Pelajar Kelas XII Ini Tewas Tenggelam Sehari Sebelum Ujian Nasional

Senin, 09 April 2018 | 01:45
Rizki Ramadan

Proses evakuasi jenazah Firman Maulana, pelajar MAN 1 Pamekasan yang tenggelam di air terjun Durbugan, Desa Kowel, Kecamatan Kota, Pamekasan

HAI-online.com -Ada berita duka dari Pamekasan, Jawa Timur, yang menimpa temen kita. Firman Maulana (18), siswa kelas XII Madrasah Aliayah Negeri (MAN) 1 Pamekasan tenggelamn di dasar air terjun Durbugan, Desa Kowel, Kecamatan Kota, Pamekasan, pada Minggu (08/04) kemarin sekitar pukul 12.15.

Ia ditemukan tewas di dasar sungai berkedalaman 7 meter itu.

Sebelumnya, Firman bersama enam temannya naik motor menuju air terjun yang hanya berjarak beberapa kilometer dari rumahnya di Dusun Tomang Mateh, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan.

Mereka bertujuh sengaja ke air terjun untuk mandi. Firman adalah yang pertama membuka baju, berjalan ke bibir tebing air terjun lalu meloncat ke dasar air terjun dengan ketinggian 4 meter itu.

Teman-temannya berusaha mencegah dan meminta untuk nggak usah lompat ke air, apalagi karena Firman nggak bisa berenang. Tapi Firman ngotot dan bilang, nggak akan terjadi apa-apa dengan dirinya.

Setelah loncat ke sungai, Firman nggak muncul ke permukaan lagi. Teman-temannya lalu meloncat untuk menolong korban dan sempat memegang tubuh korban. Tapi, karena derasnya pusaran di bawah, pegangan terlepas. Mereka kembali ke tebing untuk minta pertolongan.

Nggak sampai 30 menit, polisi, TNI, Brimob, Tim Tanggap Bencana (Tagana) dan dan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) datang menolong. Butuh waktu 4,5 jam hingga akhirnya Firman bisa diselamatkan

Kami di sini semua sudah melarang, agar Firman jangan mandi, karena kami tahu Firman tidak bisa berenang. Tapi tanpa diduga, Firman meloncat duluan ke air sungai. Tentu saja kami kaget dan tidak bisa mencegahnya,” kata Wawan, salah seorang teman korban.

Sedang Elma Syafiana, salah seorang teman sekolahnya mengatakan, sehari sebelum kejadian, menjelang pulang ia bertemu Firman di sekolah, hendak mengambil kartu ujian nasional (Unas), namun Firman kurang sabar dan pulang, dengan alasanya mau diambil Senini (9/4/2018) besok.

“Kasihan Firman, padahal besok itu unas. Kenapa masih pergi ke tempat air terjun itu yang dikenal angker dan sering membayakan. Apalagi Firman tidak bisa berenang, ini yang membuat saya heran,” kata Elma.

Rest in peace, Firman

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Hadapi Ujian Nasional, Siswa MAN 1 Pamekasan Malah Tewas Tenggelam di Air Terjun,

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya