Semakin Canggih, MediaTek Kenalkan Chip Smartphone yang Mendukung Kecerdasan Buatan

Jumat, 02 Maret 2018 | 09:00
Rizki Ramadan

MediaTek Helio P60

HAI-ONLINE.COM - Kecerdasan buatan atau bahasa kerennya artificial intelegence belakangan memang sedang berkembang sangat pesat terutama pada industri gadget. Banyak banget smartphone atau gadget yang sudah mengusung AI di dalamnya.

Tren ini tentunya nggak boleh dilewatkan pabrikan hardware atau lebih tepatnya pada bidang prosesor untuk menciptakan satu chip yang bisa mendukung AI.

Salah satu pabrikan hardware yang memanfaatkan momentum ini adalah MediaTek yang minggu ini memperkenalkan chip terbaru mereka Helio P60.

Meskipun masih duduk di papan tengah, Helio P60 dibekali dengan teknologi pengolahan AI bernama NeuroPilot. prosesor khusus untuk membantu menangani keperluan tersebut.

MediaTek Helio P60
CPU pada Helio P60 ini mengandalkan delapan inti yang terdiri dari empat inti ARM Acortex-A73 sebesar 2GHz dan empat inti ARM Cortex-A53 2GHz. MediaTek sendiri menjanjikan lompatan kinjera hingga 70 persen dibanding prosesor sebelumnya.

Menurut informasi yang HAI rangkum dari Digital Trends, Helio P60 ini diproduksi dengan proses fabrikan 12nm yang artinya lebih irit daya. chip terbaru MediaTek ini pun disertakan modem 4G LTE dengan dukungan VoLTE. Kira-kira smartphone mana ya yang pertama kali menggunakan chip ini?

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya