Baju Baru Jangan Langsung Dipakai, Bro, Kalau Nggak Mau Kena Bahaya Ini

Selasa, 21 November 2017 | 06:00
Rizki Ramadan

Di sekolah berhemat, di luar sekolah baru deh jajan-jajan. Dan yang paling banyak dibeli para remaja SMA adalah outfit, bro.

Buat lo yang sehabis beli baju baru langsung dipakai tanpa dicuci perlu waspada nih. Pasalnya baju baru punya banyak beragam potensi masalah kesehatan yang nggak kita sadari loh.
Dilansir dariKompas.com,semua baju baru harus dicuci dulu sebelum dipakai dan menempel langsung pada kulit. Baju baru punya kemungkinan sudah terkontaminasi bakteri, jamur, kutu, atau bahan kimia loh. Hal itu tergantung cara pembuatan, penyimpanan, dan pengangkutannya.
(BACA:Ini yang Sepatutnya Kamu Lakukan Jika Bertengkar dengan Orang Tua)
Masalah yang dapat terjadi menurut peneliti, seperti flu, infeksi jamur, sampai ruam kulit. Kuman dan bakteri itu bisa masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit. Selain itu, apabila kita berkeringat pori-pori akan terbuka dan buat patogen penyenan penyakit bisa masuk lebih mudah.
Bisa juga nih,guysbaju baru itu memang sebelumnya sudah dicoba di toko oleh orang lain. Dari hal ini bisa tertular infeksi kulit loh. Serat kain juga merupakan lingkungan yang disuka kutu, bakteri, dan virus untuk berkembang biak.
Pewarna dalam pakaian pun bisa bikin dermatitis kontak, yakni peradangan kulit akibat kontak dengan suatu zat alergen tertentu.
Bermagai masalah itu bisa lo hindari dengan terlebih dahulu mencuci baju nih. Jangan asal juga ya mencuci bajunya, harus sesuai dengan petunjuk agar baju nggak cepat rusak.
Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul Ini Bahayanya Kalau Baju Baru Langsung dipakai Tanpa Dicuci

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya