalah mutan dengan berbagai kemampuan, seperti kekuatan super, kekebalan, ketangkasan, dan kecepatan.

Dia juga memiliki kekebalan, regenerasi, memori fotografi, kemampuan untuk melayang dan terbang, dan kekuatan telepati.

Dia telah menjadi anggota dari berbagai cabang X-Men, termasuk "Generation X”dan “X-Factor Investigations

KetikaMonet adalah anggota "X-Factor," terungkap bahwa dia adalah seorang Muslim dengan mempertahankan agamanya pada protes anti-Muslim yang mirip dengan protes masjid Ground Zero yang terjadi pada tahun 2010.

5.SOORAYA QADIR (DUST)

cbr.com

Soorayah Qadir adalah mutan lain yang kemudian menjadi anggota X-Men.

Awalnya lahir di Afghanistan, ia menyadari bahwa ia memiliki kekuatan untuk berubah menjadi zat seperti pasir setelahdiserangoleh seorangyang memperjual belikanbudak yang mencoba melepaskan niqabnya.

Ketika Soorayah berubah, iaselalu menyebut kata"Turaab,"dari bahasaArab yang berarti debu (Dust), lalusejak itulah ia dikenal dengan nama Dust.

Soorayah juga memilih untuk mengenakan pakaian tradisional Islam demi kesopanan.

6.DR. FAIZA HUSSAIN

cbr.com

Pertama kali muncul dalam seri komik “Captain Britain and MI: 13”, Faiza Hussain adalah seorang dokter yang memperoleh kemampuan untuk mengendalikan setiap organisme yang hidup setelahterkena laser dari senjata Skrull.

Selain kekuatan ini, dia juga menjadi pengguna pedang legendaris Excalibur dan menggunakannya untuk melawan vampir setelah menjadi anggota MI: 13 dan menjadi pelayan dari Black Knight.

Dia sempat menjadiCaptain Britainketika Captain Britain yang asli Brian Maddock ketakutan apabila dia akan mati dalam pertempuran selama event "Age of Ultron".

7.MONICA CHANG

cbr.com

Kebanyakan orang mengaitkan nama Black Widow dengan Natasha Romanoff, tetapi ada beberapa karakter lain yang menggunakan nama Black Widow.

Salah satunya adalah Monica Chang, yang menjadi Black Widow di Ultimate Marvel Universe dan juga mantan istri Nick Fury.

Dia punya satu anak dengan Nick bernama Julius Chang. Sebagai Black Widow, ia bekerja dengan Avengers untuk merebut kembali Captain America dan juga melawan Red Skull.

Dia juga menangkap dan merekrut Punisher ke The Avengers.

Dalam dunia mainstream Marvel, Monica Chang muncul dalam seri "Avengers A.I.", di mana dia adalah kepala S.H.I.E.L.D divisi A.I.

Bersama Henry Pym, Doombot, Victor Mancha, dan Vision, dia bertarung melawan ancaman kecerdasan buatan bernama Dimitrios. Dalam seri inilah terungkap bahwa dia seorang Muslim.

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya