Ini Dia 10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Nggak Ada Indonesia dan Negara Asia Lainnya

Kamis, 29 Maret 2018 | 04:00
Alvin Bahar

Finlandia

HAI-ONLINE.COM - Apa yang membuat suatu negara bahagia? Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mempertimbangkan jawabannya melalui World Happiness Report 2018, dengan total 156 negara. Menurut laporan, kunci dari negara yang bahagia antara lain umur yang panjang dengan pola hidup yang sehat, banyaknya dukungan sosial, kepercayaan pada pemerintah, pendapatan perkapita yang lebih tinggi, dan kedermawanan.

Daftar tahun ini mencatat adanya 10 negara teratas yang sama dengan tahun 2017. Namun, beberapa negara berhasil menaiki peringkat yang lebih atas, dan ada pula yang turun peringkat. Finlandia, misalnya, berhasil menduduki peringkat pertama awal tahun ini, merebut gelar yang dimiliki Norwegia sebelumnya. Finlandia juga memiliki para pendatang yang paling bahagia, berdasarkan catatan baru laporan tahun ini.

Sementara pengalaman wisatawan nggak dipertimbangkan secara spesifik, laporan tersebut menetapkan standar untuk tempat-tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Lagipula, bukankah senyum itu menular?

Inilah negara-negara paling bahagia di dunia dan sebagian dari apa yang membuat mereka unik.

10. Australia

Flickr

Ilustrasi Australia

Dari pesisir pantai Bondi yang padat hingga tempat persembunyian yang tenang di sepanjang Great Ocean Road, Australia memiliki 10.685 pantai. (Dallas And John Heaton, Aurora)
9. Swedia

Citra Anastasia

Di Swedia, coffee break adalah hal yang sakral. Orang Swedia mengukir waktu setiap hari untuk memper

Di Swedia, coffee break adalah hal yang sakral. Orang Swedia mengukir waktu setiap hari untuk memperlambat dan menikmati fika, waktu bersantai dengan hidangan minuman yang bisa dilakukan sendirian maupun dengan rekan perusahaan. (Alex Holland)
8. Selandia Baru

Thinkstock

Jalur menuju Mount Cook di Selandia Baru. Fragmen tersembunyi, berumur 1,3 miliar tahun, membantu para ilmuwan melacak sejarah 'benua yang hilang' dengan misterius di Zealandia.

nggak ada bagian dari negara kepulauan ini yang berada lebih dari 79 mil (128km) dari laut. Selandia Baru juga merupakan rumah bagi spesies penguin unik, termasuk penguin bermata kuning, Penguin Crested Fiordland yang langka, dan penguin biru kecil yang merupakan penguin terkecil di dunia. (Ian Trower, Aurora)
7. Kanada

Citra Anastasia

Hutan Kanada mewakili 30 persen hutan boreal dunia dan 10 persen hutan secara keseluruhan di dunia.

Hutan Kanada mewakili 30 persen hutan boreal dunia dan 10 persen hutan secara keseluruhan di dunia. nggak mengherankan, kualitas udara Kanada termasuk yang terbaik di dunia. (David Hanson, Aurora)

6. Belanda

https://www.slh.com/

Belanda

Amsterdam memiliki 1.281 jembatan, tiga kali lipat dari Venesia. (Nature's Beauty/Aurora)

5. Swiss

Loïc Lagarde/Flickr

Zermatt di Pegunungan Alpen, Swiss.

Menurut International Cocoa Organization, orang Swiss memakan sekitar 25 kilogram (11 kg) coklat setahun. (Alex Robinson)

4. Islandia

Gloria Samantha

Panorama Kota Reykjavik, Islandia.

Negara ini dikenal sebagai "Tanah Api dan Es" karena gletser dan gunung berapi yang membentuk bentang alam. Vatnajökull Islandia—gletser terbesar di Eropa—merupakan sepotong es seukuran Puerto Riko. (Gavin Hellier)

3. Denmark

Lutfi Fauziah

Nyhavn, Denmark

Kota Kopenhagen dibangun untuk pengendara sepeda. Sepertiga orang Kopenhagen melakukan perjalanan sehari-hari dengan kecepatan 217 mil (350 km) dari jalur dan jalanan yang membentang di seluruh kota. (Jon Arnold, Aurora)

2. Norwegia

Citra Anastasia

Norwegia adalah tujuan utama para pelancong untuk menyaksikan aurora borealis. Di zaman kuno, orang

Norwegia adalah tujuan utama para pelancong untuk menyaksikan aurora borealis. Di zaman kuno, orang percaya bahwa aurora dikirim dari para dewa. (Nicolas Armer, Aurora)

1. Finlandia

Citra Anastasia

Orang Finlandia memiliki karakteristik yaitu waktu berendam yang lama. Diperkirakan ada dua juta sau

Orang Finlandia memiliki karakteristik yaitu waktu berendam yang lama. Diperkirakan ada dua juta sauna di negara ini dengan populasi 5,3 juta. Finlandia juga memiliki para pendatang paling bahagia, menurut catatan terbaru tahun ini. (Pawel Gaul, Getty Images)
Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic Indonesia dengan judul "Negara-negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2018"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya