5 Negara dengan Penduduk Paling Panjang Umur, Peringkat 3 dan 4 dari Asia!

Jumat, 23 Maret 2018 | 08:30
Alvin Bahar

Sekolah di Jepang

HAI-ONLINE.COM - Para pengelana sepanjang sejarah telah mencari mata air ajaib yang dapat menyembuhkan penyakit dan menjanjikan kehidupan abadi. Meski mata air kehidupan yang sesungguhnya belum ditemukan, orang-orang sekarang bisa hidup lebih lama dari sebelumnya.

Akal sehat mengatakan bahwa semakin berkembang ekonomi, semakin baik peluang untuk harapan hidup lebih lama dengan akses ke layanan kesehatan yang lebih tinggi. Plus, diet sehat juga nggak ada salahnya.

PBB berpegang pada umur panjang di seluruh dunia sebagai salah satu faktor untuk mengurutkan peringkat negara-negara paling bahagia dalam laporan terbarunya. Berikut ini beberapa rahasia yang bisa Anda pelajari dari negara-negara dengan penduduk paling panjang umur.

Cek: 4 Cara Meninggal Dunia Paling Menyakitkan Menurut Sains

1. Italia

Palmanova, Italia
Nilai-nilai kehidupan orang Italia—yang menghargai waktu luang, ikatan keluarga yang erat, sering berjalan kaki, dan mendapat banyak sinar matahari—menjadikan negara tersebut menduduki posisi puncak dalam grafik harapan hidup. Anda bisa menerapkan diet Mediterania seperti halnya penduduk Italia, dan mulai melakukan yoga.

2. Swiss

Hotel Edelweiss in Murren, Swiss
Di posisi kedua, Swiss membanggakan kekayaan, kesejahteraan, dan layanan kesehatan yang unggul. The Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) mencatat bahwa kualitas air yang tinggi di negara tersebut berkontribusi pada populasi yang lebih sehat.

Selama Zaman Perunggu, para pelancong mencari perairan kaya zat besi dan udara menyegarkan di kolam termal alami pegunungan Swiss, seperti di sekitar Lucerne di Pegunungan Alpen atau di dekat Danau Jenewa di Valais.

3. Korea Selatan

Nami Island, Korea Selatan adalah pulau wisata yang berjarak dua jam dari Seoul (Sumber Travel Kompas)
Wanita Korea Selatan menduduki peringkat satu dunia yang memiliki harapan hidup rata-rata di atas 90 tahun, demikian menurut studi terbaru. Para peneliti mengungkap, investasi di layanan kesehatan, budaya sadar kesehatan, dan diet sehat didukung oleh kehadiran sayuran fermentasi di mana-mana. Anda bisa mencoba menambahkan kimchi sebagai menu pendamping dalam makanan Anda.

4. Jepang

Seleb dan Idol Jepang di Upacara Kedewasaan, Seijin Shiki!
Usia orang-orang Jepang terus melampaui penduduk negara-negara lain, berkat peningkatan layanan kesehatan, diet makanan segar, dan gaya hidup aktif. Salah satu ilmuwan National Geographic, Dan Buettner, mengunjungi centenaria—orang yang berusia 100 tahun atau lebih—di Pulau Okivawa, yang dijuluki sebagai tanah keabadian. Ia menemukan bahwa orang-orang tua di Okinawa memiliki rasa tujuan yang kuat, atau disebut ikigai.

5. Israel

Bendera Israel
Kombinasi dari diet Mediterania,ikatan keluarga yang kuat dan nilai-nilai budaya, serta sistem kesehatan yang mumpuni, membuat Israel menduduki urutan kelima dalam hal umur panjang. Di tambah lagi, tingkat konsumsi alkohol di Israel termasuk salah satu yang terendah di dunia, meskipun kehidupan di Tel Aviv memiliki reputasi hedonistik. Namun, untuk mengimbangkan kehidupan malam, penduduknya biasa berjemur di bawah sinar matahari sembari bersepeda atau berlari di sepanjang pesisir pantai.

Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic dengan judul "5 Negara dengan Penduduk Paling Panjang Umur"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya