5 Film Tentang Kisah Hidup Seorang Penulis Ini Menarik Buat Kamu Simak

Minggu, 26 November 2017 | 11:30
Alvin Bahar

Salah satu adegan dalam film Ruby Sparks

HAI-ONLINE.COM - Buat kamu yang hobi baca buku, saat nemu satu buku yang bagus, pasti sering ngerasa penasaran tentang bagaimana sebenernya sosok penulisnya. Hal yang wajar sih, sama halnya dengan ketika nonton sebuah film bagus yang pasti sering bikin kamu penasaran siapa sutradara di belakangnya. Selain pengen tahu bagaimana sosok asli penulisnya, hal yang kemudian sering bikin penasaran adalah gimana sebenernya proses kreatif ketika sedang mengerjakan karyanya.

Karena itu tercatat banyak film lokal maupun Hollywood yang mengangkat kehidupan para penulis ketika sedang memulai proses kreatifnya. Tahun lalu, ada film Genius yang menceritakan tentang kehidupan penulis Thomas Wolfe yang diperankan oleh Jude Law dan sang editor Maxwell Perkins (Collin Firth). Kisah tentang hubungan keduanya sebagai penulis dan editor sangat menarik untuk disimak.

Nggak cuma film yang diangkat dari kisah nyata aja, ternyata ada juga beberapa film fiksi Hollywood yang mengambil setting cerita seorang penulis. Ini ngebuktiin kalo kehidupan seorang penulis emang cukup menarik buat dituangkan dalam medium sebuah film, ini dia 5 di antaranya:

Capote – 2005

Dirilis pada tahun 2005 yang lalu, film yang disutradarai oleh Bennet Miller ini, langsung menempatkan sang pemeran utama Philip Seymour Hoffman sebagai penerima Piala Oscar dalam kategori Best Actor. Sesuai dengan judulnya, film ini diangkat dari kisah nyata Truman Capote penulis terkenal asal Amerika Serikat.

Dalam film ini diceritakan bagaimana Truman Capote melakukan penyelidikan untuk menulis novel terkenalnya In Cold Blood. Novelnya sendiri bercerita tentang sebuah pembunuhan yang menimpa satu keluarga di Kota Kansas. In Cold Bold sendiri akhirnya menjadi salah satu buku yang melambungkan Truman Capote. Bukunya sendiri kemudian diangkat menjadi film dengan judul yang sama pada tahun 1967.

The Hours – 2002

Film yang dibintangi oleh Nicole Kidman, Julianne Moore, dan peraih langganan Piala Oscar Meryl Streep ini mengisahkan tentang kehidupan Virginia Woolf, seorang penulis ternama asal Inggris. Dalam film ini ditampilkan tiga wanita dari generasi berbeda yang terhubung melalui novel Mrs. Dalloway karya Virginia Woolf.

Ketiganya ialah Clarissa Vaughn (Merryl Streep) yang sedang menyiapkan pesta untuk seorang penderita AIDS, Laura Brown (Juliane Moore) seorang wanita hamil yang tidak bahagia dengan pernikahannya, dan Virginia Woolf (Nicole Kidman) sendiri yang harus berhadapan dengan penyakit mental dan depresi ketika menulis novelnya.

Ruby Sparks – 2012

Film yang rilis pada tahun 2012 lalu ini menceritakan tentang seorang novelis muda bernama Calvin Weir-Fields. Calvin yang sukses dengan karya perdananya, sedang berjuang melawan writers block, atau kebuntuan ide yang biasanya menimpa seorang penulis. Di sela waktunya, Calvin iseng menuliskan dengan mesin ketik manualnya tentang sosok Ruby, cewek yang pernah ia temui di mimpinya.

Semuanya berubah saat keesokan harinya, karakter cewek fiktif yang ia ciptakan tersebut berubah jadi sosok yang nyata. Dari situlah narasi film ini berjalan dengan menarik dan unik. Film ini dibintangi oleh sederet aktor berbakat Hollywood. Seperti Paul Dano, Zoe Kazan, Chris Messina, hingga Antonio Banderas.

The Help – 2011

Disutradarai oleh Tate Taylor, film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Kathryn Stockett ini berlatar pada awal tahun 1960-an di Amerika Serikat yang masih kental dengan isu rasisme. Film ini dibintangi oleh Emma Stone yang berperan sebagai Eugenia Phelan, sang tokoh utama. Dalam film ini diceritakan bagaimana sang tokoh utama yang berprofesi sebagai penulis kolom majalah, memutuskan untuk menulis sebuah buku yang pada kala itu dianggap kontroversial.

Ia menulis buku yang mengambil sudut pandang para asisten rumah tangga berkulit hitam di masa itu dengan tujuan untuk mengungkap adanya rasisme yang harus mereka hadapi ketika bekerja untuk keluarga kulit putih.

Midnight in Paris – 2011

Film komedi romantis yang disutradarai oleh Woody Allen ini punya narasi dan jalan cerita yang cukup unik dan menarik. Midnight In Paris bercerita tentang seorang penulis naskah Hollywood bernama Gil yang sedang berlibur di Paris bersama tunangannya, Inez. Di Kota inilah, Gil berharap bisa menyelesaikan novel pertamanya, meskipun Inez dan orangtuanya kurang mendukung keinginannya buat jadi seorang penulis novel.

Cerita berkembang jadi sangat menarik ketika di tengah malam Gil tiba-tiba berjalan di sebuah tempat yang diyakininya berada di tahun 1920-an. Masa-masa di mana banyak penulis hebat dunia yang dikaguminya hidup. Ketika itulah Gil bertemu dengan banyak penulis favoritnya. Seperti Cole Porter, Josephine Baker, Zelda, F. Scot Fitzgerald, hingga Ernest Hemingway. Karena disutradai oleh sutradar kenamaan, Woody Allen, banyak aktor dan aktris papan atas yang bermain di film ini. Seperti Owen Wilson, Rachel McAdams, Marion Cotillard, Micahel Sheen, hingga Kathy Bates. (Dimas)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya