Ini 4 Fakta Dibalik Kekalahan Telak Timnas U-19 Indonesia dari Korea Selatan

Sabtu, 04 November 2017 | 08:30
Hai Online

Mantap Djiwa!

Timnas U-19 Indonesia kalah dengan skor 0-4 dari Korea Selatan pada laga ketiga Grup F kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Egy cs. melawan sang tuan rumah, di Stadion Paju, Korsel, Sabtu (4/11).

HAI telah merangkum beberapa fakta dari pertandingan ini yang dikutip dari BolaSport.com. Langsung cek aja, nih!

1.Egy Main dari Awal

Indra Sjafri kembali menurunkan Egy Maulana Vikri sebagai starter. Sebelumnya, sang pemain baru diturunkan pada awal babak kedua. Di sisi sayap, Saddil Ramdani diturunkan sejak awal menggantikan tempat Witan Sulaeman.

Gelandang Syahrian Abimanyu dipercaya menggantikan Asnawi Mangkualam Bahar dan full-back kiri yang biasa merupakan pos Firza Andika kini didelegasikan kepada Samuel Christianson.

UDAH TAU BELUM? Terkuak! Ini Penyebab Timnas Indonesia Kalah Lagi dari Timnas Suriah U-23

2. Korsel Lakukan Rotasi Pemain

Sementara itu, Pelatih Korsel Chung Jung-yong melakukan banyak rotasi pada laga ini, termasuk pada sektor penjaga gawang. Meskipun melakukan banyak rotasi, Korsel memiliki kualitas di atas Indonesia. Buktinya, mereka mampu unggul terlebih dulu berkat gol Um Won-sang pada menit kesembilan.

3. Mampu Menahan Korsel 1 Gol di Babak Pertama

Jadi, gol pertama ini terjadi akibat miskomunikasi antara kiper Aqil Savik dan Rachmat Irianto saat berusaha mengantisipasi umpan silang pemain Korsel dari sisi kanan pertahanan timnas U-19.

Bola liar mampu dikonversi Won-sang menjadi gol. Tiga menit kemudian, timnas U-19 berpeluang menyamakan kedudukan lewat aksi individu Hanis Saghara. Sayang usaha Hanis belum membuahkan hasil karena bola tendangannya melebar.

Setelah itu, pertahanan Indonesia terus digempur tim tuan rumah. Beruntung, Rian, Nurhidayat, dan Savik mampu menggagalkan peluang Korsel. Di balik tekanan dari Korsel, Egy Maulana dan kawan-kawan melepaskan ancaman pada menit ke-33. Hanis memberikan umpan manis kepada Rifad Marasabessy.

Baca Juga: Wah, 2 Pemain Keturunan Indonesia Ini Berpotensi Tampil di Piala Dunia 2018

Namun, Rifad masih gagal setelah bola dapat dibuang pemain lawan. Setelah itu, Indonesia kesulitan mengembangkan permainan. Alhasil, timnas U-19 tertinggal pada babak pertama.

4. Lemah di Babak Kedua

Selepas jeda, timnas U-19 kedodoran. Pasukan Indra Sjafri harus kebobolan untuk kali kedua lewat tandukan Oh She-Hun pada menit ke-58.

Awalnya, Lee Kyuh-yuk mengirimkan umpan silang yang berhasil disambut dengan tandukan keras oleh Oh Se-hun dan menjadi gol. Tiga menit berselang, Savik kembali melakukan blunder. Pemain Persib Bandung memberikan bola pendek kepada Samuel.

Namun, bola berhasil dicuri Won-sang. Pemain bernomor punggung 11 tersebut tidak kesulitan menyarangkan bola. Penderitaan timnas belum berakhir. Pada menit ke-78, Savik untuk kali keempat memungut bola di gawangnya sendiri setelah gagal membendung tandukan Lee Jaeik.

Baca Juga: Keren! Ada Teknologi Canggih di Jersey Baru Timnas Indonesia

Dari waktu yang tersisa, Indonesia tak mampu menciptakan gol. Alhasi, timnas U-19 harus takluk dengan skor 0-4.Selanjutnya, Indonesia akan melawan Malaysia pada 6 November 2017.

SUSUNAN STARTER

Timnas U-19 (4-1-3-1-1): 23-Aqil Savik; 12-Rifad Marasabessy, 13-Rachmat Irianto, 5-Nurhidayat, 4-Samuel Christianson; 7-M Luthfi Baharsyah; 17-Syahrian Abimanyu, 6-M Iqbal, 15-Saddil Ramdani; 10-Egy Maulana Vikri; 19-Hanis Saghara

Artikel ini pertama kali ditayangkan di BolaSport, dengan judul artikel Timnas U-19 Vs Korsel - Kalah Kelas, Garuda Nusantara Kalah dengan Skor 0-4

Editor : Hai Online

Sumber : BolaSport.com

Baca Lainnya