Hati-Hati! Ini 7 Tanda Awal Penderita Narsistik

Jumat, 26 Januari 2018 | 10:30
Hai Online

Waspada Narsistik!

HAI-Online.com -Ada yang bilang percaya diri dan narsis itu beda tipis. Well, statement itu ada benarnya juga. Karena percaya diri yang berlebihan juga jadi tanda, lo terserang virus narsistik.

Dilansir dari Kompas.com, narsistik adalah momen gangguan kepribadiandi mana seseorang nganggap dirinya sangatlah penting dan punya kepentingan untuk sangat diidolakan. Usut punya usut, 'penyakit' narsistik berawal dari cerita Dewa Yunani kuno bernama Narcissus. Konon katanya, Narcissus gemar berkaca di kolam mengagumi ketampanannya sampai tercebur ke kolam itu.

Terkait gangguan mental Narcissistic Personality Disorder (NPD)didefinisikan kepada kecintaan berlebihan terhadap diri sendiri, guys. Penasaran sama orang-orang tanda penderita narsistik?

Ini dia 7 tanda awal orang narsistik. Kalau ada orang-orang terdekat kita yang begitu, diingetin yha, guys!

1. Kalo lagi ngobrol, fokusnya selalu diri sendiri

Orang-orang narsistik sangat mungkin mengalihkan semua topik obrolan soal dirinya sendiri. Misalnya kalau lagi ngomongin musik, doi tiba-tiba cerita pernah dapat juara lomba band.

Kalau lo punya temen yang kayak gini, coba diingetin ya. Bisa jadi itu tanda doi narsistik.

2. Orang-orang suka sama lo

First impression emang penting. Cuma kalau terlalu percaya sama kesan pertama bisa jadi lo kena virus narsistik, lho.

Tapi setiap interaksi dengan orang lain pada waktu berikutnya,perlahan menimbulkan pengalaman negatif," kata Kimberley Henderson seorang terapis dari New York.

3. Lo (merasa) nggak pernah salah

Biasanya orang-orang narsistik nggak tahu cara bertanggungjawab sama tindakannya. Kalau misalnya ada orang dimarahin (padahal emang dia beneran salah) tapi doi malah balik nyerang, bisa jadi itu indikasi doi terkena penyakit narsistik.

"Seperti itu bukan salah mereka dan mereka cenderung merasa seperti tidak dihargai. Ini bisa jadi tanda narsisme," ujar Henderson.

UDAH TAU BELUM?7 Perbedaan Cara Pertemanan ketika Masih SMA dengan Masa Kuliah

4. 'Saya suka kemewahan' (Hehe)

Menyukai hal-hal mewah bisa jadi juga tanda orang narsistik. Tapi kalau ada orang yang dengan rutin menghabiskan uang untuk hal-hal berkaitan dengan kemewahan, kemungkinan doi orang narsistik.

"Mereka materialistik dan suka menunjukkan status serta menonjolkan gengsi. Jika mereka sering pamer barang-barang yang mereka baru beli, bisa jadi mereka narsistik," ujar Henderson lagi.

5. Nggak suka dikritik

Kalau lo adalah satu dari sekian orang yang nggak suka dikritik, bisa jadi itu masalah besar, guys. Dikritik itu emang menyakitkan. Tetapi orang yang sangat amat anti kritik sangat mungkin terkena narsistik.

6. Ngerasa diri orang paling spesial

Psikoterapis asal Miami, Whitney Hawkins, bilang mereka yang menderita NPD akan memamerkan kebesaran diri dan menunjukkan kalo doi orang penting.

"Fantasi-fantasi ini bisa berkaitan dengan kesuksesan, kekuatan, kecantikan, intelegensi atau kehidupan percintaan yang ideal," ujar Hawkins.

7. Jadi benalu orang lain

Seringkali, orang yang menderita NPD mendam kecemburuan sama orang lain, dan mengasumsikan orang lain juga cemburu sama doi. Padahal mah enggak. Makanya mereka cenderung mengeksploitasi apa yang menguntungkan buat mereka tanpa rasa malu.

"Mereka biasa mengabaikan perasaan orang dan kurang empati," kata Hawkins.

Kalo lo atau orang terdekat lo punya tanda-tanda ini, coba minta bantuan terapis, guys. Mereka juga butuh bantuan biar nggak terus-menerus terjebak dalam narsistik.

Artikel ini pertama kali ditayangkan di Kompas.com, dengan judul artikel7 Tanda Awal Penderita Narsistik, Mari Kita "Berkaca"...

Editor : Hai Online

Sumber : kompas.com

Baca Lainnya