Jangan Ngaku Suka Fisika Kalau Belum Masak Telur Dengan Rumus Sains Ini

Kamis, 05 April 2018 | 10:45
Rizki Ramadan

Telur rebus

HAI-ONLINE.COM- Mungkin saat ini lo berpikir masak telur itu sama mudahnya dengan masak mi instan, tinggal masukin ke air panas dan tunggu mateng. Namun, biasanya telur yang dihasilkan nggak selalu sempurna atau sesuai yang kita inginkan.

Berbagai siasat pun sering digunakan untuk mendapatkan telur rebus terbaik. Mulai dari menusuk terus yang direbus dengan garpu sampai menambahkan cuka ke dalam air rebusan supaya cangkang telur mudah terkelupas.

Tapi, cara yang mana yang bisa menghasilkan telur terbaik? Nih guys, Menurut Science Alert, kalau mau mendapatkan telur rebus terbaik, masaknya harus pakai rumus. Rumusnya adalah:

t = m * K * log(ywr * (Ttelur - Tair)/(T - Tair))

HAI jelasin dulu apa arti dari dari rumus-rumus tersebut. t merupakan waktu;m adalah massa;K adalah konduktivitas termal dari telur;T adalah suhu antara putih dan kuning telur;Ttelur untuk suhu telur;Tair adalah suhu air;dan ywr adalah rasio kuning telur dan putih telur. Udah siap coret-coretan belum nih, guys? hahaha.

Suhu yang diperlukan agar putih dan kuning telur menjadi setengah matang adalah 65 derajat celcius. Sedangkan untuk kematangan yang benar-benar sempurna, kita harus memastikan suhu saat merebus adalah 77 derajat cesius.

Tapi, kalau masaknya di kompor, mana bisa tau temperaturnya berapa. Terus gimana dong?

BACA JUGA:5 Merek Jam Tangan Berbahan Kayu yang Wajib Lo Koleksi

Sang penyusun rumus, Milosz Panfil, berkata bahwa kebehasilan merebus telur ditentukan oleh ukuran telur, suhu sebelum di cemplungkan ke air, waktu dan ketinggan lokasi merebus telur.

Itulah kenapa, telur setengah matang dihasilkan dari perebusan dengan suhu yang lebih rendah dan waktu yang lebih pendek. Berbeda dengan merebus telur dengan kematangan sempurna yang butuh waktu lebih lama.

Gimana guys, mau ikutin cara sains ini nggak supaya telur rebus pelengkap mi instan lo makin ajib?

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya