4 Tragedi Sepak Bola Paling Mengerikan dalam Sejarah

Senin, 22 Januari 2018 | 01:45
Fadli Adzani

Hillsborough Tragedi Kelam Sepakbola Britania Raya

HAI-ONLINE.COM -Lewat fanatisme, pasti ada perseteruan. Lewat perseteruan, terkadang ada darah yang tertumpahkan. Sama seperti olah raga sepak bola, dimana para penggemarnya seringkali bertikai dengan penggemar klub lain, sehingga menimbulkan korban jiwa.

Seharusnya, pertandingan sepak bola menjadi hal yang membawa kebahagiaan, bukan kesedihan.

Namun, terkadang ada tragedi yang terjadi dalam sepak bola dan tak terlupakan hingga sekarang.

CEK JUGA:5 Anime yang Umurnya Hampir Satu Abad

Banyak dari anak-anak muda yang datang ke sebuah stadion, untuk mendukung klub mereka, namun tidak berhasil pulang ke rumah karena tragedi yang terjadi dalam sebuah stadion.Rest in peace.

Bagaimanapun juga, tak ada satupun dari kita ataupun penggemar sepak bola yang menginginkan hal seperti ini terjadi. Semoga di masa ini dan masa depan, sepak bola selalu diselimuti dengan sportivitas dan keindahan, sebagaimana sepak bola pada biasanya.

Berikut ini adalah 4 tragedi sepak bola paling mengerikan dalam sejarah:

4. Heysel Stadium Disaster

Juventus dan Liverpool sedang bersiap-siap melakoni laga final Liga Champion pada tanggal 29 Mei tahun 1985 di Hesley Stadium, Belgia.

Sebelum kick off, penggemar Liverpool melempari penggemar Juventus dengan batu, yang membuat penggemar Juventus ingin menghindari lemparan batu itu dengan cara pindah posisi ke tempat duduk lain.

Sebelumnya, penggemar Liverpool mengklaim bahwa ada penggemar Roma yang menyerang mereka. Mungkin karena itu, penggemar Liverpool menjadi kesal.

Sekitar 39 orang meninggal pada insiden itu ketika dinding hancur dan jatuh di Stadion Heysel.

3. Hillsborough Stadium Disaster

Hillsborough Tragedi Kelam Sepakbola Britania Raya
Tragedi Hillsborough ini terjadi pada 15 April 1989 di Stadion Hillborough, Sheffield, Inggris. Kala itu, Liverpool akan melakoni Nottingham untuk laga semi-final FA Cup.

Karena pertandingan itu sangat penting, akhirnya banyak penggemar yang datang ke stadion itu. Banyak penggemar yang berusaha untuk mencari tempat duduk terbaik dengan memanjat ke tempat duduk bagian atas stadion itu.

Karena sudah terlalu penuh, terdapat beberapa bagian stadion itu yang rusak sehingga para penggemar sepak bola yang jumlahnya ada ribuan itu berjatuhan dan saling menimpa satu sama lain.

96 orang meninggal dan ratusan lainnya luka-luka akibat peristiwa ini. Rest in peace.

2. Estadio Nacional Disaster

Lebih dikenal dengan Tragedi Sepak Bola LIma, tragedi ini terjadi pada 24 Mei tahun 2964 dimana Peru sedang melawan Argentina di National Stadium.

Kala itu, Argentina sudah memimpin 1-0. Peru pun mencetak gol, namun dianulir oleh wasit. Akhirnya, para penggemar nggak terima dan polisi menembakkan gas air mata ke arah penggemar.

Penggemar panik dan merasa ketakutan, yang akhirnya menimbulkan keributan di stadion itu.

Menurut List 25, sekitar 318 orang meninggal dalam insiden itu.

1. Luzhniki Disaster

Kejadian ini terjadi saat Spartak Moscow dan HFC Haarlem sedang melakoni laga di UEFA Cup pada 20 Oktober tahun 1982.

Terdapat sebuah rumor kalau ada cewek yang mencari sepatunya yang hilang di tangga di stadion itu.

Orang-orang yang melihat pun ikut membantu. Namun sayangnya, aliran orang yang datang dari atas tangga itu terlalu banyak, dan mengakibatkan ratusan orang di situ berjatuhan dan saling menimpa satu sama lain. 340 penggemar Spartak Moscow meninggal.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya