5 Hal Seru yang Ternyata Jadi Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Jumat, 22 Desember 2017 | 07:30
Alvin Bahar

Kesal saat main Mobile Legends

HAI-ONLINE.COM - Kehabisan kuota layanan internet bisa menakutkan bagi sebagian orang. Bahkan terkadang kita tak sadar apa penyebab kuota internet cepat habis. Kalau sudah habis, akhirnya kita tidak bisa mengirim pesan melalui WhatsApp, menelepon via Line, mengecektimelinemedia sosial kawan, atau lain sebagainya.

Beberapa penyedia layanan internet menyediakan paket dataunlimiteduntuk mengatasi masalah kuota ini, tetapi tentu saja memiliki keterbatasan. Setelah batas wajar pemakaian paketunlimitedtercapai, koneksi akan jadi sangat lambat.

Agar tidak terjebak masalah kuota internet, ada baiknya kita merencanakan pemakaian data padasmartphone. Misalnya dengan memperhatikan seperti apakah gaya pemakaian yang sangat berpengaruh pada besaran konsumsi data. Berikut ini lima hal yang bisa membuat kuota internet kita cepat habis, seperti dilansirCNET.

Cek deh: Tahun 2017 Ini Ternyata Banyak yang Ingin Jadi Selebgram dan YouTuber di Indonesia

1. Unggah video ke YouTube

YouTube
Mengunggah video ke YouTube bisa memakan banyak kuota internet. Namun, semua ini tergantung padasettingyang diterapkan pengguna dan berbagai faktor lain. Rekaman video beresolusihigh-definition(HD) bisa menghabiskan jatah internet hingga 200 MB per menit.

Bayangkan bila setiap bulan kita mengunggah lima video HD berdurasi 1 menit dan kuota internet hanya 1 GB per bulan. Karena itu, ada baiknya kita menggunakan koneksi WiFi saja saat ingin mengunggah video seperti ini.

2. Obrolan video

Ilustrasi
Melakukan obrolan video via Skype atau FaceTime tergolong sebagai aktivitas yang membutuhkan banyakbandwidth. Namun, besaran konsumsi tersebut berbeda-beda tergantung pada aplikasi serta resolusi video yang digunakan.

Obrolan melalui video, umumnya, mengonsumsibandwidth3 MB per menit. Jika kita berniat menghemat konsumsi data, sebaiknya kurangi sesi obrolan menggunakan video.

3.Online game

Gamepad untuk Mobile Legends
Game,sepertiTwo DotsatauWords With Friend, tidak memakan banyak kuota internet. Keduagameini hanya menghabiskan beberapa KB saja per menit sehingga tidak boros.

Namun,gamejenisreal-time action,sepertiAsphalt 8atauModern Combat 5: Blackoutberbeda. Duagameyang disebut belakangan diperkirakan membutuhkan 1 MB data per menit. Permainan dalam durasi yang panjang akan semakin meningkatkan konsumsi data yang menjadi penyebab kuota internet cepat habis.

4.Streamingmusik

Spotify
Layananstreamingmusik, seperti Guvera atau Rdio, memang sangat praktis. Kita bisa mendengarkan musik di mana pun asalkan ada koneksi internet. Kita juga tidak perlu menyediakan ruang untuk menyimpanfilemusik tersebut dalam kartu memori. Namun, sisi lainnya, konsumsi data membengkak. Bila kita memutar musik dengan resolusi 320 Kbps, total kuota internet yang dihabiskan adalah 2,4 MB per menit. Dalam durasi satu jam, kita sudah menghabiskan 115 MB.

5.Streamingvideo

Netflix
Saat ini, ada berbagai layananstreamingvideo yang memudahkan orang menemukantrailerfilm terbaru, film utuh, atau sekadar video klip penyanyi favorit. Sebut saja YouTube, iTunes, Vimeo, dan Hulu. Hanya satu hal yang tidak boleh kita lupa:streamingvideo merupakan penyerap paling "kejam" kuota internet. Masalahnya, konsumsi datastreamingvideo bisa mencapai 50 MB per menit. Bila kuota internet yang kita pilih terbatas, dan kita terbiasa menonton video-video tertentu secara berulang-ulang, lebih baik simpanfilevideo secaraoffline. Itulah 5 penyebab kuota internet cepat habis.

Artikel ini pertama kali tayang di Intisari dengan judul "Walau Menyenangkan, 5 Kebiasaan Jadi Penyebab Kuota Internet Cepat Habis"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya