Mengenal Loapi, Virus Berkedok Iklan Yang Bisa Bikin Ponsel Android Lumpuh. Hati-hati!

Jumat, 22 Desember 2017 | 03:30
Rizki Ramadan

Malware

HAI-online.com -Setelahmalwarepenambang uang digital Bitcoin sudah lama menghantui para penggunagadgetlaptop maupun ponsel. Sekarang, tiba lagi sebuahmalwarebernama Loapi yang mengincar perankat Android. Bedasarkan informasi yang beredar di internet, virus ini berpotensi bisa merusak Android yang terinfeksi.

Loapi pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan internet Kaspersky. Menurut Kaspersky, Loapi menyusup ke perangkat Android melalui iklan dengan kedok aplikasiantivirus,SMS Spam dan konten dewasa.

(BACA:Nggak Nyangka, 4 Kebiasaan Penggunaan Smartphone Ini Ternyata Membahayakan)

Dilansir dari Trustedreview, perangkat yag sudah terinfeksi oleh Loapi akan terus dipaksa untuk bekerja. Pada akhirnya, baterai akan panas dan merusak kinerjasmartphone.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh para peneliti dari Kaspersky Lab, bateraismartphoneyang terinfeksi Loapi umurnya nggak akan sampai dua hari. Karena, baterai akan membengkak sampai membuatcasingponsel terbuka. Yang artinya ponsel sudah nggak bisa digunakan lagi karena baterainya rusak.

Yang lebih seremnya lagi nih, guys. Loapi memiliki pertahanan yang nggak sembarangan. Jadi, saat pengguna berusaha untuk menghapus izin dari aplikasi yang terinfeksi, tiba-tiba akan munculpop-upyang menghalangi layar.

Meskipunmalwareyang satu ini nggak mencuri data ataupun identitas. Namun, tetap saja perlu diwasapadai karena bisa merusak ponsel segitu parahnya. Jadi initnya, saatbrowsingharus lebih hati-hati lagi ya, guys

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya