Wih! 7 Kampus di Indonesia Ini Sudah Menerapkan Sistem E-Learning Loh

Jumat, 09 Maret 2018 | 07:00
Rizki Ramadan

suasana perkuliahan jurusan Bisnis di Kampus IPMI

HAI-online.com - Sekarang kuliah sudah nggak perlu repot-repot lagi bro mesti selalu datang ke kampus. Kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan dengan jarak yang jauh dan lebih digital. Hal ini bisa terealisasi juga karena adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.24 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaran Pendidikan Jarak Jauh oleh Perguruan Tinggi.

Berkat adanya sisteme-learning,lo sebagai peserta didik memungkinkan belajar dalam kegiatan perkuliahan dengan dosen sebagai pendidik yang jaraknya terpisah. Kegiatan pembelajaran juga dilakukan lewat berbagai sumber memanfaatkan teknologi informasi, komunikasi, dan media terkini, khususnya digital.

HAIsudah rangkum nih 7 universitas keren di Indonesia yang menerapkan sistem e-learningdalam perkuliahannya.

1. Universitas Gajah Mada (UGM)

Salah satu kampus favorit di Indonesia memang sudah mengembangkan sisteme-learningnih bro yang mana memungkina lo untuk belajar secaraonline.Bisa banget loh untukdownloadbahan kuliah, tugas, bahkan diskusi viaonlinetersebut dalam "E-Learning system for academic community".

2. Universitas Terbuka (UT)

Kampus ini pasti udah nggak asing bagi banyak orang yang tinggal di daerah, pasalnya UT memang sudah menerapkane-learningdan banyak mahasiswanya yang jarang ke kampus. Proses belajar-mengajar dilakukan viaonline.Bahkan ada loh mahasiswa yang ke kampus saat bimbingan atau wisuda.

3. Universitas Indonesia (UI)

Yap, kampus berjaket kuning ini nggak mau kalah menerapkan sistem terkini pendidikan. Bagian "Computer Learning Resources" UI sendiri memang sudah mengembangkan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Selain itu dari "Computer Mediated Learning" yang memungkinkan adanya metode pembelajaran Collaborative Learning (CL) dan Problem-based Learning (PBL). Masih ada lagi bro, yakni sistem "Student Centered E-Learning Environment" yang bikin pembalajaran viaonline.

BACA JUGA:Pejuang PTN Mana Suaranya?! Ini 5 Fakta Penting SBMPTN 2018 Yang Perlu Kamu Ketahui

4. Universitas Diponegoro (Undip)

Undip punya sisteme-learningdengan nama yang unik, yakni "Kul-On". Sistem ini akan membantu lo terkait penyediaan materi pembelajaran dan proses belajar-mengajar dengan waktu yang lebih fleksibel menyesuaikan mahasiswa dan dosen. Jadi, nggak harus tuh ke kampus dan tatap muka langsung di kelasoffline.Cukup viaonlineaja.

5. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Lewat sistem "E-Learning Center" yang berfokus pada fasilitas "Virtual Based Learning", Unpad memungkinkan mahasiswa untuk punya beragam referensi materi perkuliahan lewatonline.Kuliah juga bisa dilakukan secaraonlineloh, terutama saat dosen sedang penelitian di luar kota atau negeri. Mahasiswa tinggal berkomunikasi secaraonlinedan belajar bersama lewat gambar jauh dosen yang dipantulkan proyektor.

6. Universitas Airlangga (Unair)

Terletak di Surabaya, Unair punya sisteme-learningyang dinamakan "Airlangga University e-Learning Apllication" (AULA). Melaluiinternet, pembelajaran viaonlinemakin asik dan bikin materi makin kaya loh. Suasana belajar-mengajar juga pastinya lebih asik dan nggak kaku.

7. Universitas Gundarama

Punya banyak gedung di berbagai lokasi, Universitas Gunadarma pun mengembangkan sisteme-learning-nya di bawah Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI). Lewat situsnya dielearning.gunadarma.ac.id, ada beberapa fasilitas yang bisa lo dapatkan. Contohnyae-booksebagai referensi perkuliahan, SAP Online, dan V-Class.

Tag :

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya