Cuma Mahasiswa Yang Menolak Gabut Dengan Berorganisasi Yang Merasakan 5 Manfaat Ini

Kamis, 19 April 2018 | 09:45
Rizki Ramadan

Suasana diskusi tentang kegiatan mahasiswa di PPM Manajemen Jakarta

HAI-online.com - Menjadi seorang mahasiswa tentu bukanlah perkara yang mudah. Berbagai kesibukan pun tak luput untuk dihindari, seperti tugas-tugas kuliah yang seringkali berhadapan dengan deadline hingga menemukan mata kuliah yang dianggap cukup sulit. Hal tersebut sebenarnya dapat dibuat menjadi mudah lho guys, jika kita menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa dengan semestinya.
Kalau ngomongin organisasi di kampus, pasti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) adalah salah satu organisasi yang paling hits di dunia kampus. Hits gimana tuh maksudnya? Bagi para mahasiswa yang ingin merasakan aktifnya organisasi di kampus, pasti salah satunya mereka pilih untuk masuk BEM. Tapi sebenarnya, masih banyak kok organasisasi lainnya yang bisa kamu coba di kampus. Seperti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang beraneka ragam. Pada dasarnya, organisasi mahasiswa adalah sebuah wadah untuk berkumpulnya mahasiswa dalam mengasah kemampuan kepemimpinan dan kreativitas lainnya.
Kalau kamu ikut organisasi di kampus, banyak banget nih hal-hal positif yang kamu dapatkan, yaitu:
(BACA JUGA:Presidium Itu Apa Sih dan Apa Yang Membedakannya Dengan OSIS? )
1. Melatih Kepemimpinan dan Kerjasama Tim
Sudah pasti dong, namanya organisasi pasti akan sering kerja bareng dalam sebuah tim. Nah, disini kamu bakal dilatih bagaimana caranya menyatukan ide dari beberapa orang untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama. Teamwork is the important thing!
2. Memperluas Jaringan
Dalam satu organisasi, tentu teman-teman kita berasal dari berbagai fakultas. Dijamin, kalau kamu ikut organisasi maka relasi pertemananmu pun akan semakin luas. Kamu juga bisa saling bertukar cerita tentang perkuliahan satu sama lain untuk menambah pengetahuan baru.
3. Belajar Mengatur Waktu
Ketika kamu menjadi mahasiswa yang aktif berorganisasi, tentu harus bisa mengatur waktu untuk kuliah dan organisasi. Meskipun kuliah dan organisasi sama-sama memiliki tugas yang bikin kepalamu mau pecah, kamu pasti akan mengerjakannya berdasarkan prioritas yang menurut kamu paling penting. Nah, tanpa kamu sadari ternyata kamu sudah bisa mengatur waktu, lho.
4. Dapat Menambah Nilai pada CV
Dengan adanya pengalaman dalam berorganisasi maka perusahaan yang nantinya akan kamu tuju untuk melamar kerja akan mempertimbangkan diri kamu dengan baik karena kamu dianggap sudah memiliki pengalaman dalam bekerja dalam tim atau memiliki Soft Skill.
5. Menemukan Jodoh
Seringnya bertemu satu sama lain dan kerja bareng tim, bisa jadi teman organisasi kamu juga menjadi pasangan hidup kamu karena merasa memiliki visi dan misi hidup yang sama dengan kamu. Eitsss, tapi tetep dong ya tujuan awal masuk organisasi jangan hanya untuk menemukan jodoh!
Penulis : Kalika Diah P.M

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya