10 Hal dan Figur Paling Fenomenal di Indonesia Sepanjang 2017 #KaleidoskopHAI

Jumat, 29 Desember 2017 | 09:30
Hai Online

Kaleidoskop HAI 2017

HAI-ONLINE.COM - Banyak banget hal-hal ajaib yang terjadi selama 2017 berlangsung. Mulai dari kejadian yang terekam di dunia maya hingga dunia nyata, semuanya punya satu benang merah, sama-sama menarik perhatian.

Nah, untuk sekedar kembali mengingatkan, HAI telah merangkum 10 hal dan figur paling fenomenal selama 2017 ini. Bukannya mau sok bijak atau klise nih, tapi, semoga aja, dari artikel ini kita bisa sama-sama introspeksi diri agar bisa menjadi lebih baik lagi di tahun 2018 yang cuma tinggal beberapa hari lagi. Setuju? Langsung, cus, bosqueee….

Click Unbait

Jagad Twitter semakin hari semakin ramai kembali. Warganet yang sebelumnya banyak “hijrah” meninggalkan media sosial ini, mulai kembali hadir lagi di Twitter. Beragam akun lantas muncul dan mencuri perhatian khusus, salah satunya @ClickUnbait.

Akun yang kini punya lebih dari 30 ribu followers sebenarnya tercatat sudah hadir di Twitter sejak Januari 2013. Kepopuleran akun ini terus melejit seiring dengan berjalannya waktu dan komentarnya soal pemberitaan di mediaonline.@ClickUnbait secara aktif mencoba untuk memerangi judul-judul bombastis atau berita "menjebak" khas media online zaman now.

@ClickUnbait memang berusaha agar warganet tidak terjebak dalam berita-berita dengan judulclick bait. Para admin aktif membaca satu persatu beritanya dan memberi simpulan berita dalam cuitannya.

Akun @ClickUnbait juga suka memberi rekomendasi bacaan di media daring. Hal ini dinamakan #RekomendaKlik. Selain itu juga memberi apresiasi terhadap judul-judul berita yang bagus dalam #JudulYangBaik.

Akun ini pun menggaet para followers-nya untuk turut serta dalam gerakan tersebut. Banyak akun nggak segan nih untuk ikut memberi simpulan dalam sebuah beritaclick baitdan di-mentionke akun @ClickUnbait. Akun ini bak pengingat sekaligus penjaga kita di era banjir informasi ini.

(BACA JUGA:INILAH BAND INDIE, ALBUM MUSIK DAN FILM LOKAL TERBAIK 2017 PILIHAN HAI)

Dramaojol.id dan Drama.olshop

Drama Ojol
Dalam ranah Instagram, muncul dua akun yang sukses jadi penghibur sekaligus informasi berita terbaru soal ojekonlinedanonline shop. Akun-akun tersebut ialah @dramaojol.iddan @drama.olshop. Kedua akun itu masing-masing kini telah memiliki pengikut lebih dari 615 ribu dan 310 ribu.

Baik @dramaojol.idmaupun @drama.olshop sama-sama menghadirkan unggahan yang menarik bagi warga net soal dunia ojekonlinedanonline shop.Mereka mendapat konten untuk akunnya dari para pengikut mereka sendiri seputar pengalamannya dalam ojek online dan online shop. Makanya, berseliweranscreen capturekeluhan atau cerita lucu para warganet.

Beberapa yang menarik seperti komentar para penjual dan pembeli dionline shop, deskripsi barang dalamonline shopyang menggelak tawa, pengalaman setelah menggunakan ojekonline,bertemu ojekonlinedengan atribut unik, dll.

Nggak cuma itu, akun Dramaojol.id bahkan sering memanfaatkan akunnya untuk hal di luar menghibur semata. Contohnya menggalang dana soal ojekonlineatau ojek biasa yang membutuhkan bantuan, kisah inspiratif dari para ojekonlinedan penumpang, dan lainnya. Nah, parafollowers-nya ini biasa kirim cerita lucunya dalam foto dengan DM langsung ke akun-akun tersebut. Kalau sekarang bahkan bisa ke Lineofficial-nya loh di @xedo0926t (dramaojol.id) dan @cva4201u (drama.olshop).

Rando

Laurentius Rando
Punya nama lengkap Laurentius Rando a.k.a. Gazelle Cross, kisah Rando menjadi viral di jagad media sosial. Bukan soal prestasinya dalambeatbox,tapi tentang dirinya yang disinyalir menjual barang-barang pemberian penggemarnya ataumail time.Tuduhan itu pun berusaha ditampik Rando dengan alasan salah beli.

Berawa dari situ, Rando mulai menjadi bulan-bulanan banyak YouTuber lain. Berbagai drama di 2017 yang membawa nama Rando sering banget muncul. Yap, Rando mendapat banyak spotlight dari sisi drama yang hampir mirip dengan kasus #salahbeli.

Paling rame ada kasus dengan AA Utap dan foto ceban. Ah, sudahlah, jangan banyak-banyak ngomongin ginian. Semoga di 2018 kita semua bisa lebih baik, pun termasuk Rando. Amin…..

Menteri Susi

MENTERI SUSI (TRIBUN BATAM - ARGIANTO DA NUGROHO)
Siapa yang nggak kenal menteri satu ini? Menteri Kelautan dan Perikanan ke-6 Indonesia ini mencuri perhatian masyarakat Indonesia dengan banyal hal. Sedari awal dilantik memang Menteri Susi Pudjiastuti sudah menjadi viral lantaran punya tato dan kebiasaannya merokok. Ketenaran beliau memang makin melejit pada 2017 ini.

Pada tahun ini, beragam foto yang menggambarkan kehidupan Menteri Susi menjadi viral. Contohnya sewaktu paddling di Teluk Sabang untuk melihat dari dekat kapal Silver Sea 2, saat melakukan wawancara melalui Skype tengah malam, bersantai sambil minum kopi di tengah laut, dan momen minum kopi dengan latar belakang kapal yang akan ditenggelamkan

Yup, kebijakan Menteri Susi untuk menenggelamkan kapal-kapal asing di perairan Indonesia memang menyita perhatian tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Kebijakannya ini dinilai banyak orang sebagai langkah tegas dan nyata untuk membangun Indonesia. Tak ayal, banyak orang termasuk anak muda yang mengaku jadi fans berat Menteri Susi.

Menteri sekaligus pemilik ASI Pudjiastuti dan SUsi Air ini juga terpilih menjadi salah satu dari 100 wanita inspiratif versi BBC dalam daftar "The BBC 100 Women". Ia mendapat penghargaan dalam kategori kepemimpinan karena keberaniannya memberantas penangkapan ikan ilegal di wilayah Indonesia. Nggak cuma itu, tapi juga mendapat pnegharagaan Peter Benchley Ocean Awards dan Seafood Champion Award.

So, Menteri Susi memang jadi figur yang selalu ramai dibicarakan orang pada tahun ini. Kebijakan dan kehidupannya selalu menyita perhatian tersendiri. Sikapnya di media sosial dan dalam menjalani tugasnya sebagai menteri solah menjadi gambaran seutuhnya pribadi tanpa ada pencitraan.

Nella Kharisma x Via Vallen

VIA VALLEN - NELLA KHARISMA
Menjelang akhir 2017, nama Nela Kharisma dan Via Vallen mewarnai media sosial, khususnya YouTube tanah air. Dua penyanyi danggut ini memang menyita perhatian sendiri lewat lagunya "Konco Mesra" dan "Sayang" khas musik dangdut koplo.

Mereka berdua seakan mengangkat dangdut koplo ke khalayak. Nggak heran banyak orang yang jadi penasaran. Bahkan Nella Kharisma menjadi selebriti dengan pencarian populer di Google dalam Google Year in Search 2017. Bukan cuma musik dan sosoknya saja yang menyita perhatian, para penggemar garis kerasnya pun terbilang ramai dibicarakan. Tercipta dua kubu antar dua penyanyi ini, tim Nella Kharisma dan tim Via Vallen.

Terlepas dari terpecahnya masyarakat ke dua kubu, baik Nella Kharisma maupun Via Vallen berhasil mengangkat pula daerah Jawa Timur. Lagu-lagunya ringan dengan lirik lugas sekaligusbeatdangdut yang mampu membuat orang bergoyang bikin mereka jadi primadona dangdut tanah air. Acap kali lagu populer dibuat versi dangdut koplo, sebut saja "Akad" dan "Despacito".

