Mengenal Alti Firmansyah, Ilustrator Indonesia Yang Menggambar Komik Marvel

Selasa, 20 Februari 2018 | 09:15
Rizki Ramadan

Alti Firmansyah, Ilustrator Indonesia Yang BIkin Komik untuk Marvel

HAI-online.com -Pernah ngimpi nggak sih lo bisa ngeliat langsung gimana proses kerja di industrikomik Marvel? Wah sekarang ini lo mesti meningkatkan lagi mimpi lo tuh. Jangan cuma mengunjungi doang, tetapi juga bekerja di sana. Well, salah satu illustrator Indonesia sudah membuktikannya, lho.

Dia adalah Alti Firmansyah, cewek lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain, ITB tahun 2001. Alti diajak untuk mengerjakan proyek X-Men ’92 dari Marvel Comics.

BACA JUGA:7 Tokoh Dunia yang Pernah Muncul di Komik Marvel

Kerjanya Menantang

Bukan cuma petualangan para superheronya saja yang menantang di Marvel, tetapi juga pekerjaan para senimannya.

Alti cerita, awalnya, dia diminta untuk bikin gambar empat halaman. “Aku diberi lima skrip berbeda dan diminta untuk mengerjakan empat halaman dari salah satu komik yang aku pilih dan aku rasa paling cocok dengan gayaku,” cerita Alti.

Ia lolos tahap tersebut dan dipilih untuk mengerjakan komik Star Lord & Kitty Pryde pada 2015 lalu dan proyek X-Men ’92 di 2016. Wah, keren, yah.

Nah, tantangan yang ia hadapi saat menggambar adalah ketika bikin latar ruangan atau gedung-gedung. Jadi dia perlu ngulik lebih tuh.

“Tantangan paling utama adalah dalam penggambaranbackgroundruangan atau gedung-gedung, karena aku enggak punya dasar arsitektur dantastedi seputar bidang mesin mekanik. Jadi enggak jarang aku harus menggambar sambil membuka referensi-referensi objek tersebut,” jelasnya.

Untungnya, pihak Marvel sangat membantu banget sehingga bisa mempermudah Alti dalam bekerja. Mereka membantu dalam menjelaskan jalan cerita secara keseluruah dan menyediakan banyak referensi penting.

“Mereka sangat komunikatif dan responsif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaanku,” kata Alti.

Ilustrator Cewek Itu Hebat.

Alti bisa jadi illustrator keren seperti sekarang tentu karena dukungan dari lingkungan sekitarnya. Keluarganya sudah menyadari bakat Alti sejak kecil. Guru-gurunya di sekolah pun sangat mengunggulkannya.

“Hingga sekarang, illustrator cewek malah dianggap lebih hebat karena kebanyakan illustrator-ilutrator ternama yang menjadi idolaku adalah cowok,” ungkap cewek yang juga bekerja sebagai Line artist di Stellar Labs/Glitch Network ini.

Yap, Alti sudah sejak SD, lho bikin komik. Hobinya terus ia tekuni hingga selepas SMA di tahun 2001, Alti kuliah di jurusan yang mendukung minatnya, seni. Salah satu alasan ia menyukai seni adalah karena seni selalu ada di sekitar kita. “Hal-hal kecil di sekitar kita ternyata enggak luput dari sentuhan seni, itulah mengapa saya memutuskan untuk terjun secara profesional ke bidang seni,” kata cewek yang juga gemar berolahraga ini.

Jadi, sebagai illustrator Marvel, siapa, sih, superhero favorit Alti? Ternyata superhero favoritnya adalah Gambit dari X-Men. “Karena dia ganteng. Ha-ha….,” katanya.

Tapi, beda lagi kalau Alti diharuskan memilih superhero yang cerita dan karakternya paling ngena atau terhubung dengan dirinya. Kalau buat kategori ini, Alti memilih Nico Minoru dari grup Runway.

Kamu suka bikin komik? Terus giati minatmu yah. Dengan semangat #youngnloud kamu bisa sekeren Alti di kemudian hari

(Disadur dari Cewekbanget.id)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya