Ini yang Sepatutnya Kamu Lakukan Jika Bertengkar dengan Orang Tua

Selasa, 21 November 2017 | 05:30
Rizki Ramadan

(ilustrasi) Bertengkar dengan orangtua

Hai-online.com - Kadang kala dalam hubungan kamu dengan orang tua terjadi salah paham atau konflik. Nggak jarang juga jadi merembet ke mana-mana yang malah berimbas ke hal lain. Mulai dari hal sepele sampai hal besar.

Apabila kamu mengalami pertengkaran dengan orang tua dilansir dariTeen Vogue,ini hal-hal yang sepatutnya kamu lakukan kalau itu terjadi
(BACA:Keren, Di Sekolah Ini ada ekskulnya Kelompok Penerbang Roket. )
1. Refleksi diri
Sebelum mempermasalahkan suatu hal dengan orang tua, coba pikir baik-baik lagi dan refleksi diri. Apakah kamu merasa kesal dan menjadi konflik memang karena hal itu atau masalah lain yang nggak ada hubungannya dengan orang tua? Kita cenderung frustasi dan melampiaskan masalah ke orang terdekat kita loh, ketimbang inti masalah itu sendiri.
2. Kalau menjadi orang tua
Coba bayangkan kalau kamu jadi orang tua menyikapi masalah itu. Bagaimana kamu memperlakukan anakmu apakah sama? Bicara deh sama orang tua dengan baik-baik seperti yang memang kamu inginkan.Orang tua pun mungkin sama seperti kamu yang punya masalah di kantornya. Makanya, kamu juga harus melihat hal itu dan memposisikan diri juga sebagai orang tua dalam melihat suatu permasalahan.
3. Kadang, orang tua tahu yang terbaik
Memang sulit sih mengakui kalau apa yang dikatakan orang tua memang benar dan terbaik. Coba untuk lebih bijaksana dalam menyikapi perkataan dan sikap orang tua kepada kita. Orang tua itu peduli dengan apa yang kamu lakukan.
Jangan sampai kita sadar hal yang terbaik itu setelah bertengkar hebat dengan orang tua. Apalagi memang karena kita yang ogah mendengarkan nasihat mereka.
4. Tenang
Setelah ada konflik, sepatutnya kamu dan orang tua untuk menenangkan diri masing-masing terlebih dahulu. Hal ini untuk membuat keadaan lebih baik dan memberi kesempatan berkumpul kembali dalam waktu yang tepat.
Jangan terus emosi dan memendam perasaan nggak enak ke orang tua. Seharusnya kalau kamu sudah tenang, suasana akan berangsur-angsur menjadi normal kembali. Permasalahan pun akan dapat dihadapi lebih dengan kepala dingin.
5. Perspektif lain
Kita sering bertengkar dengan orang tua karena merekalah yang akan menyayangi kita sesering apapun kita konflik dengan mereka. Coba cari perspektif lain dalam sebuah permasalahan dan lihat dari banyak sisi.
Sudah sepatutnya dalam menghadapi pertengkaran kita menjadi lebih dewasa. Jangan terlalu egois dan selalu ingin menang. Kadang, banyak hal yang kita nggak tahu loh ketimbang orang tua. Jadi, jaga terus hubungan dengan orang tua ya!
(Penulis: Dewi Rachmanita)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya