5 Makanan Ini Mungkin Bakal Punah Gara-gara Pemanasan Global

Jumat, 16 Maret 2018 | 03:30
Alvin Bahar

Cokelat

Bobo.id – Pemanasan global sudah mulaikita rasakan, salah satunya cuaca yang semakin nggak menentu. Selain memengaruhi cuaca, pemanasan global juga bisa memengaruhi sumber makanan manusia. Bahkan, menurut perkiraan, pemanasan global yang semakin parah bisa membuat 5 makanan ini punah. Apa aja tuh?

Alpukat

Alpukat
Alpukat merupakan salah satu tumbuhan tropis. Untuk menghasilkan dua buah alpukat berukuran sedang, pohon alpukat membutuhkan 72 galon air.

Namun, pemanasan global bisa membuat daerah tropis jadi semakin kering. Kalo terus-menerus seperti ini, tumbuhan alpukat pun bisa punah dari Bumi.

Buncis

Buncis merupakan salah satu sumber makanan yang enak, apalagi kalo dimasak dengan telur. Tanaman buncis memerlukan 76 galon air, untuk menghasilkan satuons buncis.

Namun, pemanasan global yang semakin parah membuat sumber air semakin sedikit. Menurut data, jumlah panen buncis sudah menurun setengahnya semenjak pemanasan global terjadi.

Kopi

kopi
Menurut perkiraan CBC News, kopi bisa saja punah di tahun 2080. Kenapa? Tanaman kopi hanya bisa tumbuh di suhu 17 – 21 derajat Celcius.

Pemanasan global yang semakin parah membuat suhu di Bumi terus meningkat. Kalo begini terus, tanaman kopi akan menurun kualitasnya dan mati secara perlahan.

Kacang Tanah

Tanaman ini cukup ribet, ia harus ditanam di tempat yang hangat selama lima bulan. Kalo cuacanya terlalu kering, kecambah dari tanaman ini nggak akan muncul. Kalo cuacanya terlalu basah, kacangnya nggak bisa dimakan karena nggak bagus.

Pemanasan global yang semakin parah akan membuat kacang tanah semakin sulit untuk tumbuh, bahkan bisa punah puluhan tahun kemudian.

Cokelat

Cokelat yang dimakan manusia lebih banyak, daripada cokelat yang dihasilkan oleh tanaman cokelat. Hal ini bisa membuat cokelat jadi makanan langka di masa depan.

Saat ini, cuaca juga jadi nggak menentu karena pemanasan global yang semakin parah. Hal ini bisa menyebabkan tanaman cokelat nggak subur dan akhirnya mati, lalu punah.

Itulah 5 makanan yang mungkin akan punah, karena pemanasan global yang semakin parah.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo dengan judul "5 Makanan Ini Mungkin Akan Punah Karena Pemanasan Global yang Semakin Parah"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya