Terlihat Lucu Sih, Tapi Ternyata 4 Hewan Ini Paling Mematikan Sedunia

Selasa, 20 Maret 2018 | 07:30
Alvin Bahar

Ikan Buntal

HAI-ONLINE.COM - Ada peribahasa yang mengatakan, kita tidak boleh menilai sesuatu dari penampilan luarnya saja. Sepertinya, peribahasa itu harus kita terapkan pada 4 hewan ini.

Sebab di balik penampilan yang lucu, ternyata 4 hewan ini merupakan hewan paling mematikan di dunia. Apa saja sih?

Cek: 18 Fakta Kucing Emas, Hewan Langka yang Sering Disangka Anak Harimau

1. Ubur-ubur Kotak

Ubur-ubur Kotak.
Ubur-ubur kotak atau tawon laut hidup di perairan Australia. Hewan lucu ini punya beberapa tentakel yang masing-masing panjangnya mencapai 3 meter.

Namun, tentakel itu mengandung racun yang bisa melukai 60 orang dewasa sekaligus. Menurut data, ubur-ubur kotak sudah menyebabkan 5.568 orang meninggal sejak tahun 1954.

2. Siput Kerucut

Siput Kerucut.
Siput kerucut tinggal di perairan Indo Pasifik. Mereka punya cangkang dengan motif cokelat dan putih yang rumit, tapi indah.

Namun, di balik cangkangnya yang indah, siput kerucut punya racun yang mematikan. Satu tetes racunnya bisa digunakan untuk melukai 20 orang dewasa sekaligus.

Hal itu tidak mengherenkan, karena racun siput ini terbuat dari ratusan racun yang berbeda.

3. Ikan Buntal

Ikan Buntal.
Ikan buntal memang lucu, apalagi kalau sedang berubah bentuk seperti balon. Namun, kita harus hati-hati dengan ikan lucu satu ini.

Sebab ikan buntal mengandung zat yang bernamatetrodotoxin. Bahkan zat ini 1.200 kali lebih beracun dari sianida. Yang lebih menakutkan adalah sampai saat ini belum ada obat penawar untuk racun ikan buntal.

4. Ikan Batu

Ikan Batu.
Sesuai dengan namanya, ikan ini sangat mirip dengan batuan di dasar laut. Ikan ini tidak akan menghindar saat ada manusia, jadi kita harus hati-hati, jangan sampai menginjaknya.

Kalau sampai terinjak, duri di punggungnya akan menyuntikkan racun ke kaki kita. Racun itu bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan l uka dari racun itu bisa bertahan selama berbulan-bulan.

Jadi, itulah 4 hewan berpenampilan lucu namun termasuk hewan paling mematikan di dunia.

(Artikel ini sudah tayang di bobo.grid.id dengan judul “Ternyata, 4 Hewan Lucu Ini Merupakan Hewan Paling Mematikan di Dunia”)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya