The Jakmania Pecahkan Rekor Jumlah Supporter Di Piala AFC, Persija Kagum

Rabu, 11 April 2018 | 06:45

The Jakmania di tribun timur atau biasa disebut Curva Nord Persija, menampilkan koreografi Macan Kemayoran bertuliskan

HAI-online.com -Sebuah rekor kembali dipecahkan oleh suporter Persija, The Jakmania, saat Macan Kemayoran menjamu wakil Malaysia, Johor Darul Ta’zim di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (12/4/2018) malam.

Dari kapasitas maksimal SUGBK sesudah di renovasi sebanyak 76.127 kursi, ada 60.157 penonton yang hadir memadati tribun atas dan bawah pada pertandingan kemarin malam.
Jumlah tersebut membuat The Jakmania mencatatkan sejarah baru di AFC Cup, yakni memecahkan rekor jumlah penonton di kompetisi level tertinggi di Asia tersebut.
Rekor 60.157 penonton memecahkan rekor penonton sebelumnya yang sudah terjadi pada delapan tahun silam, tepatnya pada final Piala AFC 2010 antara Al-Qadsia melawan Al-Ittihad, kala itu Stadion Jaber al-Ahmad dipadati 58.604 penonton.
Sebelumnya, Persija hanya memegang rekor penonton terbanyak Piala AFC di babak grup saja. Rekor itu dicetak pada laga kandang perdana musim ini kontra Tampines Rovers, dengan jumlah 49.056 penonton.
Pujian langsung datang dari manajemen Persija yang diwakili Gede Widiade selaku Direktur Utama. Menurut Gede, kehadiran Jakmania harus diapresiasi, karena membuat para pemain semangat meraih kemenangan.
“Pokoknya Jakmania top. Saya salut dengan mereka, selalu memberikan 100 persen saat Persija bertanding. Semoga dukungan ini selalu diberikan kepada Persija. Apalagi sebagai pemain ke-12 kehadirannya selalu diharapkan pemain,” puji Gede.
BACA JUGA:Ini 5 Pemain yang Pernah Bikin Aksi Politik yang di Lapangan Hijau
Dalam laga ini, Persija menang 4-0 atas JDT, di mana keempat gol diborong oleh Marko Simic. Kemenangan itu menurut Pelatih Persija Stefano Cugurra, tidak bisa lepas dari peran dukungan The Jakmania.
“Jakmania datang semua. Ini Selasa, banyak yang datang. Luar biasa. Saat saya di Brasil kalau main Sabtu-Minggu penuh pasti, tapi kalau di Selasa enggak bisa penuh. Ini luar biasa. Saya sangat senang dengan dukungan mereka,” tutur pelatih yang akrab disapa Teco itu, saat jumpa pers seusai laga.
Pujian lainnya datang dari aktor kemenangan laga kemarin yang memborong empat gol, Marko Simic. Simic menilai kehadiran Jakmania pada pertandingan semalam sangat fantastis.
“Saya tahu di pertandingan terakhir di liga, suporter pecahkan rekor. Tapi saya lihat ini luar biasa. Amazing game, ini Johor yang salah satu terbaik di Asia. Dan mereka melihat stadion ini penuh. Ini fantastis,” papar Simic menambahkan komentar Teco.
Sebelumnya, The Jakmania juga sudah mencatatkan rekor penonton terbanyak di Liga 1 2018, saat kompetisi baru berjalan dua pekan, kala menjamu Arema FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, yang dipenuhi 62.273 penonton
Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Jakmania Bikin Rekor Baru di Piala AFC,Penulis: Gisesya Ranggawari

Editor : Rizki Ramadan