Video Nella Kharisma dalam lagunya "Konco Mesra" 56 jutaviewers.Kalau Via Vallen dalam lagu "Sayang" sudah meraih 109 jutaviewers.

Mobile Legends

Mobile Legends
Video game memang nggak pernah ada matinya, apalagi di kalangan anak-anak muda. Mulai dari Playstation, Xbox, PC dan masih banyak lagi. Namun, sebuah game yang ada di platform mobile atau smartphone, yang baru dirilis pada 2016 silam, Mobile Legends, sangat menjadi fenomenal di kalangan masyarakat Indonesia, terutama di tahun 2017, dimana pemainnya di Indonesia bisa mencapai puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu orang.

Nggak hanya karena permainannya yang seru, namun game ini bisa dimainkan secara real time bersama teman-teman kalian dan juga mengikutsertakan clan, yang membuat game ini makin seru.

Di tahun 2017 ini, banyak kompetisi-kompetisi Mobile Legends yang memunculkan nama-nama pemainnya yang menjadi terkenal, seperti Jess No Limit yang sekarang membela squad EVOS dan juga Lemon dari RRQ.

Pengabdi Setan

Pengabdi Setan
Masyarakat Indonesia seakan haus akan film horror Tanah Air yang “segar” dan juga “nggak gitu-gitu aja”. Maka dari itu, Joko Anwar akhirnya me-reboot film horror jadul bernama Pengabdi Setan. Hasilnya? Fenomenal.

Di minggu pertamanya saja, sejak dirilis pada 28 September 2017, Pengabdi Setan sudah ditonton berjuta-juta kali di bioskop oleh masyarakat Indonesia. Nggak hanya itu, meme-meme dari karakter di film horror ini bermunculan dan viral di tengah masyarakat Indonesia.

Film ini berhasil ditayangkan di Amerika Serikat karena antusiasme di Indonesia saja sudah sangat tinggi.

Demian Aditya

Demian Aditya
Salah satu ilusionis atau pesulap Indonesia yang juga terkenal di luar negeri, Demian Aditya, menjadi fenomenal nggak hanya di dalam negeri, namun juga dibahas oleh masyarakat dunia karena penampilannya di ajang pencarian bakat America’s Got Talent.

Setelah tampil di acara itu, Demian mendapatkan banyak pujian nggak hanya dari masyarakat Indonesia, namun juga dari masyarakat dunia. Penampilannya di ajang pencarian bakat itu mampu memukau juri-juri yang namanya sudah nggak asing di telinga dunia.

“Akad”

Payung Teduh
Akad adalah lagu yang dibuat oleh band yang lagi viral dan juga fenomenal saat ini, mereka adalah Payung Teduh.

Kenapa fenomenal? Kalian bisa bayangin, lagu Akad diputer dimana-mana; mall, restoran, kedai kopi, perkantoran, bahkan di tempat-tempat yang nggak terpikirkan sekalipun, di pasar misalnya.

Akad berhasil menyihir masyarakat Indonesia karena kesyahduan dan juga liriknya yang romantis itu.

Nggak sedikit YouTuber yang mulai menyanyikan ulang lagu ini, merekam ulang lagu ini dan akhirnya, sang frontman Payung Teduh, Is, mulai gerah dan mengatakan kalau pihaknya akan mengusut tuntas hal tersebut. Namun sayang, Is menyatakan undur diri dari Payung Teduh dan nggak akan menjadi personel dari band itu ketika tahun 2018 datang.

Najwa Shihab

Najwa Shihab
Najwa Shihab merupakan anak dari petinggi agama Quraish Shihab. Ia adalah jurnalis dari salah satu stasiun televisi lokal dan memiliki acaranya sendiri. Namun, pada tahun 2017, ia memutuskan untuk keluar dari stasiun tv tersebut dan membuka channel YouTube-nya sendiri.

Baru 3 hari membuka channel YouTube-nya, ia sudah mendapatkan 100 ribu pengikut. Ia dikenal sebagai jurnalis yang sering mewawancarai figur penting yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat Indonesia.

Nggak cuma itu, banyak dari tokoh-tokoh kontroversial yang ia wawancara dengan pertanyaan menohok dan juga berani. Maka dari itu, ia disebut sebagai salah satu orang yang paling fenomenal di tahun ini.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya