Ini Dia Alasan Kenapa Kursi Harus Tegak Saat Pesawat Lepas Landas

Senin, 04 Desember 2017 | 04:15
Fadli Adzani

Pesawat Airbus A320

Ketika kamu naik pesawat dan ingin lepas landas, pasti selalu mendapatkan perintah untuk menegakkan sandaran kursi dari awak kabin kan? Selain itu, kamu juga diminta untuk membuka penutup jendela. Penasaran nggak sih dengan alasannya? Nah, kali ini HAI akan membahas dua hal itu guys!

Penjelasan mengenai kursi yang harus ditegakkan adalah jika terjadi keadaan darurat, kursi yang tidak tegak bisa memperlambat evakuasi karena membuat orang sulit bergerak. Hal ini juga menjadi alasan mengapa penumpang harus mengembalikan meja makan di depan ke tempat semula. Hal ini guna menyiapkan ruang yang lebih luas ketika proses evakuasi diperlukan di dalam pesawat.

Awak kabin memberikan perintah tersebut karena kecelakaan fatal sering terjadi ketika lepas landas atau mendarat. Sehingga pada saat-saat krusial inilah para awak kabin memberikan perintah tersebut.

Untuk soal membuka penutup jendela, seperti yang kita ketahui ketika pesawat lepas landas atau mendarat pasti lampu akan mulai diredupkan. Saat penutup jendela terbuka maka memungkinkan cahaya alami masuk kabin. Nah, penerangan alami inilah yang akan memudahkan penumpang dalam proses evakuasi.

Meskipun beberapa prosedur standar operasi dalam pesawat mungkin terasa ribet, tapi percaya deh bahwa semuanya pasti memiliki alasan yang baik bagi para penumpangnya!

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Artikel ini pernah tayang di kompas.com dengan judul "Kenapa Sandaran Kursi Harus Tegak Saat Pesawat Lepas Landas?"

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya