10 Film Yang Kemenangannya Di Oscar Dipertanyakan

Rabu, 21 Februari 2018 | 04:45
Rizki Ramadan

Syuting Avatar 2 Terganggu Gempa Jepang

HAI-online.com - Film makers mana yang nggak bangga jika filmnya terpilih jadi pemenang ajang penghargaan yang sudah ada sejak 1929 ini. Baru masuk nominasi saja, bikin senangnya saja minta ampun.

Tapi nyatanya, penghargaan ini nggak bisa lepas dari kontroversi. Dilansir dari Business Insider Indonesia, senggaknya ada 10 film yang kemenangannya di Oscar malah dipertanyakan sejumlah kalangan

How the Grinch Stole Christmas (2000)

Penghargaan:Best Makeup

Film yang diperankan oleh Jim Carrey ini dinilai sudah memaknai hari Natal secara salah dan juga dianggap menghina Dr. Seuss. Enggak menyangka juga bahwa film ini akan memenangkan penghargaan makeup terbaik meski dalam kenyatannya enggak demikian terjadi.

Pearl Harbor (2001)

Penghargaan:Best Sound Editing

Film besutan Michael Bay ini dinilai sudah menyalahi sejarah Amerika Serikat dengan menggunakanPearl Harboruntuk menceritakan kisah cinta segitiga yang sebenarnya enggak ada.

Namun, enggak diragukansoundtrackyang dinyanyikan oleh Faith Hill memang bagus banget sehingga meraih nominasiBest Original Song.

BACA JUGA:Mau Mulai Hobi Foto Analog? Kenali Nih Jenis-jenis Film Yang Bisa Kamu Pakai

Crash (2004)

Penghargaan:Best Picture,Best Original Screenplay,Best Film Editing

Crashmeraih penghargaan yang diinginkan oleh banyak film lainnya. Tapi nyatanya, film ini penuh kontroversi dan dinilai enggak cukup baik untuk meraih Oscars. BahkanThe Atlantic, pernah menyebutkanCrashadalah film terburuk selama satu dekade terakhir.

Film ini menceritakan tentang isu rasisme yang kuat di Amerika Serikat dan menyebabkan banyak terjadi pergesekan antara warga kulit putih dan hitam.

Avatar (2009)

Penghargaan:Best Cinematography,Best Visual Effects,Best Art Direction

Meski menang banyak penghargaan dalam Oscars, film besutan James Cameron ini dinilai buruk. Selain durasi film yang terlalu panjang, filmAvatarjuga dinilai memakai teknologi CGI yang berlebihan, serta alur cerita yang mirip dengan Pocahontas.

BACA JUGA:10 Penampakan Adegan Film Sebelum dan Sesudah dikasih Visual Effect

The Blind Side (2009)

Penghargaan:Best Actress(Sandra Bullock)

SebenarnyaThe Blind Sidepunya cerita yang menarik dan juga diangkat dari kisah nyata. Tapi, akting Sandra Bullock dalam film ini dianggap biasa saja dan enggak punya keistimewaan apapun.

Mulai dari aksen bicara hingga dialog, Sandra Bullock rasanya belum mencapai kualitas untuk jadi aktris terbaik untuk film ini.

The Wolfman (2010)

10 Film Terburuk yang Pernah Memenangkan Piala Oscars
Penghargaan:Best Makeup

Film ini adalah hasil remake dari versi aslinya yang dirilis tahun 1940. Diperankan oleh Benicio del Torro, film ini dianggap enggak mencapai kualitas meraih penghargaan Oscars.

The Artist (2011)

Penghargaan:Best Picture,Best Actor(Jean Dujardin),Best Director,Best Original Score,Best Costume Design

Mengusung tema film bisu pada zaman modern ini, tahun 2011 The Artist memboyong lima penghargaan sekaligus di Oscars. Tapi sebenarnya, film ini enggak menyentuh sama sekali jika dibandingkan dengan saingannya dulu seperti filmThe Tree of Life,Midnight in Paris, danMoneyball.

Les Miserables (2012)

Penghargaan:Best Supporting Actress(Anne Hathaway),Best Sound Mixing,Best Makeup and Hairstyling

Nyatanya, kebanyakan film musikal selalu mendapat perhatian lebih, kita bisa melihat puladengan namaLa La Landyang begitu bersinar.

Les Miserablesadalah salah satu film musikal dengan aktor dan aktris ternama seperti Hugh Jackman, Russell Crowe, Amanda Seyfried, Anne Hathaway, hingga Eddie Redmayne.

Tapi di samping itu,Les Miserablesdinilai biasa saja dan enggak memiliki nilai lebih dari film musikal yang ada sebelumnya. Penampilan Russell Crowe saat bernyanyi juga dinilai buruk.

The Great Gatsby (2013)

Penghargaan:Best Production Design,Best Costume Design

Film ini diangkat dari sastra klasik ternama tapi ketika sudah menjadi film,The Great Gatsbydinilai terlalu memaksakan kehidupan modern dan sastra klasik.

Tentunya nama besar Leonardo DiCaprio dan Tobey Maguire enggak secara otomatis membuat film ini layak mendapatkan Oscars.

Birdman (2014)

Penghargaan:Best Picture,Best Director,Best Original Screenplay,Best Cinematography

Birdman menjadi pembuktian bahwa film yang pantas meraih Oscars adalah yang diperankan banyak seleb ternama dan kinerja emosional dari seorang aktor veteran.

Akting Michael Keaton memang mengesankan dalam film ini, tapi secara keseluruhan sebenarnya film ini mengundang banyak kebingungan pada penonton.

(Penulis: Debora Gracia/Cewekbanget.id)

Tag :

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya