Salut! Ini 10 Momen Terpenting Wenger Selama Ngelatih Arsenal #WengerOut

Senin, 23 April 2018 | 11:00
Hai Online

Ini 10 Momen terpenting Arsene Wenger

HAI-Online.com - Arsene Wenger akhirnya memenuhi tuntutan fans The Gunners untuk hengkang di akhir musim ini. Yah, walau pun mengakhiri karir dengan kondisi yang diharapkan, fans Meriam London nggak boleh ngelupain jasa The Professor.

Datang dari Negeri Sakura, Wenger berhasil ngubah budaya sepakbola yang selama ini jadi tradisi Liga Inggris. Permainan taktis dan ofensif ala Wenger emang patut diwaspadai.

Ngomongin soal jasa Wenger, banyak banget momen-momen penting The Frenchman bareng Arsenal. Seenggaknya 10 momen ini harus selalu dikenang sebagai sumbangsih paling berpengaruh buat klub asal London Utara ini.

Apa aja, sih, momen itu? Dilansir dari FourFourTwo, inilah 10 momen tersebut. Cekidot!

1. Arsenal vs Spurs, November 1996 (3-1)

Baru udah bulan menukangi Arsenal, Wenger langsung ngadepin tugas berat. Yap, harus menangin derby London Utara kontra Tottenham Hotspurs. Main di tengah hujan deras, kedua tim harus imbang 1-1 sampai menit 85. Tendangan voli keras Tony Adams gagal dihalau kiper Spurs saat itu.

Saat injury time, Dennis Bergkamp tega ngelakuin tendangan melengkung yang berbuah gol dan ngubah skor jadi 3-1. Kepercayaan publik Highbury saat itu terbayar rasanya.

2. Arsenal vs Everton, Mei 1998 (4-0)

Nggak ada yang lebih membahagiakan sebagai fans selain ngelihat timnya mastiin juara liga di kandang sendiri. Hal itu pernah dirasain fans The Gunners. Penampilan luar biasa Marc Overmars adalah kunci The Gunners bisa ngebantai The Toffees.

Setelah tendangan keras Tony Adams yang sebelumnya ngontrol bola pakai dada, Arsenal mastiin gelar Liga Inggris pertama mereka di kandang mereka sendiri.

3. Arsenal vs Liverpool, Mei 2001 (1-2)

Sejatinya permainan dominan Wenger kelihatan 'percuma' nggak cuma akhir-akhir ini terjadi. Saat final Piala FA Mei 2001, Arsenal yang mendominasi laga gagal meraih juara. Michael Owen adalah biang kerok dari kegagalan Arsenal. Dengan gampangnya, Owen seakan bilang,"pertahanan Arsenal tua dan rapuh."

4. MU vs Arsenal, Mei 2002 (0-1)

Di tahun 2002, Wenger mastiin gelar Liga yang kedua di hadapan pendukung Manchester United. MU seakan nggak berkutik gara-gara tempo permainan mereka diatur sama anak-anak asuh Wenger. Tendangan Ljungberg yang berhasil ditepis Barthez ditendang lagi sama Sylvain Wiltord. MU harus ikhlas The Gunners juara Liga untuk kedua kalinya.

5. Arsenal vs Chelsea, April 2004 (1-2)

Sama-sama klub asal London, namun kedua tim punya kekuatan finansial yang beda, guys. Waktu main di Highbury laga perempat final Liga Champions 2004, Chelsea berhasil 'nelanjangin' Arsenal dengan skor 1-2. Kekalahan itu terasa menyakitkan. Soalnya seakan-akan Chelsea kayak bilang,"Lo boleh dominan di Inggris, tapi di Eropa ente bukan siapa-siapa." Duh, sakit!

6. Arsenal vs Liverpool, April 2004 (4-2)

Di bulan yang sama, abis tersingkir di Liga Champions dan Piala FA, Arsenal harus ngadepin The Reds. Momen itu bertepatan dengan perayaan sakral umat Nasrani yaitu Jumat Agung. Ajaibnya, hari itu menjad 'Hari yang Agung' buat Arsenal. Saat itu The Gunners tertinggal 1-2 gara-gara gol Sami Hyypia dan Michael Owen.

Thiery Henry yang hadir saat itu berhasil motivasiin timnya buat bangkit. Gol pemain asal Prancis itu jadi turning point buat Arsenal saat itu. Epic comeback dengan skor 4-2 pun terjadi.

7. Arsenal vs MU, Mei 2009 (1-3)

Setelah kalah di leg pertama dengan skor 0-1 di semifinal Liga Champions 2009, saat leg kedua MU bermain tanpa beban melawan The Gunners. Penampilan luar biasa Cristiano Ronaldo bikin MU menang dengan skor 1-3 dan menang agregat 4-1. Seharusnya kekalahan ini jadi momen buat Wenger ngubah gaya bermain Meriam London.

8. MU vs Arsenal, Agustus 2011 (8-2)

Gimana, sih, rasanya kebobolan lebih dari lima gol sama klub rival? Meriam London tahu paham betul rasanya gimana. Di menit 40 The Gunners udah ketinggalan tiga gol tanpa balas dan menjelang 20 menit tersisa Arsenal tertinggal 6-1. Gol RvP yang seharusnya jadi hiburan buat Arsenal kayak nggak ada maknanya. Soalnya Wayne Rooney berhasil nyetak hattrick di laga itu.

Selesai musim 2011/2012, van Persie pergi ke Old Trafford dan berhasil menangin juara EPL pertamanya bareng The Red Devils. Ini namanya jatuh ketimpa tangga!

9. Arsenal vs Milan, April 2012 (3-0)

Kalah di leg pertama dari AC Milan dengan skor 4-0, The Gunners harus kalah agregat 4-3 di kandang sendiri. Saat kalah 4-0, Arsenal bermain sama kacaunya kayak dibantai MU 8-2. Berhasil unggul di babak pertama berkat gol Koscielny, Rosiccky, dan van Persie, Arsenal perkasa di babak pertama. Tapi abis turun minum, Arsenal kayak bus yang kurang bensin di tengah perjalanan. Alhasil mereka gagal bikin gol penyeimbang.

10. Arsenal vs Hull City, Mei 2014 (3-2)

Juara liga udah mustahil. Abis itu Arsenal puasa gelar dalam kurun waktu 9 tahun. Namun penantian fans Meriam London akhirnya terjawab setelah Arsenal berhasil menangin Piala FA saat itu. Sempet ketinggalan 0-2 di delapan menit awal, Koscielny memperkecil jarak di menit ke sembilan dan Santi Cazorla menyamakan kedudukan.

Dua gol itu membuka jalan buat Aaron Ramsey di menit 71 untuk nyetak gol. Belakangan publik akhirnya tahu, seandainya Wenger nggak juara saat itu doi bakalan langsung dipecat.

Editor : Hai Online

Sumber : fourfourtwo.com

Baca Lainnya