Mobil Elon Musk yang Terbang ke Mars ternyata Membawa Masalah

Rabu, 07 Maret 2018 | 07:15
Alvin Bahar

Elon Musk memamerkan foto terakhir mobil Tesla dan Starman yang sedang dalam perjalanan menuju orbit Mars.

HAI-ONLINE.COM – Kamu tahu tentang mobil yang diluncurkan ke orbit Mars? Mobil ini ternyata bisa jadi ancaman bagi kehidupan di Mars, lho. Wah, kenapa bisa begitu, ya?

Tesla Roadster

Mobil yang disebut Tesla Roadster ini diluncurkan oleh NASA pada Februari lalu. Namun mobil ini nggak diterbangkan sendiri, melainkan dengan dibawa oleh sebuah roket besar bernama Falcon Heavy.

Peluncuran mobil Tesla ini merupakan misi perjalanan antariksa ke Planet Mars. Sekarang, mobil berwarna merah ini sedang dalam perjalanan menuju orbit Mars.

Cek: 5 Fakta Elon Musk, Iron Man di Dunia Nyata yang Ngirim Mobil ke Mars

Pengendara Mobil

Nah, di dalam mobil ini, ada pengendara bernama Starman. Namun Starman ini bukan manusia sungguhan kok.

Starman adalah manekin atau patung yang dipakaian baju astronot. Jadi, Starman dibuat agar terlihat seolah-olah ada manusia di dalam mobil itu.

Membawa Bakteri

Selain Starman, ternyata mobil ini membawa penumpang gelap, lho, yaitu bakteri Bumi.

Bakteri Bumi merupakan bakteri yang berasal dan hidup di Bumi. Bakteri-bakteri ini menempel pada mesin dan badan mobil Tesla.

Biasanya, wahana antariksa yang akan mendarat di planet asing harus dibersihkan dari semua bakteri sebelum meninggalkan Bumi.

Namun, mobil Tesla ini nggak dibersihkan karena memang nggak direncanakan untuk mendarat di Mars.

Mesin mobil ini nggak dirakit dan diproduksi di lingkungan yang bersih dan steril. Karena itulah, mobil ini pasti membawa banyak sekali bakteri dari Bumi ke ruang angkasa.

Bakteri Bisa Tetap Hidup

Memang benar, kondisi di ruang angkasa sangat berbeda dengan kondisi di Bumi. Bahkan manusia yang pergi ke ruang angkasa saja harus menggunakan pakaian astronaut yang benar-benar melindungi dari udara hampa.

Namun begitu, tekanan yang rendah dan temperatur yang sangat ekstrem di ruang angkasa itu membuat bakteri tetap bisa bertahan hidup.

Bakteri-bakteri itu hanya akan tidur dan bisa bangun lagi kalau kondisinya sudah memungkinkan mereka untuk hidup lagi, misalnya di planet asing.

Mendarat di Mars

Mobil ini memang nggak direncanakan untuk mendarat di Mars. Namun, tetap akan ada kemungkinan mobil ini menabrak Mars dan masuk ke planet merah itu berjuta-juta tahun yang akan datang.

Kalau itu benar terjadi, bakteri yang menempel pada Tesla bisa jadi ancaman bagi Mars.

Kenapa bisa jadi ancaman, sih?

Sekarang coba bayangkan, misalnya ada makhluk hidup di Mars, sekecil apapun itu, seperti bakteri dan mikroorganisme.

Makhluk hidup yang ada di Mars bisa jadi terkontaminasi oleh bakteri Bumi yang dibawa oleh Tesla. Kalau itu terjadi, bisa jadi makhluk hidup Bumi itu akan beradaptasi dan mengambil alih Mars.

Atau justru makhluk hidup Bumi itu akan dikalahkan oleh makhluk hidup Mars.

Para astronom juga masih nggak mengetahui apa yang akan terjadi. Yang jelas, bakteri-bakteri pada mobil Tesla itu bisa jadi ancaman yang serius di ruang angkasa.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo dengan judul "Mobil Tesla yang Diluncurkan ke Ruang Angkasa Membawa Ancaman bagi Mars"

Tag :

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya