Pesan Dari Junior Untuk Kakak-kakak Kelas XII Yang Mau Ujian Nasional: Semangat dan Jangan Nyontek!

Jumat, 06 April 2018 | 07:45
Rizki Ramadan

Studen Talks

HAI-online.com -Dalam hitungan hari, kakak-kakak kelas XII bakal ikut ujian nasional. Terus, setelah 12 April besok, begitu UN beres, urusan mereka dengan sekolah makin dekat dari selesai.

Sekarang ini, ujian nasional nggak jadi sesuatu yang meresahkan. Tapi, bukan berarti jadi sesuatu yang diremehkan, kan? Ujian Nasional tetep jadi ujian paling besar selama kita SMA. Tul, nggak?

Temen-temen yang kelas XI atau X juga pasti ikut ngerasain euphoria ujian nasional. Apalagi setelah ini, mereka lah yang naik ke kelas XII. Pada deg-degan, nggak sih?

Nah, masa-masa akhir sekolah untuk kelas XII juga pasti dipikirkan nih sama temen-temen junior. Mereka juga pasti punya pesan untuk kakak kelasnya.

Astri – SMAN 81 Jakarta

Selamat dan semangat menempuh ujian nasional buat kakak-kakak semua. Ini klise, sih, Cuma selalu utamakan kejujuran yah, karena buat apa lo semua sekolah terus lanjut les sempe malem-malem, kalo pada akhirnya lo masih aja nggak percaya sama diri sendiri buat menempuh 4 hari UN dengan kemampuan yang lo miliki.

Selama libur besok, gue bakal banyak ngerjain PR dong. Ya walaupun baru pas deket-deket pas mau masuk, sih. Terus gue juga bakal jalan-jalan pas ada temenya.

Gue agak deg-degan mikirin bentar lagi gue yang kelas XII. Nggak nyangka aja tiga bulan lagi udah jadi anak kelas akhir. Padahal harusnya seneng yah, akrena kayaknya baru kemaren bilang pengin cepet-cepet lulus apa lagi pas pusing ngerjain tugas. Hehe.

Rizqina Ninda – SMAN 19 Bandung

Jangan nyontek, karena nggak akan selalu benar dan kita nggak akan pernah tahu batas kemampuan kita sebenernya sampe mana.

Yang pasti gue kangenin dari kelas XII sih, masa ketika ngegebet atau digebet kakak kelas. Hha. Suka rame gitu, kan, di sekolah. Apalagi kalau sudah dijagain.

Pas libur UN nanti gue bakal menghabiskan waktu sama temen-temen gue, deh, untuk keluar kota.

Dhirga – SMAN 4Jakarta

Pesan gue untuk kelas XII: Belajar. Jangan males-males. Jangan lemah. Mau masuk kuliah tantangannya banyak. So, jangan lemah.

Yang gue kangenin dari kelas XII adalah masa-masa nongkrong bareng, jalan-jalan bareng, makan bareng, dan cabut sekolah bareng.

Agak deg-degan juga sih, gue, kalau inget bentar lagi gue kelas XII. It’s almost end. Walau sebenernya gue juga pengennya cepet-cepet lulus, sih. Hehe.

Selama libur UN nanti, gue mau ngerjain tugas yang telah diberikan guru dan sisanya gue bakal menghabiskan waktu dengan keluarga.

Fiqri Fajrin – SMAN 17 Bandung

Pesan gue untuk kelas XII adalah kalian harus yakin! Kalau selama ini usaha yang dirasa udah cukup, pasti lulus kok. UN juga bukan penentu kelulusan. Terus, jangan ngelakuin hal-hal yang nggak masuk akal kayak mutusin pacar buat fokus UN atau berdoa di sosial media, deh, nggak ada faedahnya. Terakhir, yang paling penting itu jujur.

Seneng dan sedih, sih kalau inget bentar lagi gue kelas XII. Karena kelas 3 kan kita harus lebih fokus sama yang namanya TO, UN, USBN, atau SBMPTN. Jadi, waktu mainnya kan berkurang. Terus, itu kan berarti bentar lagi kita bakal pisah sama temen-temen sekolah kita.

Di liburan nanti, gue mau main dong. Sekalian refreshing otak. Tapi, yang nggak enak tuh biasanya sebelum libur tuh kita dikasih tugas sama sebagian guru pas liburan. Biasanya gue ngerjain tugas itu di awal dan akhir liburan.

Eine Kiswah– SMAN 85 Jakarta

Semoga kakak-kakak kelas XII dilancarkan ujiannyaa nggak ada hambatan dan yang pastinya hasilnya memuaskann! Biar bisa naikin peringkat sekolahnya masing-masing. Di hari minggu ini jangan aneh-aneh ya kakak-kakak, biar ujiannya di Senin nanti lancer.

Yang bakal paling gue kangenin dari kelas XII adalah kayaknya nanti agak sepi aja gitu di sekolah mungkin berasa ada yang ilang.

Fesilitas Anya – SMA Kolese Gonzaga Jakarta

Pesan gue buat temen-temen kelas 12, semangatmenjalani ujian-ujian yang berat tapi harus dihadapi. Semoga selalu semangat memperjuangkan ujian-ujiannya supaya usaha nya nggak mengkhianati hasilnya.

Yang bakal dikangenin dari kelas XII pastii kegilaan dan kekocakkannya, sih. Terus udah pasti role model-nya dongg cewek-cewek angkatan atas yang cantik-cantik dan yang keren-keren pastinya. Terus kan kalo di sekolah gue ada jambore dan yang jadi mentor gue itu angkatan yang skrg kelas 12, gue pasti bakal kangen mentor mentor gue banget sih.

Risma - SMAN 3 Surabaya

Semangat terus, semoga masuk PTN atau universitas yang diinginkan, tetep jujur pas ngerjain, jangan banyak ngeluh-ngeluh, do your best! Setelah pada lulus nanti, aku bakal kangen banget ngurusin program bareng kakak-kakak OSIS/MPK.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya